08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Apa rahasia orang-orang yang panjang umur? Bukan hanya menjadi nyanyian di ulang tahun anak-anak, ternyata urusan panjang umur juga pernah menjadi objek penelitian. Terlepas dari takdir dari Sang Pencipta, rahasia orang yang panjang umur bisa dipengaruhi oleh variasi genetik dan pilihan gaya hidup.

Tidak hanya itu, semangat belajar juga disebut-sebut memiliki pengaruh dan menjadi salah satu faktor panjang umur. Apakah itu artinya orang tua yang masih suka membaca bisa memiliki harapan hidup lebih lama?

 

Penelitian tentang umur panjang dan gaya hidup

Karena keingintahuan untuk menemukan sifat dasar genetik yang berpengaruh pada umur panjang dan harapan hidup, peneliti dari University of Edinburgh Skotlandia menganalisis perbedaan kode genetik manusia. Para peneliti mengambil data kode genetik dari 606.059 orang yang bersumber dari 25 studi di tiga benua, yaitu Eropa, Australia, dan Amerika Utara.

Mereka juga mengidentifikasi dampak perilaku, terutama yang terkaitan dengan kesehatan dan penyakit selama penuaan. Tenyata perilaku tak sehat seperti merokok, minum minuman beralkohol, kelebihan berat badan, dan putus sekolah berpengaruh terhadap kecenderungan untuk memperpendek umur.

Peneliti bekerja menganalisis susunan kode genetik orang-orang yang menjadi partisipan, kemudian menghubungkan dengan rentang usia orang tua mereka. Tidak hanya itu, peneliti juga memperhatikan gaya hidup yang dijalani partisipan. Tujuannya adalah untuk melihat apakah perilaku yang berbeda bisa mengubah peluang hidup seseorang. Salah satu hasil dari penelitian itu adalah bahwa setiap tahun yang dihabiskan para peserta untuk pendidikan bisa menambah rata-rata 11 bulan untuk umur manusia.

 

Tidak ada kata terlambat untuk belajar

Tidak sedikit orang dewasa yang enggan mempelajari keterampilan baru karena ragu dan bertanya-tanya: “Apakah saya masih bisa?” Kurangnya kepercayaan diri ini dapat menjadi penghalang terbesar, terutama bagi orang yang lebih tua, pensiun, dan mungkin sudah mulai takut akan penurunan kognitif yang lebih umum.

Lalu pernahkah Anda mendengar orang yang berkata begini: “Kebanyakan berpikir bisa bikin cepat tua.” atau “Belajar terus bisa menghabiskan umur,” Padahal kenyataannya justru sebaliknya. Dengan mempelajari hal baru yang belum pernah diketahui atau belum perna coba sebelumnya, bukankah itu pengalaman yang positif? Semakin lama berpikir pun akan membuat Anda lebih mengingat prosesnya dan bisa meningkatkan keberanian Anda dalam menghadapi tantangan baru.

Semua orang pasti akan semakin tua dan berumur, tapi itu semua tergantung dari perspektif. Semakin banyak menggunakan otak untuk belajar, maka neuron dan jalur saraf akan lebih aktif. Itu akan membuat mereka berfungsi dengan kapasitas penuh.

Jadi apakah Anda masih bersemangat untuk belajar hal baru walau sudah tidak lagi muda?

 

Kami siap menjadi partner Anda yang masih memiliki minat untuk menambah skill baru dalam hidup Anda. Hubungi kami di no 08112652244.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp