08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Sudahkah Anda menyaksikan serial Squid Game? Serial asal Korea Selatan Squid Game yang rilis pada 17 September 2021 tersebut akhir-akhir ini menjadi perbincangan dan viral. Squid Game yang digarap oleh sutradara Hwang Dong-hyuk saat ini menduduki peringkat pertama chart Netflix di Amerika Serikat. Serial Squid Game juga mendapatkan banyak respons positif dari para penikmat film baik dari alur ceritanya maupun penokohannya.

Squid Game menceritakan tentang permainan bertahan hidup demi mendapatkan sejumlah uang. Meski genre Squid Game termasuk action thriller survival drama, namun ada beberapa pelajaran bisnis dan keuangan yang dapat Anda ambil. Apasajakah pelajarannya, simak pembahasan berikut:

 

#1. Bagaimana Pendapat Anda tentang Berhutang?

Dasar permasalahan yang diangkat dalam Squid Game adalah mengenai hutang. Hutang yang menumpuk hingga tidak sanggup membayarnya menjadi alasan para peserta untuk mengikuti Squid Game. Ini menjadi pelajaran pertama dari serial Squid Game bahwa penting bagi Anda untuk mengelola keinginan. Ketika Anda belum memiliki pendapatan tetap, sebaiknya hindari berutang apalagi untuk hal-hal konsumtif. Berhutang hanya akan memberikan Anda beban pengeluaran tambahan setiap bulannya.

 

#2. Bagaimana Kemampuan Pengelolaan Keuangan Anda?

Pelajaran penting lain dari Squid Game adalah bagaimana Anda harus jeli dalam mengatur keuangan. Apapun usaha dan pekerjaan Anda saat ini, kemampuan mengatur keuangan tentu amat diperlukan. Meskipun Anda memiliki pendapatan besar, namun jika kemampuan mengatur keuangan buruk maka Anda akan menjadi orang yang konsumtif dan boros. Untuk itu atur keuangan Anda dengan memprioritaskan kebutuhan dasar, investasi, dan dana darurat.

 

#3. Apakah Anda Hanya Memiliki Satu Sumber Penghasilan?

Pada Squid Game, ada tokoh utama Bernama Seong Gi Hun. Seong Gi Hun dulunya merupakan seorang karyawan. Tetapi ada suatu hal yang menjadikan dia diberhentikan dari pekerjaanya. DIa kemudian nekat mengikuti Squid Game karena terlilit hutang. Dari Squid Game, kita mengetahui bahwa bergantung pada satu sumber penghasilan saja bukan hal yang bijak.

Selain sebagai karyawan, ada baiknya Anda juga memiliki sumber penghasilan lain. Anda dapat membangun bisnis sampingan sesuai dengan hobi atau passion yang Anda miliki. Jadi ketika tiba-tiba Anda diberhentikan dari tempat kerja, Anda masih memiliki sumber penghasilan lain.

 

#4. Apakah Anda Memiliki Dana Darurat?

Melalui Squid Game, Anda dapat belajar tentang mengapa memiliki dana darurat itu perlu. Ketika Seong Gi Hun diberhentikan dari pekerjaannya, dia memiliki hutang yang banyak dan sekaligus ibunya yang sakit membutuhkan uang untuk operasi.

Squid Game mengajak kita untuk memikirkan kebutuhan kita jangka panjang dengan memiliki dana darurat. Ketika Anda tiba-tiba berhenti bekerja atau ada kejadian tidak terduga, dana darurat dapat menolong Anda dengan mencukupi kebutuhan selama Anda berusaha atau mencari pekerjaan baru.

 

#5. Apakah Benar Sumber Kebahagiaan Manusia Adalah Uang?

Squid Game mengangkat permasalahan tentang keuangan, bagaimana ketika tidak memiliki uang dan bagaimana jika uang terlalu berlebihan. Secara tersirat Squid Game bercerita bagaimana seseorang mencari kebahagiaan dalam hidupnya, meskipun kita tahu bahwa kebahagiaan satu orang dengan yang lainnya berbeda. Ketika Anda menyimak Squid Game sampai akhir, Anda akan diberikan fakta bahwa uang bukanlah satu-satunya sumber kebahagiaan.

Anda tentu ingat quotes Oh Il Nam, yang juga merupakan pencipta permainan Squid Game dan merupakan orang terkaya di dalam serial Squid Game. Dia mengatakan, “Jika punya banyak uang, apa pun yang kamu beli akan berujung membosankan”. Jadi cek dalam diri Anda, apa yang benar-benar membuat Anda bahagia?

Berikut adalah lima hal dalam serial Squid Game yang dapat dipelajari, yang kaitannya dengan keuangan dan bisnis. Terlepas dari banyaknya trik dan cara kotor yang juga para peserta Squid Game gunakan untuk menang, tapi kita juga akan belajar tentang bagaimana menjadi manusia yang baik dari peserta Squid Game lainnya. Serial Squid Game menjadi perbincangan yang tiada habisnya di sosial media. Tidak hanya dari sisi keuangan dan bisnis, tetapi dari sisi psikologi dan kemanusiaan semua dapat diambil pelajaran.

Serial Squid Game meledak dan diterima oleh masyarakat karena banyak yang merasa saat ini sedang berada disituasi yang sama. Di mana uang menjadi hal yang juga turur diperjuangkan di tengah-tengah pandemi. Terlepas dari itu, Squid Game tetaplah sebuah tontonan, ambil hal baik yang dapat Anda praktikkan dan jadikan hal buruk sebagai pengingat diri untuk menjadi orang yang lebih baik.

Hubungi Akeyodia di 08112652244 atau 08112652210 untuk info webinar, training, motivasi, seminar, dan coaching.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp