08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Sebagai pebisnis Anda tentu akan memperhitungkan untung, rugi, cara agar produk di promosikan secara efektif, dan bagaimana produk dapat diterima oleh masyarakat. Anda mungkin memasang iklan sebagai salah satu cara. Iklan memiliki tujuan untuk mempengaruhi dan membujuk orang agar mengenal apa yang Anda tawarkan. Dalam membuat iklan, tidak sedikit biaya yang dikeluarkan. Namun terkadang meski sudah banyak biaya yang dikeluarkan, Anda belum mendapatkan hasil yang memuaskan.

Agar kegiatan beriklan mendapatkan hasil sesuai yang Anda harapkan, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

#1. Produk Memiliki Daya Beda dan Sesuai Kebutuhan Pasar

Sebelum beriklan, gali terlebih dahulu apa permasalahan konsumen yang dapat Anda selesaikan dengan produk Anda. Dari sini Anda perlu memberikan sentuhan bahwa produk Anda mampu memenuhi kebutuhan mereka dan berbeda dengan produk lainnya. Ketika produk lain tidak dapat menggantikan produk Anda, maka otomatis mereka akan membelinya.

Dua hal ini menjadi salah hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin memenangkan persaingan. Berikan alasan yang kuat kenapa konsumen harus memilih produk atau jasa yang Anda tawarkan, dari pada yang lainnya. Anda juga perlu memberikan ‘sesuatu’ pada produk dan bahkan iklan yang dibuat agar membuat konsumen mudah mengenali produk Anda.

#2. Manfaat Sebanding Dengan Harga Jual Produk

Konsumen akan rela mengeluarkan uang berapapun jumlahnya ketika mereka merasa produk atau jasa yang dibelinya memberikan manfaat sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Setiap konsumen mempunyai kebutuhan yang berbeda, jadi lakukan evaluasi dan analisis, apakah harga yang ditawarkan sudah seimbang dengan manfaat yang dicari konsumen.

Jadi walaupun harga yang Anda tawarkan lebih murah namun mereka tidak mendapatkan manfaat yang layak, maka mereka akan memilih produk lain meski harganya lebih mahal dari produk Anda. Begitu juga sebaliknya, ketika produk Anda mahal, manfaat yang mereka dapatkan tidak banyak, atau bahkan sebanding dengan manfaat yang diberikan oleh produk sejenis yang lebih murah. Maka konsumen akan memilih produk lain.

#3. Iklan Sesuai Dengan Target Audience

Pernahkah Anda berpikir mengapa iklan detergen, sabun mandi, dan kebutuhan rumah tangga lainnya ditayangkan ketika break sinetron? Hal ini karena mereka tahu bahwa penikmat sinetron adalah mereka yang juga membutuhkan keperluan rumah tangga tersebut. Mulai dari ibu rumah tangga hingga para asisten rumah tangga.

Kemudian ketika acara olahraga, maka saat break iklan yang ditampilkan adalah minuman isotonic, suplemen, vitamin, dan lainnya. Mereka menyadari bahwa iklan perlu tempat yang tepat dan benar, agar tepat sesuai target audience yang dibidik.

#4. Program yang Anda Tawarkan

Dalam beriklan, Anda perlu menekankan hal-hal yang dapat Anda tawarkan. Ciptakan suatu hal yang membuat konsumen tertarik dan mau mencoba produk Anda. Terkadang ada produk yang menyediakan tester untuk konsumen, tujuannya agar konsumen mencoba terlebih dahulu. Berikanlah kontak Anda atau informasi kemana mereka bisa mendapatkan produk Anda. Jika memang sesuai dan mereka tertarik, mereka akan menghubungi Anda atau langsung mencari produk Anda.

Iklan sudah bukan ha lasing lagi bagi kita. Dengan kemajuan teknologi saat ini, iklan mulai beragam dan ditayangkan melalui media elektronik maupun media cetak. Anda perlu memikirkan dengan matang agar iklan diminati oleh konsumen. Caranya adalah dengan menampilkan sesuatu yang berbeda, unik, bermanfaat, dan menjawab kebutuhan mereka. Perhatikan pula pesan apa yang ingin Anda sampaikan, dan evaluasi apakah pesan yang diberikan mudah dipahami dan rasional bagi konsumen.

Nah, sekarang kita lihat bisnis Anda. Bagaimana dengan iklan yang selama ini Anda lakukan? Lakukan evaluasi apakah sudah sesuai dengan tujuan Anda diawal pembuatan iklan atau belum. Jika belum, lakukan analisis menyeluruh. Tentang apa yang kurang dan harus dibenahi, atau apa yang justru perlu dihilangkan karena menimbulkan perbedaan persepsi dengan konsumen.

Anda juga dapat melatih tim sales dan marketing Anda agar lebih ahli dalam product knowledge. Hubungi Tim Akeyodia di 08112652244 atau 08112652210 jika tertarik mengadakan training atu pelatihan untuk tim sales dan marketing Anda.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp