08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Saat ini pasti semua orang pasti memiliki WhatsApp. Tetapi apakah semua mengerti Cara Menulis Teks Perkenalan Ketika Masuk Grup WhatsApp yang baik? Semua orang menggunakan WhatsApp, entah untuk keperluan pribadi maupun untuk keperluan bisnis. Ada situasi di mana Anda terkadang perlu memperkenalkan diri, terutama jika Anda masuk disebuah forum Grup WhatsApp. Tentunya, sebelum Anda memulai percakapan, Anda perlu perkenalan. Bagaimana Cara Menulis Teks Perkenalan Ketika Masuk Grup WhatsApp?

Tentunya, Cara Menulis Teks Perkenalan Ketika Masuk Grup WhatsApp satu orang dengan yang lain berbeda-beda. Namun semua pasti setuju jika mengawali chat dengan mengetik “P” saja dan dikirim berkali-kali dirasa kurang sopan. Terutama dalam sebuah percakapan resmi. Perkenalan sebaiknya dimulai dengan hal yang sama seperti menyapa, menyebutkan nama, dan bisa juga domisili.

Cara Menulis Teks Perkenalan Ketika Masuk Grup WhatsApp juga menyesuaikan bahasa dan konteksnya. Misalnya jika perkenalan bisnis tentu lebih menekankan informasi berkaitan jabatan, sedangkan perkenalan antara teman sekolah bisa berkaitan dengan hobi, alamat dan sebagainya.

Kini WhatsApp dapat menjadi media kuliah, seminar, pertemuan, diskusi, hingga berjualan. Cara Menulis Teks Perkenalan Ketika Masuk Grup WhatsApp juga berbeda. Guna menyikapi pemakaian media sosial sebagai tempat untuk berbincang-bincang, tentu tidak bisa disamakan dengan bertegur sapa secara langsung. Anda tentu tahu bahwa bahasa tulis bisa menimbulkan persepsi yang berbeda, apalagi jika penggunaan tanda bacanya sudah kacau.

Cara Menulis Teks Perkenalan Ketika Masuk Grup WhatsApp juga dipengaruhi oleh beberapa hal, antara lain :

 

#1. Apa Jenis Grup-nya?

Cara Menulis Teks Perkenalan Ketika Masuk Grup WhatsApp yang pertama adalah perhatikan terlebih dahulu apa grup yang Anda masuki. Dari sini Anda dapat menyesuaikan bahasa yang akan digunakan.

 

#2. Berapa Usia Anggota Grup?

Cara Menulis Teks Perkenalan Ketika Masuk Grup WhatsApp yang kedua adalah memastikan berapa mayoritas usia anggota grupnya. Gunakan tata bahasa yang baik dan benar. Misalnya grup yang terdiri dari siswa-siswi Anda, maka gunakan bahasa yang mudah untuk mereka pahami. Atau jika itu grup sebaya, Anda bisa bercanda dengan memakai kata singkatan atau kata populer.

 

#3. Apa Tujuan Pembuatan Grup?

Cara Menulis Teks Perkenalan Ketika Masuk Grup WhatsApp yang ketiga adalah pastikan dulu apa tujuan pembuatan grupnya. Bila untuk berbagi pekerjaan, maka informasi profesional sangatlah penting. Jika itu adalah grup warga disebuah perumahan tentu hanya perlu menyebutkan nama dan nomor rumah.

 

#4. Seberapa Panjang Perkenalannya?

Cara Menulis Teks Perkenalan Ketika Masuk Grup WhatsApp yang keempat adalah sampaikan hal penting saja. Karena grup WhatApp terdiri dari banyak orang, maka perkenalan diri secara singkat dan padat. Hargai hak orang lain untuk dapat membaca grup WhatApp dengan nyaman tanpa tergangu dengan tulisan Anda yang terlalu panjang.

 

#5. Bagaimana Gaya Bahasanya?

Cara Menulis Teks Perkenalan Ketika Masuk Grup WhatsApp apakah perlu menggunakan EYD? Tidak perlu harus kaku, namun yang perlu ditekankan adalah gunakan bahasa yang sopan, pilihlah kata yang sesuai, dan tanda baca yang tepat agar nyaman untuk dibaca serta mengurangi kesalahpahaman.

 

#6. Bagaimana Contoh Kalimat Perkenalannya?

 

-. Perkenalan di Grup Kelas Sebagai Orang Tua Anak

Cara Menulis Teks Perkenalan Ketika Masuk Grup WhatsApp-nya adalah :  “Selamat Pagi. Saya Nessi. Ibu dari Alvin Natta kelas 8A. Terima kasih Ibu Oktavia selaku wali kelas sudah mengundang saya bergabung di grup ini. Saya akan berusaha untuk berpartisipasi aktif untuk mendukung kegiatan anak-anak kita di sekolah. Terima kasih.”

 

-. Perkenalan di Grup Seminar sebagai Penyelenggara

Cara Menulis Teks Perkenalan Ketika Masuk Grup WhatsApp-nya adalah :  “Selamat sukses. Terima kasih telah antusias mendaftar di seminar nasional siang nanti. Nama saya Ryuga Alva. Saya mahasiswa Universitas Indonesia jurusan Hubungan Masyarakat. Saya akan menjadi moderator pada seminar nanti. Saya harap kita semua dapat mengambil ilmu dan manfaat dari seminar yang akan kita mulai sebentar lagi.”

 

-. Perkenalan di Grup Kerja sebagai Anggota Baru

Cara Menulis Teks Perkenalan Ketika Masuk Grup WhatsApp-nya adalah :  “Selamat Siang. Saya Wildan, dari tim bagian IT. Saya berusia 26 tahun dan sangat suka mendaki. Saya mengucapkan terima kasih pada semua yang telah menyambut baik saya dalam grup ini. Saya akan melakukan hal yang terbaik sesuai kemampuan saya. Dan saya berharap kita semua dapat berteman dan bekerjasama dengan efektif.”

Meskipun berhadapan, pastikan perkataan Anda jelas dan tidak memiliki makna ganda yang dapat membuat orang salah paham. Semoga artikel Cara Menulis Teks Perkenalan Ketika Masuk Grup WhatsApp ini bermanfaat.

 

Program Pelatihan Akeyodia

Silakan hubungi kami di nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Pelatihan Komunikasi untuk Tim Marketing, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, dan konsultasi pribadi. Kami menyediakan jasa pelatihan secara online, konsultasi online dan seminar online.

 

Untuk memahami tentang Market Segmentation silakan cek video kami :  “How do We Choose a Segment to Target? | CARA MENENTUKAN TARGET PASAR YANG TEPAT”.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp