08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Apa saja mental block Anda? Contoh Mental block yang berupa hal-hal ringan, seperti hilang konsentrasi, rasa lelah, dan hal yang membuat Anda ingin menunda pekerjaan. Mental block memperlambat pekerjaan dan menghambat potensi diri untuk berkembang. Akibatnya, hidup akan terasa tidak ada perubahan dan tidak ada perkembangan. Lalu jenis kondisi bagaimana yang merefleksikan mental block Anda?

 

Tipe Mental Block

Sebenarnya ada empat tipe mental block yang biasanya menimpa seseorang,yaitu:

 

#1. Rasa Tidak Percaya Diri yang Berlebihan

Gangguan secara umum rasa percaya diri dimulai dengan rasa takut, misalnya ketakutan untuk gagal dan ketakutan membuat kesalahan. Ujung dari tidak percaya diri adalah rasa malu dan menganggap akan dinilai buruk oleh orang lain. Pada akhirnya, Anda akan tidak berani untuk memulai sesuatu yang baru dan meragukan kemampuan diri sendiri.

 

#2. Kebingungan Menentukan Skala Prioritas

Salah satu penghambat dalam proses pengembangan diri adalah tidak bisa menentukan skala prioritas. Jika Anda masih mengorbankan banyak waktu untuk hal yang tidak terlalu penting dan menelantarkan kepentingan utama dalam hidup, bisa jadi Anda masih kesulitan menentukan skala prioritas.

 

#3. Membandingkan Kualitas Diri dengan Orang Lain

Yakinlah bahwa kesuksesan orang lain bukan menjadi sebuah ancaman bagi Anda. Ketika orang lain mampu melakukan sesuatu lebih baik, bukan berarti Anda tidak mampu. Jadi berhentilah melihat orang lain dan fokus pada diri Anda sendiri. Apabila orang lain bisa sukses, maka semua orang juga bisa meraih kesuksesan. Jadi berhentilah membandingkan diri Anda dengan orang lain.

 

#4. Terlalu Tinggi Menilai Diri

Apa Anda pernah berfikir, “Saya bisa melakukan apapun!”. Anda mampu meraih apapun yang Anda inginkan, tetapi apabila terlalu banyak yang dilakukan, maka Anda akan menjadi kurang ahli dalam melakukan suatu hal. Nilailah diri Anda sesuai kapasitas dan potensi, sebab terlalu tinggi menilai kemampuan diri justru akan menjadi bumerang bagi Anda.

 

Penyebab Munculnya Mental Block

Mental block dapat muncul dari pengalaman pribadi ataupun dari penilaian orang lain. Misalnya ketika Anda mengalami kegagalan, maka akan berisiko membuat Anda menganggap diri ditakdirkan selalu gagal. Pikiran tersebut membuat Anda kehilangan percaya diri dan dapat menjadi sebuah mental block bagi Anda.

Contoh lainnya, jika Anda sejak kecil sering mendengar penilaian, baik dan buruk, pindai dan bodoh, hebat dan payah. Maka pada akhirnya penilaian itu membentuk citra diri.

 

Melawan Mental Block

Jika Anda ingin keluar dari mental block, Anda perlu mengetahui caranya. Apa yang Anda dapat lakukan?

 

1. Buat Tujuan Realistis

Memiliki tujuan yang besar merupakan keharusan, tapi pikirkan juga apakah tujuan itu sesuai dengan kemampuan Anda. Setiap manusia memiliki kemampuan untuk meraih tujuan besar, tapi perlu diingat setiap orang memiliki potensi yang berbeda.

 

2. Mulai dari Tugas yang Mudah

Seseorang yang berkeinginan untuk menjadi pembicara, tetapi jika sehari-hari malas berlatih, tidak pernah membuat materi, kurang ilmu, dan hanya bermimpi, tentu saja hanya akan mengalami kegagalan. Akhirnya dia akan merasa kesulitan menjadi apa yang diinginkan dan muncul keinginan untuk mengurungkan niatnya. Jadi mulailah dengan membentuk pola pikir yang didasari oleh target yang besar dengan disertai tujuan jangka pendek yang berkesinambungan.

 

3. Prestasi dan Reward untuk Diri Sendiri

Setiap Anda berhasil mencapai tujuan jangka pendek yang direncanakan, jadikanlah itu sebagai sebuah pencapaian atau prestasi. Hargai dan pujilah diri sendiri, jika perlu buat catatan apa saja yang berhasil Anda raih. Setelah Anda memiliki prestasi, berikan diri Anda penghargaan, misalnya pergi jalan-jalan, makan makanan yang paling disukai, dan lainnya.

 

4. Buang Rasa Takut Gagal

Kegagalan adalah sebuah hal yang wajar. Tanpa pernah mengalami kegagalan, maka Anda tidak mendapatkan perbaikan. Sedangkan jika tanpa perbaikan, maka tidak ada perkembangan yang berarti. Jangan takut akan kritik, karena saat Anda berhasil, keberhasilanlah yang lebih diingat. Jangan takut gagal, jangan hanya menunggu, jadi mulailah meraih apa yang Anda inginkan.

 

5. Waktu Istirahat

Saat dihadapkan dengan mental block, Anda sering tidak bisa mengendalikan diri sehingga menghambat kegiatan sehari-hari. Jika dibiarkan, kondisi ini akan membawa Anda pada keraguan. Tidak perlu terburu-buru mencari pemecahan yang rumit, karena terkadang Anda hanya butuh waktu untuk beristirahat. Tidur dan jauhkan pikiran dari hal-hal negatif. Anda0 akan kembali semangat dan konsentrasi kembali.

Jadi jangan terhambat oleh kondisi mental block. Percayalah Anda dapat meraih impian dan jadikan diri Anda bermanfaat untuk orang lain.

 

Program Akeyodia

Hubungi kami di WA 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan In House Training, Seminar, atau konsultasi.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp