08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Isu kesehatan mental menjadi perbincangan yang akhir-akhir ini menghangat di masyarakat. Pemicu memburuknya kesehatan mental bisa disebabkan oleh berbagai aspek, baik aspek sosial, aspek pendidikan, aspek ekonomi, dan juga aspek karier. Jadi dapat disimpulkan jika isu kesehatan mental dapat juga ditemukan di dunia industri, lembaga pendidikan, organisasi, maupun perusahaan.

Pada karyawan, pemicu stres tentu saja hal-hal yang berhubungan dengan beban pekerjaan, kondisi lingkungan kerja, atau hubungan antar karyawan yang saling menjatuhkan. Padahal kondisi psikis akan memengaruhi kinerja karyawan secara keseluruhan. Untuk itu diperlukan program konseling karyawan di perusahaan guna menjaga kondisi psikis karyawan agar tetap sehat.

 

Mengapa Perlu Program Konseling Karyawan?

Program konseling karyawan diharapkan mampu menguraikan permasalah yang mereka alami di perusahaan. Dengan harapan, adanya program konseling karyawan mampu membantu menjaga keseimbangan hidup dan mampu menurunkan stres agar yang berdampak pada performa kerja. Program konseling karyawan juga diharapkan dapat membantu karyawan dalam memilih gaya hidup yang lebih baik. Ketika karyawan gagal memilih gaya hidup sehat dan seimbang, maka mereka cenderung memiliki kecemasan tinggi, hingga akhirnya kinerja akan menurun.

Perusahaan perlu memerhatikan kebutuhan karyawan, entah dengan konseling, coaching, konsultasi, atau mentoring. Meskipun program yang akan disajikan nanti berbeda, tetapi empat hal tersebut sama-sama mendengarkan apa yang dibutuhkan karyawan.

 

Faktor Mengapa Program Konseling Karyawan Perlu Dilakukan

 

#1. Mengurai Penyebab Stres Karyawan

Ada banyak hal yang memengaruhi kondisi mental karyawan, diantaranya: deadline yang tanpa henti, target penjualan, tim baru, jam kerja, kelelahan, lingkungan kerja, dan sebagainya.

Masalah-masalah tersebut jika tidak diatasi akan menimbulkan kecemasan, berkurangnya konsentrasi, kinerja menurun, depresi, kecerobohan, sampai pada masalah kesehatan.

Program konseling karyawan merupakan fasilitas layanan konseling profesional yang diberikan kepada karyawan oleh perusahaan. Program konseling karyawan bersifat rahasia antara konselor dan karyawan, sehingga diharapkan karyawan dapat mengekspresikan ketakutan dan stresnya tanpa keraguan.

 

#2. Membantu Membimbing dalam Menghadapi Masalah

Dalam dunia kerja yang semakin dinamis ini, semua dikerjakan seolah-olah dengan tempo cepat. Hal ini manjadi wajar jika karyawan lebih mudah stress terutama jika berkaitan dengan pekerjaan. Mereka akan mudah stress jika pekerjaan tidak sesuai target, kelebihan beban kerja, dan merasa tidak ada keseimbangan antara kehidupan personal dan pekerjaan.

Sebelum stress tersebut menurunkan kinerja mereka, maka diperlukanlah program konseling karyawan. Program konseling karyawan akan membantu karyawan dalam mencari jalan keluar masalah, membimbing, dan membantu mereka menghadapi masalah.

 

Manfaat Program Konseling Karyawan

Program konseling karyawan bermanfaat bagi karyawan dan juga bagi perusahaan. Jika Anda masih ragu menyelenggarakan program konseling karyawan, maka mulailah simak pembahasan di bawah ini:

 

#1. Bermanfaat Memperbaiki Performa

Program konseling karyawan dapat memperbaiki performa karyawan. Konselor akan membantu memecahkan permasalahan yang dihadapi karyawan dan memberikan pilihan solusi yang efektif bagi permasalahan mereka. Ketika mereka mampu memecahkan masalah mereka, maka stress akan berkurang dan performa kerjanya akan meningkat

 

#2. Bermanfaat untuk Kedua Belah Pihak

Program konseling karyawan dapat memberikan manfaat yang saling berkaitan antara karyawan dan perusahaan. Bagi karyawan, adanya program konseling karyawan akan memberikan angin segar bagi mereka yang membutuhkan kemudahan dan keamanan dalam membicarakan stress atau masalah. Program konseling karyawan membantu karyawan melihat setiap permasalahan dari sudut pandang yang lebih positif dan perspektif yang berbeda.

Bagi perusahaan, program konseling karyawan akan memberikan data tentang beban pekerjaan setiap karyawan sehingga dapat dijadikan referensi untuk memperbaiki job description di setiap posisi.

 

#3. Bermanfaat Memberikan Gambaran Perusahaan

Program konseling karyawan yang dilakukan akan membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan yang penting. Sebab perusahaan akan mendapatkan identifikasi dari hasil konseling, sehingga permasalahan akan dapat diselesaikan segera sebelum membesar. Selain itu, program konseling karyawan akan memberikan gambaran yang jujur tentang karyawan maupun tentang keadaan perusahaan saat itu.

 

#4. Bermanfaat dalam Pengelolaan Karyawan

Program konseling karyawan dapat membantu dalam pencegahan karyawan keluar kerja secara tiba-tiba. Hal ini terjadi karena program konseling karyawan tersebut akan membantu karyawan mengelola stress dalam menghadapi pekerjaan, sehingga akan menurunkan burnout, ketidakhadiran, hingga resign mendadak.

Jadi sudah jelas bahwa program konseling karyawan memiliki manfaat bagi perusahaan Anda. Program konseling karyawan dapat membantu Anda memahami problema karyawan di lingkungan kerja dan problema pribadinya yang berdampak pada kinerjanya.

 




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis