08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Hal yang membuat seorang wirausahawan bahagia ialah melihat bisnisnya bertumbuh, mampu meraih banyak pelanggan, dan selangkah lebih maju dalam menghadapi pesaing. Terkadang ketika sudah berhasil meraih pelanggan lokal, Anda mulai berpikir untuk masuk ke pasar yang lebih besar, bahkan mengarah ke pasar internasional.

Hal ini didasarkan pada pertumbuhan penduduk dan semakin banyaknya kemudahan untuk menjangkau pasar luar negeri. Jika Anda berkeinginan melebarkan sayap usaha, Anda perlu perencanaan yang tepat dan matang.

Untuk masuk ke pasar yang lebih besar, tentu Anda akan menghadapi berbagai tantangan. Lalu bagaimana cara membangun bisnis di pasar global dengan tepat?

 

#1. Lakukan Observasi

Cara pengusaha menghadapi globalisasi adalah turut serta di dalamnya. Namun yang perlu dipahami adalah, apakah Anda sudah melakukan observasi dan penelitian guna memahami dampak apa saja dari langkah bisnis yang Anda ambil?

Anda perlu memahami perilaku budaya negara target pasar Anda, kelayakan bisnis di negara tersebut, aturan, regulasi dan lain sebagainya. Anda dapat mengunjungi negara tersebut, berinteraksi dengan warga negara target pasar Anda, berkonsultasi dengan pihak berwenang, atau bisa juga mempelajari pola dan kondisi bisnis melalui internet. Pelajarilah dan catat apa saja yang perlu Anda sesuaikan untuk produk Anda.

 

#2. Membentuk Sebuah Tim

Cara pengusaha menghadapi globalisasi adalah dengan membentuk tim yang solid. Bahkan terkadang Anda perlu menyewa tim lokal, alasanna tentu saja karena merekalebih memahami negara mereka. Hal ini berdampak positif bagi bisnis Anda, selain untuk menanamkan sikap positif terhadap bisnis Anda hal tersebut tentu juga akan menghemat waktu Anda. Contohnya, Anda dapat bekerja sama dengan konsultan lokal negara tersebut untuk memandu dalam pengambilan keputusan.

 

#3. Menjalin Relasi dengan Pebisnis Pokal

Cara pengusaha menghadapi globalisasi adalah dengan membangun hubungan baik dengan para pebisnis lokal. Ketika Anda memutuskan masuk di suatu negara, akan ada kecenderungan penolakan dari perusahaan yang melihat Anda sebagai pesaing. Anda harus siap dengan resiko ini karena memperluas bisnis artinya Anda sudah harus bertarung dengan merencanakan tujuan jangka panjang maupun jangka pendek.

 

#4. Pelajari Sistem Regulasi

Cara pengusaha menghadapi globalisasi adalah dengan memelajari sistem hukum dan aturan yang berlaku di setiap negara. Anda harus mencari dokumen dengan benar dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh lembaga pemerintah.

 

#5. Pemasaran dan Layanan

Cara pengusaha menghadapi globalisasi harus siap dengan pemasaran dan layanan. Ketika izin dan dokumen sudah lengkap, Anda dapat memasarkan produk Anda secara global melalui internet atau lainnya. Buat pelanggan mengenal dan mudah memesan produk Anda. Dan yang paling penting, produk dan layanan yang Anda tawarkan harus berkualitas tinggi.

Berikut lima cara pengusaha menghadapi globalisasi. Apakah Anda sudah siap? Yuk mulai persiapkan dari sekarang! Mulailah cek izin usaha Anda, jika belum lengkap, segera lengkapi.

 

Dokumentasi Webinar Bersama PLUT KUMKM Kabupaten Sukoharjo

Beberapa waktu lalu Akeyodia bekerja sama dengan PLUT KUMKM Kabupaten Sukoharjo mengadakan webinar dengan tema “Set your Goals and Make it happen: Resolusi Terbaik untuk Binis Anda”. Webinar ini dilaksanakan pada Senin, 14 Maret 2022 dengan Bapak Yoko sebagai moderator (Kunsultan PLUT KUMKM Kabupaten Sukoharjo).

 




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis