08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Apabila saat ini Anda merasa galau karena bisnis lesu yang disebabkan daya beli masyarakat yang masih rendah. Kemudian Anda mulai berpikir bagaimana masa depan penjualan Anda tahun ini. Apakah sanggup meraih target yang ditetapkan? Apakah masih dapat bertahan hingga akhir tahun nanti? Pertanyaan tersebut dapat mengidentifikasikan bahwa Anda mulai galau tentang masa depan karir dan kelangsungan hidup Anda. Sebagai bisnis owner, apakah hal tersebut juga Anda alami?

 

Winning Team dan Whining Team

Bagaimana caranya agar kita tetap tegar menghadapi masa sulit ini? Kekuatan apa yang penting untuk seseorang agar sanggup mencapai cita-citanya? Pada masa sulit seperti ini, yang berperan terhadap gagal dan suksesnya sebuah tim adalah komitmen. Komitmen yang tinggi menjadi ciri pembeda antara winning team (tim pemenang) dengan whining team (tim pecundang).

Ketika Anda memiliki tim yang berisikan orang-orang pandai, ahli, dan berpengalaman, tetapi tidak memiliki komitmen dan semangat, dapat dipastikan semua kelebihan yang dimiliki tidak akan berfungsi.

Komitmen memiliki sisi yang unik dan dinamis, yaitu dapat naik dan juga turun. Ketika komitmen turun, dapat disebut Anda berada pada kondisi galau. Namun suatu ketika, komitmen juga dapat hilang tidak bersisa. Hilangnya komitmen biasanya terjadi karena hilangnya keyakinan terhadap masa depan bisnis yang dijalankan.

 

Membentuk Winning Team

Membentuk Winning team artinya Anda membentuk tim kerja yang akan bekerja sama sesuai dengan nilai-nilai yang sudah disepakati. Ada beberapa nilai yang dapat digunakan untuk membangun winning team. Antara lain:

 

#1. Memiliki Dedikasi Tinggi

Membentuk winning team adalah dengan menanamkan dedikasi tinggi pada tim Anda. Dedikasi yang pertama berupa kepatuhan terhadap kebijakan, prosedur, dan peraturan yang berlaku. Dedikasi yang kedua berupa komitmen pada standar kerja, kinerja, sasaran, dan pencapaian. Kepatuhan serta komitmen yang dipegang teguh akan meningkatkan kreativitas dan inisiatif individu dalam tim tersebut.

 

#2. Kepercayaan

Bagaimana membentuk kepatuhan dan komitmen dalam winning team? Tentunya dengan memupuk rasa saling percaya antara pimpinan dan anggota timnya. Ketika ada sedikit keraguan dan keengganan untuk bekerjasama, maka kepatuhan dan komitmen akan nampak tidak tulus. Kepercayaan antar anggota akan membentuk tim yang solid karena orang-orang di dalamnya akan bekerja secara nyaman tidak merasa saling menjatuhkan.

 

#3. Keadilan

Dalam sebuah winning team, poin penting selanjutnya adalah keadilan. Apabila salah satu orang memiliki persepsi ada ketidakadilan, maka ini sebuah tanda akan terjadi perpecahan. Dampaknya tentu akan melemahkan kepercayaan dalam diri tim Anda. Jadi syarat terbentuknya sebuah kepercayaan adalah azas keadilan yang diterapkan kepada semua anggota. Anda perlu melatih kepekaan terhadap bagaimana orang lain akan mempersepsikan keputusan Anda dan tindakan yang Anda ambil.

 

#4. Kebijakan yang Jelas

Membentuk winning team membutuhkan suatu kebijakan yang jelas dan dapat dipahami oleh semua anggota. Kebijakan yang Anda ambil harus dapat dipahami oleh semua tim tanpa menimbulkan salah penafsiran. Lakukan diskusi untuk mengetahui penafsiran mereka, agar dapat membuat keputusan berdasarkan informasi yang lengkap dan masuk akal.

 

#5. Integritas.

Winning team adalah tim yang memiliki kualitas kinerja yang baik. Hal ini diukur dari integrtitas dan keberhasilan pencapaian target yang telah dicapai. Tim yang dapat menyelesaikan tugas tepat waktu dan mampu mengelola sumber daya dengan efektif dan efisien-lah yang disebut winning team. Winning team akan tetap berjalan di jalur yang semestinya dengan taat azas dan taat aturan demi kemajuan perusahaan.

Membentuk Winning team tentu tidak dapat dilepaskan dari peran pemimpin yang mempunyai jiwa kepemimpinan yang baik. Pemimpin adalah nahkoda kapal yang akan membawa tim menuju satu tujuan. Seorang pemimpin harus dapat membentuk visi, membagi tugas secara proporsional, melakukan monitoring, melakukan evaluasi, hingga menerima umpan balik dari semua anggota. Pemimpin hendaknya dapat merangkul semua anggota timnya untuk maju guna mencapai tujuan bersama. Jadi jangan galau lagi dengan kelangsungan perusahaan Anda jika Anda sudah mampu membentuk Winning team.

Langsung kontak admin Akeyodia di 08112652244 / 08112652210 jika Anda membutuhkankan In house training tentang leadership atau training dengan tema lainnya.

Simak juga pembelajaran: INSPIRING QUOTES #41 – PARADIGMA TENTANG UANG DI MASYARAKAT! SALAHKAH?




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis