08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Hanya ada dua pilihan saat awal buka usaha: sukses atau gagal. Tanpa perlu ditanya pun pasti kita sama-sama tahu mana yang jadi pilihan. Setiap orang yang punya mental bisnis yang tangguh tentunya sudah siap akan kondisi itu. Bagaimana rahasia di balik sebagian kecil pengusaha yang sukses di tahun-tahun pertama?

Tanpa harus terperangkap rasa takut sehingga tidak berani melangkah, pertama-tama kita perlu pahami dulu. Saat ini, jumlah pengusaha di Indonesia mencapai 3,1% dari total penduduk usia produktif. Jumlah tersebut masih terbilang minim dibanding di negara-negara maju yang bisa mencapai 14 persen. Data tersebut sempat disampaikan oleh Direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Danang Girindrawardana kepada CNN Indonesia.

Setidaknya hal itu membuat kita memahami bahwa pilihan untuk buka usaha adalah jalan hidup yang berani, karena tidak semua orang mau mengambil. Selamat berjuang untuk Anda yang berada di golongan 3,1% itu. Di dalam jumlah sebagian kecil itu, ternyata ada sebagian kecil lagi yang berhasil.

 

Menjadi Sebagian Kecil yang Berhasil

Menurut Harvard Business School yang meneliti sekitar 2000 pengusaha pemula, sebagaimana dilansir inc.com, ternyata hanya sekitar 25% pengusaha yang benar-benar sukses. Bagaimana dengan 75%-nya? Itu memang bukan fakta yang menyenangkan, tapi memang ada rahasia yang harus kita pahami bersama.

Golongan 25%-nya yang berhasil tentunya tidak terjadi karena kebetulan, tapi ada langkah strategisnya. Seorang pengusaha yang sukses mampu merespons masalah-masalah yang muncul di kalangan penggunanya. Mereka juga mengetahui kelebihan dan kekurangan bidang usaha yang dibangun.

 

Melakukan Evaluasi Secara Berkala

Apakah Anda terbiasa melakukan evaluasi? Karena sudah memahami kelebihan dan kekurangan, tentu akan lebih mudah melakukan evaluasi. Setelah beberapa waktu berjalan, ada baiknya Anda evaluasi pencapaian apa saja yang sudah diraih. Mengapa evaluasi terkait hasil usaha sangat penting dilakukan? Evaluasi diperlukan agar Anda menjadi yakin bahwa usaha Anda tumbuh dan berkembang.

Kapan saat tepat untuk melakukan evaluasi? Bila target usaha berjalan tidak sejalan dengan rencana (padahal strategi sudah dikerahkan), itulah saatnya melakukan evaluasi. Hal yang yang perlu dievaluasi antara lain; bagaimana strategi marketing, manajemen keuangan, performa tim, bagaimana sistemasi bisnis yang dilakukan, juga berapa sebenarnya jumlah konsumen loyal Anda.

 

Fokus pada Rencana Jangka Panjang

Ketika sebagian besar aspek bisnis Anda sudah berjalan sesuai rencana, tetaplah lakukan inovasi dan tidak cepat puas karena tantangan semakin meningkat. Selalu fokuslah pada rencana jangka panjang Anda. Bisnis yang Anda jalankan sampai hari ini tentunya direncanakan untuk terus berkembang. Karena itu, selalu ingat apa niat awal Anda buka usaha itu karena apa.

Kami memahami bahwa Anda ingin menjadi golongan kecil yang berhasil itu. Sambil terus memperbaiki manajemen usaha yang mampu Anda lakukan, kami siap bekerjasama dengan Anda melalui berbagai layanan pelatihan bisnis dari kami yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Informasi lengkap: hubungi 08112652244.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp