08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Tidak sedikit perusahaan yang selalu rutin memberikan pelatihan kepada karyawan mereka demi meningkatkan kualitas mereka. Pelatihan kepada karyawan diselenggarakan guna meningkatkan performa kerja, sehingga meningkatkan produktivitas. Ketika perusahaan atau usaha Anda memiliki orientasi jangka panjang, maka pelatihan setiap divisi baik secara individu ataupun personal tentu diperlukan.

Dengan adanya pelatihan kepada karyawan, maka efektifitas dan efisiensi perusahaan akan terjaga dan karyawan akan meningkat keterampilannya, kemampuan berinovasi, serta keahlian lain di dalam bekerja.

Lalu bagaimana jika usaha Anda masih skala UMKM dan belum memiliki banyak tim? Sebenarnya bukan seberapa besar dan seberapa banyak tim Anda. Pelatihan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas diri tetap diperlukan baik untuk tim maupun untuk Anda sebagai bisnis owner. Jadi apakah Anda sudah rutin mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dalam berbisnis?

 

Cara Mengelola SDM yang Efektif dan Efisien

Baik perusahaan maupun sebuah usaha, pasti akan mengedepankan kualitas pengelolaan SDM. Salah satu cara mengelola SDM yang efektif dan efisien adalah dengan mengikuti pelatihan atau malah mengadakan pelatihan sendiri setiap bulan.

Pelatihan akan memberikan pengaruh besar untuk Anda pribadi serta bisnis yang Anda jalankan. Anda memiliki banyak cara mengelola SDM yang efektif dan efisien, antara lain:

 

-. Meningkatkan Keterampilannya

Cara mengelola SDM yang efektif dan efisien adalah dengan meningkatkan keterampilannya. Pelatihan peningkatan keterampilan tentunya juga harus disesuaikan dengan kemajuan zaman, perubahan tren pasar, kemajuan dinamika bisnis, dan perkembangan teknologi. Anda dan tim Anda perlu menyesuaikannya keterampilan yang dimiliki dengan perkembangan yang ada.

 

-. Meningkatkan Profesionalisme

Cara mengelola SDM yang efektif dan efisien adalah dengan meningkatkan profesionalisme mereka. Pelatihan untuk meningkatkan profesionalisme bisa dilakukan dengan mengadakan program pelatihan kepemimpinan, mentoring, coaching, dan lainnya.

 

-. Meningkatkan Kualitas Kerja

Cara mengelola SDM yang efektif dan efisien tentu dengan meningkatkan kualitas kerja. Pelatihan tentang peningkatan kualitas kerja bisa terkait rekruitmen, pemeliharaan sarana dan prasarana kantor, penyimpanan sarana dan prasarana pabrik, dan sebagainya.

 

-. Meningkatkan Solidaritas Tim

Cara mengelola SDM yang efektif dan efisien dapat dilakukan dengan pelatihan tentang peningkatan hubungan kerja tim. Program pelatihan secara tim dapat membuat setiap karyawan lebih erat, akrab, dan meningkatkan solidaritas kerja. Dengan meningkatnya solidaritas tim maka suasana perusahaan akan lebih kondusif.

 

Metode Mengelola SDM yang Efektif dan Efisien

Setelah mengetahui cara mengelola SDM yang efektif dan efisien, Anda membutuhkan metode pelatihan yang tepat. Berikut merupakan metode pelatihan yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan perusahaan Anda:

 

-. Melakukan Demonstrasi

Metode pelatihan yang dapat dilakukan pertama adalah melakukan demonstrasi. Metode demonstrasi ini caranya leader memperagakan kegiatan, praktik, atau cara kerja suatu alat. Metode ini sederhana dan efektif untuk dilakukan karena tim atau karyawan akan langsung memahami karena benar-benar diajarkan.

 

-. Seminar dan Diskusi

Metode pelatihan yang dapat dilakukan kedua adalah dengan menggunakan ruang khusus, mengadakan seminar, dan diakhiri dengan sisi tanya jawab. Karyawan Anda akan diberikan penjelasan secara teori agar mendapatkan ilmu yang diperlukan. Metode ini bertujuan agar karyawan mampu memecahkan masalah secara efektif.

 

-. Outbound

Metode pelatihan yang dapat dilakukan adalah dengan outbound. Outbound dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas SDM tim Anda sekaligus membangun solidaritas tim. Mereka akan belajar bagaimana memecahkan masalah dengan tepat dan juga dapat meningkatkan loyalitas tim melalui interaksi.

Apakah saat ini Anda sudah menemukan cara mengelola SDM yang efektif dan efisien untuk perusahaan dan tim Anda? Jika masih kebingungan menentukan tema yang tepat dan pelatihan yang tepat, Anda dapat menghubungi kami di 08112652210 atau 08112652244. Kami akan dengan senang hati membantu Anda untuk merumuskan pelatihan yang sesuai dengan Goal perusahaan Anda.

 

Dokumentasi Pertemuan Rutin


Berikut adalah dokumentasi pertemuan rutin dengan rekan-rekan dari Program Wirausaha Binaan Bank Indonesia (WUBI) Jawa Timur Tahun 2021. Ada Usaha Olahan Telur Asin (SabiQ), Usaha Olahan Bawang (Bawang Goreng Hunay), Usaha Web Development (Intive Studio), Usaha Ecoprint, Shibori dan Batik Sabda, Usaha Minuman Nila Lontar (Legend Trend), serta Usaha Brownies dan donat.

Selain itu juga ada Usaha Sambal Goreng Ikan Teri (Dapur Fizzul), Usaha Bumbu Masak Instan (Dapur Keinda), Usaha Spiritus Jely dll, Usaha Healthy drink, Usaha Aksesoris Kalung batu alam Amaopi, Usaha Kasur rasfur/bulu karakter, Usaha Mebel atau furnitur, dan Usaha Roti cinnamon roll.

 




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis