08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Kesuksesan sebuah bisnis juga ditentukan oleh proses riset pasar yang dilakukan. Kegiatan riset pasar berisi rangkaian proses sistematis yang berguna untuk mengumpulkan data di lapangan, analisis, penafsiran informasi target, konsumen, kompetitor, dan lainnya. Tujuan dari diadakannya kegiatan riset pasar adalah mendapatkan informasi lengkap mengenai kemajuan bisnis Anda saat ini dan hasilnya digunakan untuk menyusun rencana pengembangan bisnis di masa depan.

Namun masih ada bisnis owner yang belum begitu memahami bagaimana melakukan riset pasar. Meskipun sebenarnya riset pasar dapat dilakukan dengan banyak metode. Kali ini akan dibahas tentang melakukan riset pasar menggunakan metode Focus Group Discussion (FGD). Focus Group Discussion (FGD) bertujuan mengetahui serta menganalisis aspek yang dibutuhkan masyarakat dari bisnis Anda, sekaligus mengumpulkan informasi terkait strategi yang dilakukan kompetitor. Ketika proses analisis sudah selesai, perusahaan dapay menyusun rencana dan melakukan inovasi yang lebih tepat sasaran sehingga kebutuhan konsumen terpenuhi.

 

Pelaksanaan Focus Group Discussion

Metode analisis yang dilakukan dengan membuat grup diskusi sering disebut Metode Focus Group Discussion (FGD). Metode Focus Group Discussion (FGD) merupakan terdiri dari 15 orang atau lebih, ada moderator, peneliti, dan juga responden.

 

Bagaimana melakukan Focus Group Discussion (FGD) dengan tepat?

1. Merumuskan Masalah yang Ada

Dalam Focus Group Discussion (FGD), tahap pertama untuk melakukan riset pasar adalah merumuskan masalah. Hal-hal yang pertama dibahas pada forum diskusi adalah tentang masalah yang banyak dihadapi masyarakat. Dari sana juga akan dibahas solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tujuannya agar dapat menentukan masalah yang dihadapi masyarakat. Caranya adalah dengan mengambil sampel dari peserta yang hadir di Focus Group Discussion (FGD), jadi kehadiran sampel merupakan hal yang wajib. Sebab nantinya akan menjadi penentu langkah apa yang perlu dilakukan sebagai masukan dalam melakukan inovasi produk atau jasa usaha Anda.

 

2. Desain dan Sampel

Setelah dalam Focus Group Discussion (FGD) membahas jenis masalah, selanjutnya adalah menentukan desain dan sampel penelitian. Jenis sampel yang digunakan tentu saja nantinya menentukan jenis kelompok yang perlu dihadirkan dalam Focus Group Discussion (FGD). Biasanya, mereka adalah kelompok orang dengan minat yang sama atau justru kelompok orang dengan minat berbeda.

Dalam menentukan kelompok Focus Group Discussion (FGD) adalah dengan melihat keterwakilan dari jenis sampel yang dipilih. Tujuannya agarkelompok yang diikutsertakan benar-benar mewakilkan kondisi pasar dan relevan dengan tujuan yang ingin dicapai. Kelompok peserta yang ikut dalam Focus Group Discussion (FGD) juga harus memiliki latar belakang dan sudut pandang yang beragam. Tujuannya agar Focus Group Discussion (FGD) dapat memberi solusi dari berbagai sudut pandang.

 

3. Pengumpulan Data

Focus Group Discussion (FGD) menemukan data berdasarkan diskusi antar kelompok, dipimpin oleh moderator sebagai pemimpin diskusi, dan pemateri sebagai pembuka obrolan sebuah permasalahan. Ketika materi telah dipaparkan, anggota kelompok dipersilakan menyampaikan pendapatnya. Dari pendapat-pendapat tersebut maka akan tercipta pertukaran informasi dan analisis lebih dalam. Sehingga didapatkan data akurat tentang kondisi pasar.

 

4. Penyusunan dan Pelaporan

Setelah diskusi panjang saat Focus Group Discussion (FGD), hasil yang didapatkan terdiri dari beberapa solusi. Kemudian moderator menyampaikan terkait apa yang disetujui dan yang tidak disetujui, agar peserta diskusi menerima informasi dari pembahasan yang dilakukan.

Itulah empat hal yang dapat diperhatikan ketika ingin melakukan riset pasar menggunakan Focus Group Discussion (FGD). Riset pasar adalah salah satu hal yang perlu dilakukan oleh seorang pengusaha. Ketika Anda mulai menjadikan pelanggan dan pasar sebagai subjek atau tujuan utama, maka Anda akan mampu menemukan produk atau jasa yang tepat. Analisis yang dilakukan dalam Focus Group Discussion (FGD) bertujuan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan, sehingga perusahaan Anda dapat mengukur kemampuan dan membuat langkah yang tepat untuk memenuhi kebutuhan mereka.

 

Hubungi Akeyodia di 08112652244 atau 08112652210 untuk info training atau pelatihan, terutama terkait melatih tim Anda agar dapat melakukan riset pasar.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp