08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Menyiapkan calon pemimpin baru adalah kunci sukses seorang pengusaha, benarkah demikian? Mungkin Anda sudah tidak asing dengan istilah “Entreprenuer” maupun “Leadership”. Entrepreneur dimaknai sebagai orang yang membangun, atau membuat, atau malah mendirikan suatu usaha. Dari makna tersebut dapat dipahami bahwa diperlukan leader atau pemimpin memegang kendali atas jalannya sebuah usaha tersebut.

 

Perlunya Sosok Pemimpin

Menyiapkan calon pemimpin baru adalah kunci sukses seorang pengusaha merupakan hal yang benar. Sebab dalam suatu usaha, intansi, atau perusahaan pasti ada sosok yang menjadi pemimpin. Pemimpin memegang peranan penting terhadap keseluruhan proses dalam usaha, instansi, atau perusahaan yang dimilikinya. Untuk itulah maka pemimpin harus memiliki sikap kepemimpinan yang mumpuni.

Seorang pemimpin tidak hanya mengatur tetapi memahami dan mengerti orang lain dengan baik. Harapannya adalah meningkatnya kineja orang-orang di sekitarnya. Jadi sosok pemimpin bukan sekedar berada di garda depan, tetapi kadang berjalan beriringan bersama timnya untuk mendengar, dan terkadang berjalan di belakang timnya untuk memberikan motivasi.

 

Pemimpin Abadi Perlukah?

Pernyataan menyiapkan calon pemimpin baru adalah kunci sukses seorang pengusaha tentu bertentangan dengan yang menganggap pemimpin tidak boleh digantikan. Namun mari kita renungkan sejenak, ketika Anda menginginkan usaha yang Anda bangun memiliki umur yang panjang, apakah mungkin Anda tetap memimpin di sana selamanya? Kita semua memiliki batas usia masing-masing, untuk itulah maka sebagai pemimpin perlu mempersiapkan calon pemimpin selanjutnya.

 

Ciptakan Pemimpin Baru, Bukan Hanya Pengikut

Sebagai seorang pemimpin, tanamkan dalam diri bahwa sebagai pemimpin dalam sebuah usaha Anda bukan hanya menciptakan pengikut. Lalu menciptakan apa lagi? Seorang pemimpin usaha juga wajib menciptakan pemimpin berikutnya lho, harapannya agar usaha yang dirintis akan berkembang luas.

Tapi apakah menciptakan pemimpin baru yang siap memimpin dan tidak membabi buta atau keras kepala itu mudah? Tentu saja tidak!

Sebagai pemimpin usaha, Anda perlu mengenal dan memahami tim Anda. Ketika Anda sudah memahami kapasitas mereka, latih mereka dalam pengambilan keputusan atau diikut sertakan dalam pelatihan. Memang menciptakan pemimpin yang ideal, sejalan dengan visi dan misi Anda itu tidak mudah, namun tetap perlu dilakukan.

 

Apa Saja Tingkatan Pemimpin?

 

1. Pemimpin yang Mampu Memimpin Diri Sendiri

Tingkatan terendah dalam kepemimpinan adalah kemampuan memimpin diri sendiri. Artinya Anda memiliki kedisiplinan dalam diri dan kemampuan mengendalikan diri

 

2. Pemimpin yang Mampu Memimpin Orang Lain

Setelah Anda berhasil memimpin diri sendiri, tentu Anda akan berhasil menjadi teladan bagi orang lain. Ketika mereka mampu meneladani karakter Anda, maka mudah bagi Anda untuk memimpin dan mengarahkan orang lain untuk mencapai suatu tujuan.

 

3. Pemimpin yang Mampu Melahirkan Pemimpin Baru

Bagi orang yang sudah mampu memimpin diri sendiri dan orang lain, maka dia juga akan semakin mudah untuk melahirkan tim yang tangguh dan juga calon leader yang hebat. Ketika usaha Anda berkembang, sebaiknya Anda juga sudah mulai menyiapkan diri untuk melahirkan pemimpin baru. Ketika kita sudah memahami bahwa menyiapkan calon pemimpin baru adalah kunci sukses seorang pengusaha, lalu bagaimana caranya?

 

-. Menjadi Sumber Energi

Dalam menyiapkan calon pemimpin baru, coba lihat tim yang Anda pimpin. Apakah mereka senang dan bersemangat ketika berjumpa dengan Anda? Apakah kehadiran Anda dinantikan karena akan memberikan inspirasi bai mereka? Atau sebaliknya, kehadiran Anda dihindari karena selalu membuat ketegangan? Perlu Anda pahami bahwa calon pemimpin baru akan hadir ketika mereka menemukan inspirasi dan semangat dari dalam diri Anda.

 

-. Berikan Tantangan dan Kesempatan

Dalam menyiapkan calon pemimpin baru, kurangilah selalu memberikan instruksi atau perintah. Mulailah dengan memberikan tantangan atau proyek kepada tim Anda dan berikan mereka kesempatan untuk berkreasi dan mencari solusi. Dengan tantangan dan kesempatan yang Anda berikan, mereka akan merasa keberadaannya sangatlah berarti.

 

-. Dengarkan Ide dan Solusinya

Dalam menyiapkan calon pemimpin baru, Anda harus mampu lebih sabar dalam mendengarkan, namun juga harus bisa menyiapkan pertanyaan yang cerdas. Ketika dihadapkan dalam sebuah kasus, jangan langsung memberi solusi, namun galilah ide dan solusi dari mereka.

Meskipun Anda sudah tahu solusinya karena sudah memiliki pengalaman dan jam terbang, namun karena Anda akan menciptakan pemimpin baru maka tahan diri Anda memberikan jawaban atau solusi. Memang hal tersebut menyita waktu dan kesabaran, tetapi begitulah bila Anda menciptakan dan membentuk pemimpin yang lebih hebat dari Anda.

Untuk itu sebagai pengusaha yuk mulai menyiapkan calon pemimpin baru. Jangan berbangga diri jika saat ini Anda dapat memimpin usaha dengan baik dan memiliki jumlah pengikut yang banyak. Mulailah menjadi pemimpin sebuah usaha yang mampu melahirkan pemimpin dan mampu mengembangkan usaha Anda lebih luas lagi.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp