08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Untuk menjadi seorang yang memiliki jiwa troubleshooter memang membutuhkan waktu yang lama dan pengalaman. Anda perlu berpikir sistematis dan logis dalam waktu yang sama. Anda juga harus bisa menggunakan pengalaman untuk menyelesaikan persoalan. Pada artikel sebelumnya, “Ini Dia Strategi untuk Memiliki Jiwa Troubleshooter! – Part 1” sudah dibahas tentang Bagaimana memupuk diri agar memiliki memiliki jiwa troubleshooter.

Nah, pada pembahasan kali ini kita akan lebih dalam lagi belajar tentang cara untuk memiliki jiwa troubleshooter yang handal. Simak dan terapkan cara berikut ini untuk memiliki jiwa troubleshooter.

 

#1. Memiliki Pikiran Positif

Beberapa orang tidak mampu berpikir jernih ketika dihadapkan dengan masalah. Jadi untuk dapat memiliki jiwa troubleshooter, Anda wajib membiasakan diri untuk selalu berpikir positif. Tenangkan diri Anda, ketika sudah tenang, secara perlahan Anda akan melihat solusi untuk menyelesaikan masalah. Perlu diingat bahwa tidak ada persoalan yang tidak memiliki jalan keluar. Jadi memiliki pikiran positif adalah langkah awal menuju penuntasan masalah.

 

#2. Membuat Identifikasi Masalah

Ketika Anda sudah memiliki pikiran positif, cobalah untuk mengidentifikasi inti dari permasalahan yang Anda hadapi dengan mengajukan pertanyaan. Berlatihlah memilih pertanyaan yang tepat dan sesuai dapat menggali sumber permasalahan. Ingatlah jangan hanya asal menebak sebelum mengambil keputusan. Seorang yang memiliki jiwa troubleshooter yang baik selalu mengawali sesuatu dengan meneliti inti dari masalah yang mereka temukan.

Mengidentifikasi masalah juga tidak bisa dianggap sederhana. Beberapa orang hanya berkutat di permukaan masalah dan tidak menyelesaikan hingga ke akarnya. Hal tersebut tentu akan mengakibatkan penumpukan masalah di masa mendatang.

 

#3. Melakukan Brainstorming

Cara berikutnya untuk memiliki jiwa troubleshooter adalah dengan melakukan brainstorming. Brainstorming merupakan istilah yang mengacu pada kegiatan sebuah tim yang berusaha menyelesaikan suatu masalah dengan menemukan ide-ide baru. Ketika melakukan brainstorming, penting bagi setiap anggota tim untuk tidak mengkritisi setiap ide yang muncul. Setelah brainstorming selesai, setiap ide yang sudah ditulis wajib dibahas. Selanjutnya setiap anggota perlu menentukan ide yang paling efektif.

 

#4. Melakukan Evaluasi

Saat Anda ingin memiliki jiwa troubleshooter jangan lupakan tahap evaluasi. Proses melakukan evaluasi adalah tahap yang biasanya terlupakan. Padahal, evaluasi dapat dijadikan bahan pembelajaran ketika menemukan masalah di masa mendatang. Caranya:

-. Lakukanlah evaluasi ide-ide yang Anda temukan ketika brainstorming. Evaluasilah apa pengaruh yang diberikan ide tersebut ketika digunakan untuk penuntasan masalah. Jadi pikirkanlah apakah ide tersebut mampu menyelesaikan masalah secara efektif atau tidak.

-. Perhatikan kerumitan dari ide tersebut. Hal ini bukan tentang kesulitan ide tersebut untuk diimplementasikan, tetapi terkait jumlah waktu sampai sumber daya yang Anda miliki.

 

#5. Periksa dan Amati

Ketika Anda ingin meningkatkan kualitas dan memiliki jiwa troubleshooter, Anda perlu melacak, memeriksa, dan mengamati progres ide-ide tersebut. Buat pertanyaan, “Apakah masalah sudah teratasi?”, “Apakah rencana tersebut sudah dilaksanakan dengan baik?”

Lalu bagaimana ketika masalah belum terselesaikan juga? Jangan patah semangat dan berkecil hati. Anda cukup kembali melakukan tahap identifikasi masalah bersama tim untuk mencari solusi lain.

 

#6. Kembangkan Ide Baru

Ketika solusi yang dijalakan berhasil, seorang yang memiliki jiwa troubleshooter yang handal tidak akan berdiam diri atau bersantai. Dia tidak akan menunggu masalah baru hadir, jadi dia akan mulai memikirkan ide-ide solutif baru. Caranya tentu saja dengan mengembangkan ide lama dengan inisiatif Anda sendiri.

Ketika Anda secara aktif terus mengembangkan ide-ide baru, maka Anda akan memiliki jiwa troubleshooter yang bagus tanpa disadari. Dengan memiliki jiwa troubleshooter yang baik, Anda akan menjadi individu yang dipertimbangkan baik dalam pekerjaan maupun dikeseharian. Selamat mencoba.

 

Program Pelatihan Akeyodia

Yuk hubungi 08112652244 / 08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, Coaching, dan konsultasi pribadi.

Simak video: INGIN KETERAMPILAN MENINGKAT? PAHAMI GAYA BELAJAR INI! – Eps 8




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp