08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

The Pareto Principle (Prinsip Pareto 80/20) merupakan prinsip yang membantu hidup Anda lebih teratur dan juga dapat membantu pebisnis meningkatkan keuntungannya. The Pareto Principle (Prinsip Pareto 80/20) menyatakan untuk banyak kejadian dan banyak perkara, yaitu sebuah hal sebanyak 80% adalah efek yang disebabkan dari 20%. Apa contoh sederhana dalam bisnis dari The Pareto Principle (Prinsip Pareto 80/20)?

Misalnya 80% dari keluhan pelanggan Anda bisa saja muncul dari 20% produk/jasa yang tidak sesuai. Contoh sederhana lainnya dari The Pareto Principle (Prinsip Pareto 80/20) adalah 80% keuntungan, bisa saja disebabkan oleh penjualan dari 20% produk atau jasa. Sementara sisa 20% keuntungan, berasal dari 80% produk yang terjual.

Entah Anda pebisnis atau bukan, penting bagi Anda untuk memahami The Pareto Principle (Prinsip Pareto 80/20). Tujuannya tentu untuk melihat hubungan sebab-akibat dari berbagai lini. Mengapa justru banyak pebisnis yang menerapkannya? Karena pebisnis memahami kecanggihan The Pareto Principle (Prinsip Pareto 80/20) untuk meningkatkan keuntungan bisnis mereka.

The Pareto Principle

 

Tahu Prioritas, Bukan Berarti Tidak Penting

Sayangnya masih ada yang salah mengartikan The Pareto Principle (Prinsip Pareto 80/20) ini. Masih ada yang menganggap prinsip ini seperti hukum matematika yang rigid. Yaitu terlalu menganggap 20% sebagai yang paling penting, sementara 80%-nya dianggap tidak penting sama sekali.

The Pareto Principle (Prinsip Pareto 80/20) dicetuskan oleh Vilfredo Federico Damaso Pareto tahun 1906, dia merupakan filsuf dan ekonom dari Italia. Dia melakukan pengamatan dan menemukan fakta bahwa berbagai kejadian disebabkan oleh faktor 20%, yang berkontribusi pada 80% hasil. Dari prinsip ini, pebisnis dapat mengetahui pioritas dan fokus pada 20% hal yang bertanggung jawab atas 80% pendapatan mereka.

Sudah dijelaskan bahwa The Pareto Principle (Prinsip Pareto 80/20) adalah 80% hasil (result) berasal dari 20% usaha (effort). Ketika pebisnis memahami prinsip ini, dia dapat memprioritaskan faktor yang 20% untuk memberikan hasil terbaik. The Pareto Principle (Prinsip Pareto 80/20) membantu pebisnis mengidentifikasi aset terbaik, sehingga dapat menggunakannya secara efisien, guna menciptakan nilai yang maksimum.

 

Mencapai Sukses dalam Kehidupan

Anda pasti memiliki impian besar dalam hidup, untuk itu Anda dapat memulai untuk mewujudkan impian tersebut dengan langkah-langkah yang jelas. Ingatlah bahwa Anda memiliki berapa jam dalam sehari, berapa hari dalam satu bulan, dan seterusnya. The Pareto Principle (Prinsip Pareto 80/20) membantu Anda melihat langkah-langkah yang akan Anda lakukan dengan lebih terarah. Apakah Anda akan melakukan sedikit langkah namun mencapai hasil luar biasa, atau justru Anda diperbudak oleh banyaknya langkah-langkah yang Anda buat. Jadi, lihatlah sekarang, apa sajakah 20% dari pekerjaan Anda yang dapat mendorong 80% hasil optimal?

Untuk menerapkan The Pareto Principle (Prinsip Pareto 80/20) secara efektif, Anda dapat menetapkan sasaran dengan SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, and Timely). Tujuannya agar Anda dapat meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.

Misalnya Anda dapat menulis daftar rencana dan tujuan dalam hidup. Selanjutnya tanyakan pada diri Anda, ketika Anda hanya dapat mencapai salah satu dari daftar rencana dan tujuan dalam hidup itu, daftar mana yang memiliki dampak positif terbesar? Lanjutkan dengan tujuan kedua dan seterusnya. Ketika Anda sudah mendapatkan 20% rencana dan tujuan yang paling penting, Anda dapat berusaha dengan tepat untuk mewujudkannya.

Banyak orang yang justru tampak sibuk setiap hari, namun hasil yang diperoleh tidak banyak. Hal ini bisa saja disebabkan karena mereka sibuk mengerjakan tugas-tugas kecil, dan menunda satu atau dua pekerjaan yang justru hasilnya dapat membuat perbedaan nyata dikarier mereka.

Dalam The Pareto Principle (Prinsip Pareto 80/20), bisa jadi Anda disarankan untuk memilih dua dari sekian hal pekerjaan. Anda diajak untuk fokus pada hal yang lebih sedikit namun dapat memberikan hasil yang optimal.

The Pareto Principle (Prinsip Pareto 80/20), berguna untuk menentukan area mana yang akan menjadi fokus upaya dan sumber daya Anda untuk mencapai hasil yang optimal. Dengan memanfaatkan aturan 80/20, Anda dapat memprioritaskan tugas sehingga dapat fokus pada 20% (effort) yang akan menghasilkan 80% (result).

 

Game Akeyodia

Hubungi kami di 08112652244 atau 08112652210 untuk info training, motivasi, seminar, dan webinar.
Yuk ikut Game Cari Kata bersama Akeyodia, Masih ada 30 kata lagi yang bisa dibentuk lho! contoh :

Kata dengan 3 huruf : R-I-A

Kata dengan 4 huruf : R-A-T-A

Kata dengan 5 huruf : R-A-W-A-T

Kata dengan 6 huruf : B-A-T-A-R-A

The Pareto Principle game akeyodia




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp