08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Untuk Anda yang bergerak dibidang pendidikan mungkin tidak asing dengan sosok Ki Hajar Dewantara. Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau Ki Hajar Dewantara dibesarkan di lingkungan keraton Yogyakarta, karena beliau merupakan putra GPH Soerjaningrat dan cucu dari Pakualaman III. Beliau bersekolah di Europeesche Lagere School (ELS), yang merupakan Sekolah Dasar pada zaman Belanda, dari sana beliau melanjutkan sekolah di STOVIA. Lalu apa hubungan beliau dengan kepemimpinan dan bisnis?

 

Konsep Kepemimpinan yang Paripurna

Sebelum membahas lebih lanjut, kita tahu bahwa kepemimpinan adalah konsep manajemen dalam kehidupan yang penting untuk diterapkan dalam kehidupan. Konsep filososif kepemimpinan oleh Ki Hadjar Dewantara ada tiga, yaitu Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tutwuri Handayani. Ketiga kalimat tersebut apabila diartikan adalah “di depan memberi teladan, di tengah memberi bimbingan, di belakang memberi dorongan”.

Apa hubungan filosofi kepemimpinan oleh Ki Hadjar Dewantara dengan bisnis? Dalam sebuah bisnis diperlukan hubungan antar manusia yang kokoh. Sebab kewibawaan pemimpin dan bagaimana cara dia pemimpin akan menentukan bagaimana jalannya bisnis yang dia kelola.

Sehingga dapat dikatakan bahwa konsep kepemimpinan Ki Hadjar Dewantara relevan diterapkan dalam bisnis dan perusahaan Anda. Hal ini didasari dari konsep kepemimpinan Ki Hadjar Dewantara yang merupakan konsep kepemimpinan paripurna. Artinya apa? Konsep kepemimpinan tersebut sudah mencakup seluruh aspek yang Anda perlukan sebagai seorang pemimpin.

 

#1. Ing Ngarsa Sung Tuladha

Ing Ngarsa Sung Tuladha memiliki makna jika seseorang yang berada di depan, harus dapat memberi contoh kepada orang di belakangnya. Artinya ketika Anda menjadi seorang pemimpin di perusahaan, maka harus dapat menjadi contoh yang baik bagi tim dan karyawan Anda. Tim Anda tidak hanya memperhatikan perilaku Anda secara pribadi, namun meliputi nilai-nilai budaya yang tertanam dalam diri Anda.

Contohnya tentang bagaimana cara Anda mengatasi masalah, komitmen terhadap perusahaan, hingga sikap saat memilih kepentingan bersama atau kepentingan pribadi. Semua akan di contoh oleh tim Anda atau orang yang mengikuti Anda. Jadi apapun bisnis Anda, ketika Anda ingin mengubah budaya kerja yang positif, maka berikan tim Anda contoh yang baik dari diri Anda sendiri.

Pemimpin yang bijaksana, karismatik, dan berwibawa lebih mudah menjalankan peran ini. Sebab Anda otomatis akan menginspirasi orang di sekitar Anda.

 

#2. Ing Madya Mangun Karsa

Ing Madya Mangun Karsa memiliki makna Anda yang berada di tengah harus mampu menempatkan diri dan menyemangati. Sebagai seorang pemimpin, ketika Anda berapa diantara tim Anda, Anda harus dapat memberi semangat, motivasi, dan energi. Tujuannya agar mencapai kinerja yang lebih baik lagi untuk perusahaan Anda.

Pemimpin harus dapat mengidentifikasi kebutuhan tim. Ketika kebutuhan terpenuhi, maka mereka akan termotivasi untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan.

 

#3. Tutwuri Handayani

Tutwuri Handayani mempunyai arti seorang pemimpin harus dapat memberikan dorongan dan arahan. Sebagai seorang pemimpin Anda harus mampu memberikan arahan pada agar sejalan dengan visi, misi, dan strategi yang ditetapkan.

 

Saling Berkaitan

Filosofi Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tutwuri Handayani saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Misalnya ketika Anda hendak menanamkan budaya kerja positif. Sebagai seorang pemimpin, Anda tidak dapat langsung Tutwuri Handayani, alias mendorong dan mengarahkan perilaku mereka. Anda hendaknya mampu memberikan contoh terlebih dahulu atau Ing Ngarsa Sung Tuladha. Anda perlu menerapkan budaya kerja yang positif tersebut sehingga dapat dicontoh oleh tim Anda.

Ketika Anda memberikan contoh, Anda dapat mengkomunikasikan nilai tersebut pada mereka dan memotivasi mereka untuk bergerak sejalan dengan nilai-nilai tersebut (Ing Madya Mangun Karsa). Ketika Anda sudah memberikan contoh perilaku, maka akan mudah bagi Anda untuk menyemangati mereka dan mendorong mereka menuju perilaku yang Anda inginkan.

Filosofi Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tutwuri Handayani merupakan filosofi kepemimpinan yang ideal bagi bangsa Indonesia. Sebab filosofi ini dilihat dari segi nilai-nilai asli budaya yang bangsa Indonesia miliki. Apakah Anda tertarik menerapkan filosofi ini dalam bisnis dan perusahaan Anda?

Anda dapat menghubungi Akeyodia di 08112652244 / 08112652210 untuk pelatihan kepemimpinan atau pelatihan tentang penanaman budaya perusahaan.

Simak juga pembelajaran: CARA AMPUH UNTUK MENONJOL DI DUNIA KERJA! – Eps 10




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis