08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com
  •  “Bagaimana langkah strategis mengubah rencana dan angan-angan menjadi kenyataan?”
  • “Bagaimana cara memberikan apresiasi dengan tulus kepada orang lain, tanpa membuatnya gampang berpuas diri?”
  • “Bagaimana cara menyampaikan kritik yang membangun tanpa membuat orang jadi kecil hati?”
  • “Risiko apa yang akan terjadi setelah mengambil keputusan dalam situasi yang tidak menentu?”
  • “Seperti apa rasanya menjadi orang yang kata-katanya selalu didengar orang lain di sekitarnya?”

 

Di dalam benak seorang pemimpin, pertanyaan-pertanyaan reflektif di atas akan sering muncul. Akan sangat mungkin pertanyaan itu bertambah banyak jumlahnya dengan pertanyaan lain. Karena semakin banyak situasi yang dihadapi, banyak hal yang jadi pertanyaan. Apakah Anda pernah atau sedang menjalankan peran-peran strategis di tempat kerja? Atau justru Anda sedang berjuang membesarkan usaha yang Anda bangun bersama rekan Anda?

 

Apakah Anda seorang pemimpin yang baik?

Karakter seorang pemimpin yang baik bukan hanya terlihat dari bagaimana saat ia menerima segala sanjungan dan pujian, tapi juga kondisi sebaliknya. Sekarang coba pikirkan seseorang yang pernah bekerja dengan Anda, dan dia dikenal sebagai pemimpin yang kurang baik. Apa hal-hal yang membuatnya mendapat penilaian negatif? Selanjutnya, tanyakan pada diri sendiri: apakah Anda sudah pasti tidak memiliki perilaku seperti itu? Jika Anda punya tim, apa yang Anda lakukan untuk mereka? Setelah itu beri skor 1 sampai 10 untuk diri Anda sendiri, sampai saat ini menurut Anda berapa nilai yang tepat untuk diri Anda?

Dalam beberapa kesempatan, terkadang pemimpin mengalami situasi ketika anggotanya menganggap tidak konsisten. Apalagi kalau dari waktu ke waktu, prioritasnya berubah-ubah sehingga kata-katanya terdengar tidak meyakinkan. Tapi di sinilah tantangannya. Berkomunikasi dengan anggota akan menjadikan kultur bekerja lebih transparan dan demokratis.

 

Saatnya evaluasi diri

Jika Anda pikir Anda sudah cukup hebat, setiap hari ambil 5-10 menit untuk evaluasi diri dan memikirkan tantangan yang baru saja Anda tangani dan yang akan segera Anda hadapi. Bisa juga kembali meninjau visi dan misi. Apakah ada yang perlu diperbarui agar lebih tepat dengan situasi sekarang sehingga setiap anggota menjadi lebih jelas dengan arah perusahaan?

Setelah Anda mengidentifikasi area-area potensial untuk perbaikan Anda, buatlah rencana untuk bagaimana Anda akan mengatasinya. Cobalah untuk melakukan evaluasi pencapaian setiap bulan. Secara konsisten, pemimpin hebat akan memimpin dirinya sendiri terlebih dahulu. Setelah itu merealisasikan gagasan yang pernah diutarakan, dan yang terpenting, mewujudkan bersama-sama dengan orang yang dipimpinnya.

 

Hebat dalam Memimpin Dirinya Sendiri

Setiap pemimpin pasti memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda-beda, sesuai dengan kepribadian dan nilai-nilai yang ada pada pribadi mereka. Menjadi pemimpin yang baik juga tidak cukup dipelajari dari membaca buku atau mengikuti pelatihan kepemimpinan. Memang tidak ada aturan baku tentang model kepemimpinan yang terbaik untuk semua kondisi. Namun yang pasti, setiap pemimpin yang hebat adalah juga hebat dalam memimpin dirinya sendiri.

Saya bersama tim Akeyodia menemukan bahwa kualitas kepemimpinan dalam diri seseorang sangat signifikan pengaruhnya untuk kemajuan bisnis atau perusahaan. Sebagai lembaga pelatihan SDM yang membantu para pemimpin lainnya berhasil, kami pun ingin melihat Anda jauh lebih baik dalam menjalankan peran kepemimpinan ini. Anda bisa berkonsultasi dengan kami dengan menghubungi nomor ini: 08112652244.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp