08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Semua orang dapat membangun bisnis, apalagi ketika mereka memiliki modal untuk memulainya. Tidak cukup hanya membangun bisnis, tetapi mampukah mereka membangun bisnis hingga berjalan dengan baik? Hal yang mereka perlu garis bawahi adalah dalam bisnis tidak hanya modal, tetapi banyak komponen yang diperlukan untuk mengatur pencapaian tujuan dan meraih keuntungan. Sebuah bisnis akan berjalan dengan baik ketika sistem di dalamnya juga berjalan dengan baik. Sistem di sini tentu saja berhubungan dengan semua cara manajemen bisnis serta inovasi bisnis.

 

Apa Itu Manajemen Bisnis?

Manajemen bisnis adalah proses perencanaan sampai pengendalian semua kegiatan usaha. Semua hal tersebut dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya dan komponen yang ada di dalam perusahaan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Tentu saja dalam sebuah perusahaan terdapat banyak komponen yang setiap bagian komponen tersebut memiliki manajemen atau pengaturan yang berbeda. Sebelum membahas cara manajemen bisnis, alangkah baiknya Anda tahu bahwa ada empat macam manajemen bisnis secara umum, antara lain:

 

-. Manajemen Sumber Daya Manusia

Akan banyak pekerja yang terlibat secara langsung di dalam perusahaan. Oleh sebab itu diperlukan sistem manajemen untuk mengatur sumber daya manusia agar tidak terjadi kekacauan.

 

-. Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan berbicara tentang semua hal terkait keuangan mulai dari arus masuk dan keluar, penjualan, piutang, dan lainnya perlu dibuat catatan agar mudah dalam pelaporan dan pemeriksaan.

 

-. Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran berperan penting dalam  menentukan aneka strategi agar produk yang dikeluarkan perusahaan dapat diterima dan menarik perhatian pasar.

 

-. Manajemen Operasional

Manajemen operasional berhubungan dengan produksi, pembuatan barang baku sampai ke mesin dan listrik, serta semua hal terkait kegiatan sehari-hari.

 

Bagaimana Cara Manajemen Bisnis yang Baik?

Berikut cara manajemen bisnis yang dapat diikuti untuk membantu Anda menjalankan usaha.

 

1. Deskripsi Kegiatan Usaha

Cara manajemen bisnis yang baik pertama adalah diskripsi kegiatan usaha. Deskripsikan bisnis Anda secara jelas, sehingga mampu dipahami oleh semua orang secara mudah. Mulai dari menetapkan tujuan, visi, misi, dan value perusahaan. Selain itu jangan lupa deskripsikan bentuk produk, apa yang ditawarkan dan dijual, kerugian dan keuntungan, harga yang dipatok, biaya produksi sampai biaya operasional, lokasi bisnis, konsep, target pasar, keunggulan, dan sistem kerja.

2. Strategi Pemasaran

Menetapkan strategi pemasaran juga menjadi salah satu cara manajemen bisnis yang baik, dalam melakukan strategi pemasaran ada 3 hal yang perlu Anda ketahui:

-. Tentukan Target Pasar

Anda dapat menggunakan strategi Segmentasi, Target, dan Posisi Produk (STP) untuk mencari tahu segmen dan target konsumen bisnis Anda. Selanjutnya sesuaikan produk Anda untuk setiap kebutuhan dan keinginan mereka.

-. Marketing Mix

Pebisnis banyak yang melupakan pembahasan dasar marketing mix Products, Place, People, Price, Promotion, Process, dan Physical Evidence atau yang biasa di singkat Marketing Mix 7P.

-. Marketing Tools

Marketing tools menjadi alat promosi, pemantau, sekaligus evaluasi dalam mengembangkan bisnis. Sesuaikan marketing tools berdasarkan kebutuhan dan anggaran bisnis agar pengunaannya tidak merugikan perusahaan Anda.

 

3. Karyawan Profesional

Ketika bisnis semakin besar dan berkembang, cara manajemen bisnis juga diterapkan pada manajemen perekrutan karyawan baru yang berkompeten.

Anda perlu tools untuk menemukan karyawan yang berkualitas agar mampu bekerja dan mampu mencapai tujuan manajemen usaha.

 

4. Perencanaan Keuangan

Cara manajemen bisnis yang baik juga mencakup perencanaan keuangan yang tepat. Atur kas atau keuangan perusahaan agar cashflow perusahaan sehat. Ketika manajemen pembukuan baik dan benar, maka bisnis Anda akan berjalan dengan baik.

 

5. Teknologi Untuk Bisnis

Penggunaan teknologi terbaru juga menjadi cara manajemen bisnis yang baik karena akan mempermudah bisnis. Teknologi dapat digunakan sebagai fungsi manajemen pengendalian atas operasional perusahaan (Controlling).

Apakah perusahaan Anda memiliki kendala pada cara manajemen bisnis atau pada tim marketing? Segera hubungi Tim Akeyodia di 08112652244 atau 08112652210 untuk bertanya terkait program training sales & marketing.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis