08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Banyak yang ingin menjadi wirausahawan karena merasa bahwa menjadi wirausahawan dapat menentukan berapa penghasilan yang didapatkannya setiap hari ataupun setiap bulannya. Ada juga yang berpendapat bahwa dengan berwirausaha dia bisa menentukan kapan libur dan kapan bekerja untuk dirinya sendiri. Tidak salah jika Anda memiliki tujuan-tujuan tersebut, tetapi akan sangat kurang bijak jika impian Anda itu tidak diimbangin dengan perencanaan yang matang.

Pada artikel sebelumnya, sudah dibahas tentang “Kunci Sukses Mencari Ide Peluang Usaha Sampai dengan Langkah Memulai Usaha”. Perlu Anda ketahui, bahwa dari ide yang sudah dikumpulkan serta analisis langkah yang sudah Anda dapatkan, maka strategi paling vital selanjutnya adalah terkait perencanaan usaha. Sekarang Anda bisa belajar apa saja yang harus Anda persiapkan dalam perecanaan usaha.

 

 

APA YANG DIPERLUKAN DALAM PERENCANAAN USAHA?

Di tahap perencanaan usaha ini, ada beberapa hal yang harus Anda siapkan, yaitu: Value, Keunikan dan Iklan.

 

Value (Nilai)

Anda harus paham betul tentang produk yang Anda tawarkan dan manfaat yang dapat Anda berikan kepada konsumen. Anda harus memberi nilai lebih kepada produk Anda, sehingga saat calon konsumen memutuskan untuk membeli barang atau jasa yang Anda tawarkan, mereka mendapatkan manfaat dan keuntungan. Misalnya, jika Anda menjual jus buah dan sayur, maka selain untuk menghilangkan rasa haus, calon konsumen Anda juga akan merasa lebih sehat . Contoh dari beberapa value yang dapat Anda gunakan adalah : kualitas, garansi, rasa, kemasan, kegunaan, mudah diakses, kenyamanan, desain, dll.

 

Keunikan Produk atau Jasa

Keunikan adalah faktor utama yang membedakan produk atau jasa yang Anda tawarkan dari produk atau jasa yang ditawarkan oleh orang lain. Anda bisa mencari hal apa yang dimiliki dan tidak dimiliki oleh pesaing, misalnya terkait kualitas produk, tipe produk atau harga yang Anda tawarkan lebih kompetitif.

 

Iklan

Saat Anda membuat iklan, pastikan iklan yang akan Anda buat dapat menjawab keempat hal berikut :

  1. Apakah saat melihat iklan yang Anda buat, calon konsumen tahu akan adanya produk atau jasa yang Anda tawarkan?
  2. Apakah saat melihat iklan yang Anda buat, calon konsumen tertarik untuk mengetahui manfaat dan keuntungan yang akan mereka peroleh dari produk atau jasa yang Anda tawarkan?
  3. Apakah saat melihat iklan yang Anda buat, calon konsumen akan langsung bisa memutuskan untuk membeli?
  4. Apakah saat melihat iklan yang Anda buat, calon konsumen bisa dapat menemukan tempat Anda dengan mudah?

 

Jika pertanyaan-pertanyaan tersebut sudah terjawab oleh iklan Anda, maka calon konsumen juga akan memahami maksud yang Anda sampaikan dari iklan yang Anda buat. Pertanyaan selanjutnya muncul, dimana Anda akan beriklan? atau di mana sajakah target pasar Anda berada? Jika target pasar Anda adalah anak muda maka akan sangat wajar apabila Anda melakukan aktivitas iklan di daerah yang sarat dengan tempat berkumpul anak muda dan melalui sosial media.

Sekarang kita dapat mengetahui bahwa boleh saja jika ingin menjadi wirausahawan tetapi tanpa rencana, namun apakah Anda siap untuk gagal?

Cobalah untuk menganalisis dan mulai membuat perencanaan yang matang.

 

Jika Anda ingin belajar bersama komunitas UMKM dan Komunitas wirausaha lainnya dengan mengundang kami sebagai pembicara, bisa berdiskusi di telepon/WA ke nomor 08112652244 / 08112652210



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp