08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Indonesia merupakan salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang cashless society atau masyarakat nontunai mampu berkembang pesat. Saat ini banyak yang ketika bertransaksi mulai menggunakan pembayaran nontunai. Sejak pandemi perilaku belanja masyarakat meningkat, diikuti dengan pertumbuhan konsumen yang melek digital dan pilihan pembayaran semakin beragam. Secara tidak langsung, adanya pandemi semakin mempercepat terwujudnya cashless society secara menyeluruh.

 

Mengenal Cashless Society

Cashless society terjadi ketika masyarakat sudah memanfaatkan alat pembayaran digital dan meninggalkan uang tunai saat bertransaksi. Alat pembayaran digital tersebut antara lain e-money atau uang elektronik, e-wallet atau dompet digital, kartu kredit, atau kartu debit.

Ada beberapa alasan mengapa konsumen memilih penggunaan sistem cashless society. Antara lain:

  • -. Karena konsumen mampu mengontrol pengeluaran dan merasa yakin pembayaran nontunai efisien, nyaman, dan aman.
  • -. Karena konsumen mendapatkan pengalaman baru yang menyenangkan dan meningkatkan kebanggaan pada diri.
  • -. Karena konsumen merasa dimudahkan dan diuntungkan dengan adanya program promo.

 

Dari ketiga alasan tersebut, sebagai bisnis owner Anda perlu memahaminya dan mengoptimalkan hal tersebut pada usaha Anda. Caranya adalah dengan membangun strategi penjualan yang sesuai masing-masing alasan. Bagi pemilik usaha, cashless society dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan potensi usahanya dan mengembangkan bisnisnya. Bisnis owner perlu memahami dan mengembangkan bisnisnya ke arah cashless society, sebab cashless society memiliki banyak manfaat. Diantaranya:

 

#1. Mempercepat Transaksi

Dengan menerapkan cashless society, baik Anda maupun konsumen sama-sama diuntungkan. Sebab proses transaksi lebih cepat, tinggal melakukan transfer atau scan kode QR.

 

#2. Transaksi Lebih Efisien

Dengan menerapkan cashless society, semua transaksi akan lebih efisien. Pengguna cashless society tidak perlu menghitung pembayaran atau kembalian. Transaksi juga leih aman sebab terhindar dari peredaran uang palsu dan kemungkinan uang fisik hilang atau tercuri.

 

#3. Ada Riwayat Transaksi

Pembayaran tunai memang ada kuitansi maupun slip pembayaran, namun dengan cashless society Anda akan mendapatkan laporan yang lebih rinci. Setiap transaksi baik menggunakan kartu, uang elektronik, maupun dompet digital, akan tercatat otomatis dan jelas. Jadi Anda tidak perlu melakukan pembukuan manual terkait transaksi yang Anda lakukan.

 

#4. Meningkatkan Penjualan

Seiring meningkatnya kesadaran masyarakat tentang cashless society, Anda memiliki peluang untuk menyediakan berbagai metode pembayaran sesuai dengan kebutuhan konsumen. Ketika mereka merasa dipermudah saat bertransaksi dengan Anda, maka penjualan akan mengalami peningkatan.

 

#5. Program Promo

Dengan menerapkan cashless society, baik Anda maupun konsumen memiliki kesempatan memperoleh berbagai program promo. Program ini dapat Anda manfaatkan untuk mengembangkan usaha Anda, sehingga dapat meningkatkan penjualan.

 

Memahami Sisi Lain Cashless Society

Meski banyak keuntungan yang sudah disebutkan dengan adanya cashless society, namun penerapannya pasti juga ada kekurangan. Sebab tidak ada suatu program yang benar-benar sempurna. Cashless society juga memiliki kekurangan, misalnya saja:

-. Adanya kemudahaan transaksi justru membuat seseorang menjadi lebih konsumtif. Apalagi bagi seseorang yang tingkat pengendalian dirinya rendah.

-. Adanya batasan nominal transaksi yang dapat Anda lakukan (nilai limit). Jika transaksi Anda di luar limit Anda dapat menggunakan instrument lain misalnya bilyet giro atau cek.

-. Meski relatif aman, tetapi tetap ada kemungkinan serangan cyber. Sebab suatu teknologi pasti akan ada celah yang memungkinkan terjadinya pencurian data.

-. Pemahaman tentang cashless society belum merata. Bagi para generasi tua mereka perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan hal-hal baru.

-. Anda akan dikenakan admin dari biaya transaksi yang Anda lakukan demi kemudahan sistem. Nominalnya-pun juga berbeda-beda.

Itulah kelebihan dan kekurangan dari adanya cashless society. Anda perlu bijak dalam menyikapinya. Di Indonesia sendiri, sebagai pendukung cashless society sudah banyak perusahaan fintech yang menyediakan program promo baik bagi konsumen maupun mitra. Salah satu contohnya Gojek ada GoPay dengan program edukasinya yang berguna untuk pengembangan pelaku UMKM di Indonesia. Sedangkan bagi konsumen, tentu ada promo GoPay yang dapat digunakan.

Sebagai bisnis owner, Anda perlu mengikuti arah bisnis yang semakin dinamis. Bagi Anda yang masih menggunakan transaksi tunai, tidak ada salahnya belajar tentang cashless society.  Apakah Anda sudah siap?

Hubungi 08112652244 atau 08112652210 untuk info webinar CSR tentang bisnis. Anda dapat mengajak komunitas Anda untuk menimba ilmu bersama kami.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp