08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Bagaimana cara mendelegasikan pekerjaan dengan lebih baik? Ini bisa jadi tidak mudah dilakukan oleh semua orang, khususnya seorang pemilik bisnis, team leader, maupun peran-peran profesional lainnya. Delegasi akan menjadi kunci utama untuk memaksimalkan produktivitas kerja tim Anda.

Setidaknya Anda akan tetap seimbang dalam menangani berbagai pekerjaan. Masalahnya adalah, banyak orang belum tahu bagaimana cara mendelegasikan secara efektif. Atau barangkali karena tidak mau melakukannya kecuali mereka benar-benar harus melakukannya.

Anda pasti paham bahwa mendelegasikan tugas adalah skill yang dapat dipelajari dan ditingkatkan seiring waktu. Tentang bagaimana trik untuk menjadikannya lebih mudah dan lebih efektif, kami akan bagikan kepada Anda.

Kadang, yang menjadi masalah besar sebagian pemimpin adalah ketidakmampuan untuk melepaskan pekerjaan mereka sendiri dan mempercayakan pada orang lain. Khususnya para pemimpin yang masih baru. Terkadang mereka merasa begitu antusias dan sangat berdedikasi pada pekerjaan sendiri, sehingga mereka menolak untuk menerima bantuan orang lain. Di lain waktu, mereka tidak ingin merepotkan orang.

Bagaimana dengan Anda? Apa pun masalahnya, prioritas pertama Anda adalah belajar untuk melepaskan. Mulai dari tugas-tugas terkecil, dan secara bertahap lanjutkan. Kenali tim Anda dengan lebih baik dan tingkatkan kepercayaan di antara Anda dan rekan kerja Anda. Ambil langkah kecil dan ketahuilah bahwa pada akhirnya Anda harus melepaskan pekerjaan Anda jika Anda ingin tim Anda berhasil.

 

Membagi Prioritas Tugas-Tugas

Mulailah membagi prioritas untuk tugas-tugas. Tentu saja, sistem ini akan bervariasi berdasarkan keahlian Anda, industri Anda, dan jenis tugas yang biasanya Anda tangani. Setidaknya, buat kategori sesuai dengan tingkat kesulitan, upaya, dan besarnya tanggung jawab yang menyertainya. Kategori dengan kesulitan tertinggi dan risiko besar boleh Anda eksekusi sendiri, sementara yang dalam kategori lebih ringan dapat ditugaskan ke orang lain.

 

Delegasikan ke orang yang tepat

Sebagai seorang pemimpin, Anda perlu mempelajari seluk-beluk karakter rekan satu tim. Anda harus mengetahui kekuatan dan kelemahan masing-masing individu, termasuk keunikan pribadi mereka. Saat mendelegasikan, lihatlah tim Anda dan tetapkan tugas-tugas kepada siapa saja yang memiliki kemampuan paling relevan untuk tugas itu. Tampaknya ini merupakan pilihan yang mudah, tetapi masih banyak pemimpin yang kurang tepat sasaran dalam mendelegasikan. Penting juga untuk memperhatikan konsistensi. Misalnya, mendelegasikan jenis tugas yang sama ke individu yang sama, pada akhirnya akan meningkatkan kecakapan individu tersebut.

 

Selalu sertakan instruksi yang jelas

Meskipun tugas-tugas sudah tampak jelas, pastikan untuk tetap menyampaikan instruksi yang jelas dalam setiap tugas yang Anda delegasikan. Jika Anda memiliki catatan khusus tentang bagaimana tugas akan dilakukan, sebutkan informasi itu. Jika Anda memiliki tenggat waktu yang harus dipenuhi pada tanggal dan jam tertentu, jelaskanlah. Memasukkan detail dan instruksi langsung tentu akan menghindari salah paham. Ini juga memungkinkan tugas-tugas dieksekusi secara efektif.

Seiring pertumbuhan perusahaan Anda, strategi mendelegasikan pekerjaan tentunya akan menjadikan operasi bisnis Anda makin efektif.

 

Kami siap bekerjasama dengan Anda secara intensif dengan program-program In House Training yang dibutuhkan perusahaan Anda. Anda bisa berkonsultasi dengan kami di nomor 08112652244.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp