08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Apa rahasia di balik bisnis yang berhasil? Ada banyak faktor pendukungnya, misalnya SDM yang berkualitas dan komitmen tinggi, manajemen operasional yang baik, rencana anggaran yang matang, waktu yang tepat untuk menjangkau pasar, dan tentunya tidak menyerah untuk memberi inovasi terbaik. Sebaliknya, apa alasan utama mengapa bisnis gagal? Bukan hal yang perlu ditakuti, tapi ini adalah keniscayaan agar setiap entrepreneur belajar hal berharga. Atau mungkin Anda memiliki pendapat lain?

 

Mengapa bisnis gagal?

Kalau tentang fakta bahwa ‘di balik kegagalan ada pembelajaran berharga’, itu mungkin Anda sudah tahu sejak dulu. Tapi izinkan kami bertanya, jika Anda pernah mengalami masalah kegagalan dalam proses bisnis, apakah Anda penyebabnya? Boleh saja Anda mendaftar alasan-alasan dari A-Z, sampai pada faktor keberuntungan yang kadang tidak terprediksi.

Alasan mendasar yang biasa terjadi adalah produk atau layanannya belum sesuai dengan kebutuhan pasar. Bahkan saat terlalu optimis tentang betapa mudahnya untuk mendapatkan pelanggan, ini justru bisa menjadi salah satu tantangan baru. Inilah pentingnya riset dan pemetaan konsumen sebelum mulai beroperasi.

 

Manajemen yang memengaruhi banyak hal lain

Bagaimana dengan manajemen operasional, SDM, cashflow, serta strategi promosi yang dilakukan? Pada akhirnya semua faktor itu tidak terlepas dari aspek manajemen. Ketika berbicara tentang manajemen, kita mungkin merujuk pada aspek yang sangat berbeda. Manajemen dari segi orangnya maupun dari segi prosesnya. Kita bisa bicara tentang orang-orang yang merupakan manajer, terutama orang-orang di posisi strategis yang membuat keputusan penting bagi organisasi. Kita pun bisa merujuk pada kegiatan dan fungsi manajemen untuk mencapai tujuan organisasi.

Selain hal teknis, masalah umum yang menyebabkan bisnis gagal adalah manajemen yang lemah. Tim manajemen yang baik akan cukup andal untuk mengatasi masalah teknis. Manajemen yang lemah cenderung membuat kesalahan di berbagai bidang. Dengan kata lain, manajemen yang lemah bisa memicu kegagalan di bidang lain.

Banyak laporan tentang kegagalan bisnis menyebutkan bahwa manajemen yang buruk adalah alasan utama kegagalan. Pemilik bisnis baru kadang kurang fokus pada aspek yang krusial seperti keuangan, pembelian, penjualan, produksi, dan perekrutan dan pengelolaan karyawan. Bermodal keahlian, jejaring, dan niat baik pun masih belum cukup jika tidak diimbangi dengan manajemen yang relevan.

 

Risiko tetap ada, fokuslah hal yang bisa dilakukan

Saat bisnis telah berjalan lancar, tetap penting untuk secara teratur mempelajari, mengatur, merencanakan, dan mengendalikan semua kegiatan operasi bisnis Anda. Alangkah baiknya tetap fokus kepada hal yang bisa dilakukan, meskipun risiko dan tantangan terus ada. Untuk mengatasi masalah ini, pemilik usaha dapat terus mendidik diri sendiri tentang keterampilan yang perlu diasah secara kontinu.

Kami dari lembaga pelatihan bisnis Akeyodia percaya bahwa perjalanan bisnis Anda masih jauh, tim Anda mampu bergerak lebih cepat, dan Anda akan menikmati proses kemajuan dengan lebih bermakna. Ketika Anda membutuhkan bimbingan untuk menerapkan manajemen bisnis yang terbukti efektif, hubungi kami di 08112652244



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp