08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Ada banyak metode perencanaan bisnis yang berbeda-beda, dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri dalam situasi yang berbeda. Tidak ada satu teknik yang akan cocok untuk setiap situasi. Metode yang berbeda digunakan untuk mencakup kerangka waktu yang berbeda, bidang bisnis dan memanfaatkan keahlian yang berbeda.

 

Tentang Rencana Operasional Bisnis

Saat membuat rencana bisnis, ada bagian rencana terkait operasional yang menjelaskan kebutuhan fisik bisnis Anda, seperti; lokasi, bangunan, fasilitas, inventaris, supplier, dan segala peralatan untuk bisnis Anda. Tentu ini bergantung pada jenis bisnis apa yang akan Anda jalankan. Untuk membantu Anda mengatur rencana bisnis ini, pikirkan hal-hal yang perlu dilakukan dari hari ke hari, termasuk modal dan pengeluaran.

Rencana operasional menjawab setidaknya 4 pertanyaan: Mengapa punya rencana operasional? Di mana kita sekarang dan ke mana kita ingin menuju? Bagaimana kita bisa sampai di sana? Siapa saja yang terlibat?

 

Mengapa Punya Rencana Operasional?

Ini tentang alasan dan tujuan. Rencana operasional penting karena membantu tim Anda untuk: memperjelas tentang di mana Anda akan mendapatkan sumber daya yang diperlukan, bagaimana mengunakan sumber daya itu secara efisien, memikirkan tentang masa depan jangka panjang, dan jika perlu menyiapkan rencana darurat.

 

Di Mana Kita Sekarang dan ke Mana Kita Ingin Menuju?

Setidaknya, ada 2 hal yang perlu Anda lakukan: tunjukkan apa yang telah Anda lakukan sejauh ini untuk menjalankan bisnis, diikuti dengan penjelasan tentang apa yang masih perlu dilakukan. Pastikan bahwa Anda mengerti proses perencanaan secara detil.

Bagian terbaiknya adalah setelah Anda mengerjakan bagian rencana bisnis ini, Anda tidak hanya akan memiliki rencana operasional terperinci, tetapi juga memiliki daftar yang mudah digunakan tentang apa yang perlu dilakukan selanjutnya untuk membuat tujuan bisnis Anda sebuah kenyataan.

 

Bagaimana Cara untuk Sampai di Sana?

Deskripsi langkah-demi-langkah tentang bagaimana produk atau layanan Anda akan dibuat, mengidentifikasi masalah yang mungkin terjadi dalam proses produksi. Catatlah hal-hal yang mungkin mengganggu proses produksi dan apa yang akan Anda lakukan untuk mengurangi risiko ini.

Jika ada bagian dari proses produksi yang dapat membuat karyawan terpapar bahaya, jelaskan bagaimana cara melatih mereka dengan benar dalam menangani masalah keselamatan. Jika itu terkait bahan berbahaya, jelaskan bagaimana cara menyimpan, menanganin atau membuang bahan ini dengan aman.

 

Siapa yang perlu terlibat?

Siapa saja yang perlu terlibat dalam menyusun rencana operasional perusahaan? Libatkan manajer keuangan, human resource, bahkan bagian IT untuk diskusi tentang proses, prosedur, dan sistem. Yang pasti, Anda membutuhkan komunikasi terbuka yang berkelanjutan antara tim proyek dan staf lainnya untuk perencanaan dan implementasi operasional yang efisien.

 



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp