08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Keberadaan sumber daya manusia (SDM) dalam sebuah bisnis atau organisasi menjadi salah satu hal yang cukup berperan. Apapun jenis perusahaan dan seberapapun besarnya usaha Anda, ketika gagal mengelola SDM, maka keberlangsungan pengelolaan perusahaan juga akan terganggu. Untuk itulah perlu adanya perencanaan sumber daya manusia yang matang. Lalu apa saja manfaat perencanaan sumber daya manusia itu?

Tujuan dari perencanaan sumber daya manusia adalah untuk mengatasi masalah dengan tepat dan memperkirakan kebutuhan perusahaan di masa yang akan datang. Sedangkan manfaat perencanaan sumber daya manusia adalah:

#1. Pendayagunaan Sumber Daya Manusia

Manfaat perencanaan sumber daya manusia yang pertama adalah meningkatkan efektifitas dan efisiensi pendayagunaan sdm. Biasanya akan ada rumor mengenai kinerja salah satu karyawan yang kurang maksimal. Jika Anda seorang leader, maka perhatikan rumor tersebut karena bisa jadi Anda memang harus melakukan evaluasi SDM. Hasil dari evaluasi Anda bisa digunakan untuk memberikan target atau memberikan arahan tugas yang jelas pada mereka.

Hal inilah yang dimaksud dengan efektivitas, efisiensi, dan pendayagunaan SDM karena mereka akan ditempatkan pada posisi dan jabatan yang cocok dengan kemampunannya. Dengan penempatan yang tepat, maka akan menurunkan terjadinya konflik, meningkatkan kinerja SDM, dan perusahaan mampu mencapai tujuan dengan lebih optimal.

 

#2. Penghematan Biaya

Manfaat perencanaan sumber daya manusia yang kedua adalah dari segi meningkatkan penghematan biaya. Biaya memang perlu diperhatikan, karena jika beban biaya terlalu berat maka perusahaan dapat mengalami masalah keuangan. Untuk itu perlu adanya perencanaan SDM. Misalnya Anda perlu melakukan perencanaan mulai dari promosi kenaikan jabatan dan pemberhentian jabatan, sehingga tahu beberapa posisi kurang perlu di dalam perusahaan.

 

#3. Memetakan Sumber Daya Manusia

Manfaat perencanaan sumber daya manusia yang ketiga adalah Anda mampu memetakan SDM di perusahaan Anda. Perencanaan membuat Anda lebih tepat dan terarah dalam proses penempatan karyawan. Hal tersebut terjadi karena Anda tahu betul kemampuan karyawan sehingga nantinya mereka akan memiliki kinerja yang baik.

 

#4. Sistem Informasi Sumber Daya Manusia

Manfaat perencanaan sumber daya manusia yang keempat adalah adanya sistem informasi yang tepat dan akurat. Jadi ketika karyawan memiliki masalah atau kekurangan dapat langsung diatasi dengan baik. Begitu juga dengan karyawan yang memiliki kompetensi lebih, mereka juga bisa diberikan bagian dan kesempatan yang lebih baik.

 

#5. Koordinasi

Manfaat perencanaan sumber daya manusia yang kelima adalah meningkatkan koordinasi antar sumber daya manusia. Miss komunikasi antar divisi bukan hal yang sepele karena kerap menjadi masalah. Perencanaan SDM ternyata mampu mencatat setiap karyawan sehingga mereka akan lebih mengenal satu sama lain dari divisi yang berbeda, sehingga akan lebih mudah untuk mengkoordinasikan.

 

#6. Kebersamaan

Manfaat perencanaan sumber daya manusia yang keenam adalah menciptakan kebersamaan. Pelaksanaan perencanaan SDM membentuk kematangan emosi dan sikap masing-masing SDM sehingga menciptakan suasana kebersamaan dalam bekerja.

Itulah enam manfaat perencanaan sumber daya manusia yang dapat Anda terapkan di perusahaan Anda. Yuk mulai dari sekarang, agar perusahaan Anda berkembang lebih optimal

 




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis