08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Anda tahu drama korea Start Up? Meskipun sudah selesai tayang pada 6 Desember 2020 lalu, drama ini sempat ramai dibahas di sosial media dan menjadi tema webinar. Ini Pelajaran Bisnis dari Drama Korea Start Up, yaitu berkisah tentang perjuangan bisnis anak muda untuk merintis perusahaan baru. Drama ini menjadikan Sandbox sebagai Sillicon Valley versi Korea. Kondisi di dalam drama korea Start Up seperti menggambarkan situasi Indonesia yang juga sedang berusaha membuka peluang di perusahaan rintisan.

 

Selain untuk hiburan, Ini Pelajaran Bisnis dari Drama Korea Start Up yang dapat Anda pelajari :

#1. Tentukan Model Bisnisnya

Ini Pelajaran Bisnis dari Drama Korea Start Up yang pertama. Kalau Anda ingin membangun start up sukses, tentukan terlebih dahulu model bisnisnya. Di dalam caritas, selama dua tahun, Do San dan kedua temannya lebih berfokus pada pengembangan teknologi, tanpa memikirkan model bisnis secara matang. Hasilnya, mereka berdua kesulitan mencari investor yang bisa membantu mengembangkan bisnis. Do San memang ahli di bidang teknologi, namun dia dinilai tidak memiliki kapasitas sebagai pemimpin perusahaan. Sebab dia tidak punya visi yang jelas untuk perusahaannya.

 

#2. Start Up Butuh CEO yang Ahli

Ini Pelajaran Bisnis dari Drama Korea Start Up yang kedua. Ketika Do San dirasa bukan sosok pemimpin yang baik, maka disarankan kepemimpinan  SamSan Tech dipegang orang lain. Sebab mahir dalam bidang teknologi saja tidak cukup. CEO mempunyai peran penting seperti melakukan penjajakan kesepakatan investasi dengan calon penanam modal, mencari peluang bisnis, mempunyai strategi bisnis, dan mampu mengatasi kondisi krisis.

 

#3. Pandai Mencari Investor yang Tepat

Ini Pelajaran Bisnis dari Drama Korea Start Up yang ketiga. Dalam drama korea ini ada kisah dari Han Ji Pyeong seorang pimpinan SH Venture Capital. Ia memiliki keahlian investasi yang tinggi. Dalam mengembangkan bisnisnya, Ji Pyeong memilih untuk mengejar return on investment dari perusahaan start up yang didanai. Ji Pyeong dikisahkan sebagai investor yang handal, penuh strategi, dan tidak sembarangan menaruh dana untuk diinvestasikan di startup.

 

#4. Gelar Bukan Jaminan

Pelajaran Bisnis dari Drama Korea Start Up yang yang keempat adalah gelar bukanlah menjadi jaminan untuk sukses. Karakter Seo Dal Mi yang adalah sosok perempuan lulusan SMA. Meskipun begitu, dia menjadi CEO Samsan Tech dan Cheonmyeong Company berkat perjuangannya.

 

#5. Berani Mengambil Resiko

Pelajaran Bisnis dari Drama Korea Start Up yang kelima adalah berani mencoba hal baru dan berani ambil risiko. Menjadi pebisnis tangguh tentu tidaklah mudah. Mengapa berani dan tidak takut sangat dibutuhkan? Karena kesempatan tidak akan datang dua kali. Contohnya seperti saat di mana Nam Do San harus mengalahkan egonya untuk mengambil kesempatan bekerja di Sillicon Valley untuk masa depannya. Start Up juga mengajarkan Seo Dal Mi dan timnya, menang dan kalah merupakan hal biasa. Hal terpenting adalah pengalaman.

 

#6. Menerima Kritik

Pelajaran Bisnis dari Drama Korea Start Up adalah jangan takut dikritik. Han Ji Pyeong, sebagai mentor dari Samsan Tech, sering memberikan kritikan pedas secara langsung di depan tim Samsan. Terkadang kritikan memang membuat tim Samsan bersedih, namun hal ini dianggap baik oleh Seo Dal Mi. Kritikan adalah sebuah proses untuk menjadi lebih baik.

 

#7. Selalu Berusaha

Pelajaran Bisnis dari Drama Korea Start Up selanjutnya adalah berusaha semaksimal mungkin dan pantang menyerah. Berperan sebagai wanita mandiri, Seo Dal Mi dan Seo In Jae menunjukkan kuatnya mereka dalam mengejar mimpi.

 

#8. Team Work

Pelajaran Bisnis dari Drama Korea Start Up adalah Team Work. Drama Start Up memberi tahu para bahwa support system dalam suatu tim perusahaan sangat berpengaruh pada berkembangnya perusahaan. Pertemanan yang solid, serta lingkungan yang positif akan membantu Anda membentuk versi diri terbaik. Hal ini juga akan mendorong Anda melakukan hal positif dan semangat mengejar impian

 

#9. Tidak Telalu Lama Terpuruk

Tidak menyesal terlalu lama atau terpuruk adalah Pelajaran Bisnis dari Drama Korea Start Up. Sebagai sosok yang mandiri, Dal Mi juga menjadi sosok yang berani dan tidak takut mengambil keputusan. Meski Dal Mi pernah sedih dan berfikir, “Apakah ia salah memilih hidup bersama Ayahnya?” Namun, penyesalan tersebut segera ditepis, kemudian dia bangkit dan merasa senang memutuskan hidup bersama Ayahnya.

 

#10. Temui Ahlinya

Apa Pelajaran Bisnis dari Drama Korea Start Up yang terakhir? Anda harus memiliki mentor atau ahli. Memiliki sosok mentor atau ahli sangat berpengaruh pada kinerja perusahaan. Tidak hanya mengarahkan perusahaan terkait pengambilan keputusan dan memberikan pengetahuan dalam dunia bisnis, mentor yang ahli di bidangnya dapat menjadi support system suatu perusahaan.

Itulah sepuluh Pelajaran Bisnis dari Drama Korea Start Up, semoga tidak hanya menjadi tontonan saja. Tetapi menjadi tuntunan Anda dalam membuat usaha rintisan.

 

Program Pelatihan Akeyodia

Silakan hubungi kami di nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, dan konsultasi pribadi. Kami menyediakan jasa pelatihan secara online, konsultasi online dan seminar online.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp