08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Anda tentu ingin menciptakan relasi yang harmonis. Hal ini terjadi karena manusia tidak dapat hidup sendirian dan memerlukan hubungan yang baik dengan orang lain. Agar hubungan tersebut terjaga, terdapat nilai dan tata cara yang perlu dipahami bersama. Nilai dan tata cara hidup dalam bermasyarakat ini disebut sebagai etika. Ketika seseorang tidak menjunjung etika maka akan mudah terjadi perselisihan, persaingan tidak sehat, dan memperlambat sebuah proses pekerjaan.

Ketika Anda terjun ke dunia bisnis, Anda perlu mengikuti etika berbisnis yang baik agar mampu mengembangkan usaha dan tidak kehilangan peluang. Anda dituntut mampu memahami bagaimana etika berbisnis dan mempraktikkannya dengan sepenuh hati.

 

Serba Serbi Etika Bisnis

Etika bisnis merupakan cara menjalani bisnis yang meliputi aspek terkait dengan individu, dengan masyarakat, dan juga dengan perusahaan. Etika bisnis dapat menciptakan norma, nilai, hingga perilaku karyawan maupun pimpinan dengan tujuan membangun hubungan yang sehat dan adil. Etika bisnis adalah aturan tidak tertulis tentang cara menjalankan sebuah bisnis sesuai hukum yang berlaku. Etika bisnis menjadi standar dan juga pedoman dalam menjalankan pekerjaan setiap hari.

Etika bisnis menjadi sebuah pengetahuan mengenai tata cara yang ideal pada pengaturan serta pengelolaan bisnis. Namun semua itu tetap memerhatikan norma serta moralitas yang secara universal berlaku.

 

Prinsip Menjalankan Etika Bisnis

Berikut adalah lima prinsip yang bisa dijadikan pedoman perilaku dalam melakukan etika bisnis.

 

#1. Jujur

Prinsip jujur artinya menanamkan sikap di dalam bisnis ketika sesuatu yang dipikirkan merupakan sesuatu yang dikatakan. Selanjutnya sesuatu yang dikatakan itu menjadi sesuatu yang perlu dikerjakan. Prinsip jujur menjunjung kepatuhan dan komitmen pada perjanjian yang telah disepakati.

 

#2. Mandiri

Prinsip mandiri dalam berbisnis ini berpegang teguh pada kebebasan dan tanggung jawab. Ketika seseorang mandiri, artinya dia bisa memutuskan serta melakukan tindakan dengan dasar kemampuan sendiri dan apa yang telah diyakini. Dan ketika melaksanakannya, dia terbebas dari tekanan, pengaruh, maupun ketergantungan dengan orang lain.

 

#3. Simbiosis

Pada prinsip simbiosis dalam menjalani sebuah bisnis ini membutuhkan mutualisme. Artinya semua tindakan dan keputusan bisnis diusahakan untuk mampu memberikan keuntungan terhadap semua pihak yang terlibat.

 

#4. Adil

Prinsip adil dalam bisnis artinya sikap menganggap dan memperlakukan seluruh pihak tanpa membedakan apapun dan siapapun.

 

#5. Integritas

Prinsip integritas artinya tindakannya tidak memberikan kerugian pada orang lain terkait keputusan bisnis yang ditempuh. Prinsip ini bertumpu pada kesadaran bahwa semua individu berhak untuk dihormati harkat dan martabatnya.

 

Manfaat Penerapan Etika Bisnis

Menerapkan etika bisnis mampu memberikan beberapa manfaat, meliputi:

-. Manajemen yang lebih efektif: Karena penerapan etika bisnis dapat menciptakan kepatuhan pada aturan yang berlaku.

-. Kepatuhan: Adanya etika bisnis akan meningkatkan kepatuhan pada aturan yang berlaku di perusahaan.

-. Reputasi Meningkat: Ketika etika bisnis dijalankan dengan baik, maka suasana integritas di sebuah perusahaan juga akan meningkat.

Etika bisnis mempunyai peranan penting dan mampu memengaruhi kelancaran bisnis di sebuah perusahaan. Jadi selalulah menjalin hubungan baik dengan relasi kerja agar bisnis berkembang lebih optimal.

Hubungi tim akeyodia di 08112652244 / 08112652210 jika Anda ingin menanamkan etika bisnis dan budaya kerja di perusahaan Anda.

Simak juga pembelajaran: SOCIAL NETWORKING UNTUK PENGEMBANGAN KARIR? MASA SIH?! – Eps 5




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp