08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Menjadi wirausahawan memang hak semua orang, namun terkadang para wirausahawan pemula belum jeli dalam menentukan usaha yang sesuai dengan kemampuannya. Khusus untuk Anda pekerja, mantan pekerja atau mahasiswa yang ingin menjadi wirausahawan, Anda perlu menentukan ide peluang usaha yang ingin Anda tekuni. Saat Anda sudah menemukan ide peluang usaha tersebut, maka akan lebih mudah memulai melangkah.

 

CARA MENCARI IDE PELUANG USAHA

Untuk menentukan bentuk usaha apa yang akan Anda lakukan, ada beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan:

 

Kenali Minat dan Keterampilan Diri

Anda pasti memiliki minat dan keterampilan yang baik di bidang-bidang tertentu. Misalnya keterampilan memasak, menjahit, pembukuan atau elektronik, maka keterampilan tersebut bisa dijadikan sebagai dasar untuk memulai usaha.

 

Ketersediaan Fasilitas Disekitar Anda

Misalnya rumah tinggal yang terlalu luas, atau rumah warisan orang tua yang tidak digunakan juga bisa menjadi peluang usaha. Anda dapat menjadikannya sebagai tempat kost atau guest house  dengan cara disewakan per kamarnya. Bisa juga jika memiliki kendaraan roda empat yang jarang dipakai, dapat disewakan kepada orang sehingga menghasilkan uang.

 

Kenali Problem atau Masalah yang Bisa Menjadi Peluang Usaha

Amati apa sebenarnya masalah yang dihadapi oleh setiap orang, sehingga dapat mengetahui apa sebenarnya keinginan dan kebutuhan mereka.  Setelah Anda mengetahui jawabannya, maka pikirkan bagaimana caranya agar Anda dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut.

Misalnya Anda tinggal di area sekitar sekolah, terdapat anak-anak sekolah membutuhkan alat-alat tulis dan aksesoris yang berhubungan dengan kegiatan belajar mereka yang bisa Anda sediakan.

 

Amati, Tiru dan Modifikasi Usaha Lain

Misalnya Anda ingin berjualan ayam geprek, karena disekitar Anda sudah ada yang sejenis, maka Anda bisa membuat varian yang tidak dimiliki oleh warung ayam geprek lainnya. Saat Anda berinovasi, bisa terkait rasa, variasi menu, maupun terkait sistem pelayanan. Semakin Anda kreatif dan bermanfaat, maka usaha Anda akan semakin diminati banyak orang.

 

SETELAH ADA IDE, LALU BAGAIMANA LANGKAH MEMULAI USAHANYA?

Setelah Anda mendapatkan ide-ide peluang usaha, Anda tidak serta merta bisa langsung menerapkannya, Anda pelu mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Setidaknya sebelum memulai menerapkan ide usaha Anda, pikirkan dan persiapkan juga langkah-langkah berikut ini:

  1. Ketahui target pasar Anda siapa nantinya.
  2. Siapa yang menjadi target pasar Anda
  3. Apakah calon konsumen Anda berjenis kelamin pria atau wanita
  4. Usia berapa saja yang diharapkan dapat menjadi konsumen Anda
  5. Apa saja pekerjaan mereka
  6. Berapa besar penghasilan mereka
  7. Apakah calon konsumen mampu untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan
  8. Siapa saja yang akan menjadi pesaing Anda dalam memperebutkan calon konsumen di pasar

 

Anda perlu melakukan riset terkait kedelapan langkah diatas sebelum Anda menerapkan ide usaha. Hal tersebut bisa meminimalisir Anda agar tidak bertindak gegabah atau terlalu cepat untuk membuka usaha. Jadi kunci sukses mencari ide peluang usaha sampai dengan langkah memulai usaha memang diperlukan strategi yang terstruktur untuk meminimalisir kegagalan Anda saat ingin memulai menjadi wirausahawan.

Jika Anda memiliki komunitas UMKM dan Komunitas wirausaha lainnya dan ingin mengundang kami sebagai pembicara, bisa berdiskusi dengan kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 / 08112652210.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp