08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Anda tentu paham jika seorang wirausahawan seolah-olah perlu memiliki keharusan berpikir inovatif. Sayangnya, kadang-kadang masih banyak yang menganggap bahwa menjadi wirausahawan adalah pekerjaan mudah, waktu fleksibel, mandiri, dan berpenghasilan melebihi UMR. Padahal, ada proses yang penuh drama demi mencapai kemudahan itu.

Nah, salah satu hal yang perlu dimiliki wirausahawan adalah dapat berpikir inovatif. Berfikir inovatif ini diperlukan mulai dari sebelum dan selama menjalankan usaha demi menghadapi dinamika bisnis. Untuk berpikir inovatif ternyata diperlukan latihan dan diperlukan proses. Jadi simak cara untuk mengembangkan upaya berpikir inovatif dalam berwirausaha berikut ini agar Anda lebih mantap menjalankan usaha.

 

#1. Perkuat Motivasi

Cara untuk mengembangkan upaya berpikir inovatif dalam berwirausaha tentu dengan memperkuat motivasi diri. Motivasi menjadi variabel dalam mendorong Anda dalam berperilaku untuk memenuhi kebutuhan. Agar Anda dapat berfikir inovatif demi membangun usaha yang berkelanjutan, hingga mendapatkan penghasilan sesuai harapan, maka carilah motivasi terbesar dalam diri Anda. Saat Anda memiliki motivasi tinggi, Anda akan selalu siap menghadapi dinamika, masalah, dan halangan yang terjadi dalam usaha.

 

#2. Memahami Pasar dan Keunikan Usaha yang Dimiliki

Cara untuk mengembangkan upaya berpikir inovatif dalam berwirausaha selanjutnya berhubungan dengan mengenal siapa pasar yang dibidik. Ketika seorang wirausahawan mampu mengenal dan memahami siapa pasarnya, maka dia akan terlatih untuk berfikir inovatif. Terutama untuk mewujudkan produk atau jasa guna memenuhi kebutuhan pasar dan menyelesaikan masalah yang dihadapi pasar. Dalam memahami pasar, Anda perlu belajar, melakukan riset, dan berpikir dari sudut pandang pasar.

Meskipun saat ini kiat-kiat mempromosikan produk hampir sama karena didukung digitalisasi yang berkembang, tetapi tetap saja setiap usaha memiliki pasar yang berbeda-beda. Sebagai seorang wirausahawan, teruslah belajar  mempelajari kebutuhan pasar, mulai dari bagaimana pola konsumsinya serta keunggulan dan kelemahan usaha sejenis lainnya. Dari sini Anda akan terus terpicu untuk berpikir inovatif dan mengembangkan usaha.

 

#3. Melakukan Evaluasi

Cara untuk mengembangkan upaya berpikir inovatif dalam berwirausaha tidak terlepas dari terus melakukan evaluasi. Evaluasi akan membantu Anda untuk memahami kekurangan, kelebihan, dan target yang belum dicapai. Setelah melakukan evaluasi, lakukan riset secara berkala guna memahami perkembangan kompetitor dan pasar.

 

#4. Belajar

Cara untuk mengembangkan upaya berpikir inovatif dalam berwirausaha juga bisa didapatkan dari belajar. Berpikir inovatif dapat timbul ketika seseorang mendapatkan solusi-solusi yang baru dan kreatif dari sebuah permasalahan yang dihadapinya. Berpikir inovatif dapat dimunculkan ketika Anda mampu membaca dan menganalisis peluang yang muncul. Sedangkan kepekaan menganalisis peluang bisa didapatkan ketika Anda memiliki banyak referensi dan keilmuan. Semua itu bisa Anda dapatkan melalui belajar, entah itu membaca buku, mengikuti webinar, ikut dalam pelatihan, atau bergabung dalam grup wirausahawan.

 

#5. Fokus dan Optimis

Cara untuk mengembangkan upaya berpikir inovatif dalam berwirausaha akan muncul ketika Anda fokus dalam menjalani usaha. Ketika Anda sedang menjalankan usaha A, maka lakukan pemahaman secara menyeluruh. Mulai dari memahami pasar, branding, pemasaran, dan sebagainya. Ketika Anda sudah yakin bahwa pemahaman yang Anda lakukan pada usaha yang Anda bangun sudah menyeluruh, maka percaya dirilah dalam menjalankan usaha. Optimis menjadi elemen yang perlu dimiliki wirausahawan untuk dapat mengembangkan diri, mengembangkan usaha, dan sekaligus sebagai upaya mengembangkan pola berpikir inovatif.

 

#6. Hilangkan Stress dalam Diri Anda

Ketika Anda stress berpikir saja sulit, apalagi harus mencari cara untuk mengembangkan upaya berpikir inovatif dalam berwirausaha. Untuk menghilangkan stress dalam diri Anda, maka simak poin-poin berikut ini:




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis