08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Bagian Human Resource Department (HRD) atau departemen sumber daya manusia tentu perlu merencanakan program peningkatan kualitas diri atau pengembangan diri. Dalam menyusun program tersebut, Anda perlu mencermati apa masalah yang ada dan apa yang diperlukan. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah mendengarkan keluhan karyawan.

Seorang HRD memiliki kemampuan membaca kondisi dan suasana lingkungan kerja. Karena ketika interaksi antar karyawan diamati, maka akan memberikan banyak informasi. Maka informasi-informasi tersebut dapat dipertimbangkan untuk membuat program pengembangan diri yang tepat sasaran.

Informasi berdasarkan keluhan karyawan tentu beragam isinya. Mulai dari masalah pribadi, pertentangan atau konflik karyawan, lingkungan kerja yang tidak nyaman, hingga administrasi yang membingungkan. Jika informasi tersebut tidak disikapi dengan baik, maka akan menurunkan kenyamanan kerja dan performa karyawan. Dan akhirnya perusahaanlah yang rugi akan hal tersebut.

Sehingga penting bagi perusahaan untuk memahami apa keluhan-keluhan yang disampaikan oleh karyawan. Keluhan tersebut perlu disikapi dengan bijak dan tepat. Keluhan yang biasanya disampaikan oleh karyawan adalah sebagai berikut:

 

#1. Konflik Karyawan

Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan bahasa, agama, ras dan suku. Maka potensi perbedaan dan selisih faham selalu ada. Jika Anda mendengarkan ada keluhan terkait konflik antar karyawan, segera ditelusuri penyebabnya dan selesaikan masalahnya. Ajak karyawan untuk bersikap profesional dengan memilah mana urusan pribadi dan mana urusan perusahaan.

Atau ketika Anda mendapat informasi jika terdapat diskriminasi, Anda perlu mengambil tindakan tegas. Ada dua hal yang tidak dapat ditoleransi, yaitu diskriminasi dan pelecehan. Dua hal tersebut dapat diangkat ke jalur hukum, karena bukan masalah yang ringan.

 

#2. Beban Target Kerja dan Micromanagement

Demi memastikan target perusahaan tercapai, micromanagement dipilih karena merasa bahwa hal tersebut lebih efisien. Tetapi micromanagement malah menimbulkan tekanan pada karyawan dan menambah beban kerja mereka. Sehingga karyawan cenderung tidak dapat bekerja dengan fokus dan optimal. Jadi lakukanlah evaluasi program micromanagement yang digunakan, agar ada solusi dan metode yang efektif.

 

#3. Menempatkan Karyawan Sesuai Keahlian

Ketika karyawan yang memiliki keahlian tertentu ditempatkan pada jabatan yang tepat, maka performanya juga akan sangat memuaskan. Namun sebaliknya, jika tidak cocok antara jabatan dan keahlian, karyawan akan merasa terkekang dan bekerjanya kurang optimal. Saat ada yang mengeluh tentang ketidaksesuaian ini, maka ambil langkah untuk mengevaluasinya. Jika terlambat melakukan analisa, bisa jadi karyawan tersebut akan keluar dari perusahaan Anda.

 

#4. Jam Kerja Perusahaan

Semua orang ingin memiliki waktu yang seimbang, baik untuk pekerjaan maupun kehidupan pribadi. Keseimbangan itu akan membuat karyawan mampu menyelaraskan urusan pribadinya dengan pekerjaan. Anda wajib mengelola shift kerja dengan tepat. Hal ini merupakan salah satu usaha perusahaan dalam melakukan maintenance pada sumber daya manusia yang dimiliki.

 

#5. Administrasi yang Rumit

Terkait administrasi yang rumit juga menjadi salah satu hal yang menurunkan performa karyawan Anda. Jika sudah berurusan dengan gaji, tunjangan, presensi, cuti, dan semua terkait administrasi, pasti ada hal yang dikeluhkan oleh karyawan. Anda perlu kejelasan dalam mengelola administrasi agar tidak menimbulkan masalah. Apabila saat ini perusahaan Anda masih menggunakan cara konvensional yang belum memanfaatkan teknologi, tidak ada salahnya Anda mulai membeli aplikasi administrasi. Karena saat ini terkait administrasi dan pengelolaan karyawan sudah ada aplikasi yang mempermudah penghitungan gaji, pengaturan jadwal shift, dll.

Itulah lima hal yang dapat menurunkan performa bisnis Anda. Jika di perusahaan Anda ada salah satu dari kelima masalah tersebut, maka segeralah cari solusinya. Evaluasi setiap langkah yang Anda kerjakan. Jangan sampai kebijakan yang Anda buat justru menjadi boomerang bagi Anda sendiri dan menjatuhkan bisnis yang Anda bangun.

 

Program Akeyodia

Hubungi kami ke nomor 08112652244 / 08112652210, untuk meminta penawaran terkait training karyawan, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, dan konsultasi pribadi.

Simak video : MUDA BAHAGIA, TUA HARUS APA? – VLOG 36




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis