08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Tentu Anda sudah familiar dengan istilah “Sultan” dalam pembicaraan sehari-hari di media sosial. Memang banyak bermunculan kata-kata gaul di media sosial. Kata “Sultan” sendiri diucapkan saat menanggapi orang yang memiliki kehidupan mewah dan memiliki barang-barang branded. Semua pasti pernah membayangkan memiliki banyak uang, mampu belanja apapun tanpa memikirkan harga.

Keinginan dan impian tersebut sebetulnya dapat diwujudkan, terutama bagi orang yang mau berusaha. Menjadi kaya atau menjadi sukses itu membutuhkan proses alias tidak instan. Semua orang ingin menjadi “Sultan”. Lalu bagaimana caranya menjadi “Sultan” apa lagi saat masih muda?

 

#1. Bijak Mengelola Penghasilan

Caranya menjadi “Sultan” yang pertama adalah mengelola penghasilan dengan bijak. Mengatur keuangan yang paling mudah yaitu dengan prinsip 4:3:2:1. Maksudnya 40-persen penghasilan untuk mencukupi kebutuhan pokok sehari-hari. 30-persen untuk kewajiban, misalnya pinjaman, hutang, atau lainnya. Lalu sisanya 20-persen untuk investasi dan 10-persen untuk beramal atau bersedekah.

 

#2. Menekan Keinginan Konsumtif

Orang kaya saja dapat habis uangnya jika terus berbelanja tanpa perencanaan.  Apalagi Anda yang memiliki penghasilan terbatas. Caranya menjadi “Sultan” yang kedua adalah mampu membuat prioritas. Jika Anda ingin dapat menyisihkan uang untuk ditabungan dan diinvestasi lebih banyak, maka buat prioritas belanja. Belanjalah sesuai kebutuhan Anda dan bukan berdasarkan keinginan semata. Terkadang memang ada orang yang tidak sengaja menghabiskan uang untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan.

 

#3. Memilah Gaya Hidup

Tidak sedikit anak muda zaman sekarang suka nongkrong di café dengan teman-temannya. Bukan berarti tidak boleh nongkrong atau harus berdiam diri di rumah. Tetapi Anda juga perlu memikirkan masa depan. Jika memang nongkrong tersebut menambah relasi bisnis atau belajar saham misalnya, tentu tidak masalah. Hal tersebut tentu mendukung keinginan Anda untuk menjadi “Sultan”. Tetapi jika nongkrong tersebut hanya membuat semakin banyak pengeluaran, maka pertimbangkan lagi kegiatan Anda tersebut.

 

#4. Belajar Tepat Berinvestasi

Saat Anda memutuskan ingin menjadi “Sultan, maka jangan hanya fokus menabung, tapi belajarlah juga cara tepat berinvestasi. Jika menabung hanya memberikan tingkat bunga yang minim dan memberi kesempatan uang berkurang karena inflasi. Maka investasi justru membuka peluang memperoleh keuntungan dan dapat mengalahkan laju inflasi.

 

#5. Mencari Penghasilan Tambahan

Banyak yang merasa cukup puas karena memiliki gaji tetap dan besar. Apakah cukup untuk menjadi “Sultan?” Jika Anda berkeinginan melipatgandakan pemasukan, maka cari penghasilan tambahan tanpa mengganggu pekerjaan utama. Anda dapat mencari pekerjaan sampingan sesuai passion seperti berbisnis, jualan online, persewaan, atau lainnya. Terkadang malah penghasilan dari pekerjaan sampingan jauh lebih besar dibanding pekerjaan utama.

Siapapun bisa menjadi “Sultan”, termasuk Anda. Asal Anda mampu mengatur keuangan dengan cerdas dan mau belajar. Sebab dalam meraih kesuksesan tidak sehari saja prosesnya. Untuk sukses, Anda perlu melewati proses dan tantangan yang tidak sebentar. Perlu kedisiplinan dan kebiasaan positif mulai dari kebiasaan terkecil. Karena setiap usaha, meski sekecil apapun tentu akan memberikan dampak pada tingkat kesuksesan Anda di masa depan.

 

Kenal Akeyodia?

Langsung saja telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik menyelenggarakan Training, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, dan konsultasi.

Simak juga pembelajaran: BANGUN SOCIAL NETWORKING DI MANAPUN! CARANYA? – Eps 6

 




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp