08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Adakah quote favorit Anda tentang uang?

Apakah ini: “happiness is not in the mere possession of money; it lies in the joy of achievement, in the thrill of creative effort”, atau ini: “the best thing money can buy is financial freedom”?

Satu lagi, “Cash is the king” adalah ungkapan klasik yang sering digunakan untuk mengantisipasi kegagalan bisnis karena alasan keuangan. Tanpa jumlah uang tunai (cash) tertentu, bisakah mendapat peluang bisnis baru? Demikian yang banyak ditanyakan pengusaha baru.

 

Pentingnya cashflow yang stabil

Apakah menjalankan perusahaan baru atau perusahaan bernilai miliaran dolar, pengelolaan kas yang tepat sangat penting. Bisnis apapun memang harus memiliki cashflow yang stabil untuk berbagai alasan, termasuk berinvestasi dalam infrastruktur baru dan pengeluaran yang tidak terduga. Selain itu, cashflow yang stabil sering disebut sebagai faktor kunci dalam potensinya untuk kesuksesan jangka panjang.

Di awal karier, seorang wirausahawan akan sangat terbantu dengan mendatangkan ahli tentang hal yang dibutuhkan untuk mengelola cashflow yang stabil. Bekerjasama dengan seorang akuntan adalah pilihan tepat yang akan membantu menghindari masalah keuangan ketika bisnis tumbuh.

 

Kelincahan adalah kunci

Pasar bisnis komersial cenderung berubah dengan cepat. Dengan kemajuan teknologi baru, dapat dipahami bahwa pelaku bisnis perlu mempertimbangkan pilihan untuk mengikuti tren. Misalnya melakukan diversifikasi produk, karena peluang bisnis terus berkembang.

Dalam lingkungan bisnis yang sangat kompetitif saat ini, Anda harus menyediakan banyak cara kepada pelanggan untuk membayar, termasuk uang tunai, kartu debit, kartu kredit, dan uang elektronik. Ada biaya untuk menyediakan opsi pembayaran ini; biaya akun, biaya transaksi, sewa peralatan, dan biaya lain yang memengaruhi kestabilan cashflow.

Walaupun mungkin ada banyak tantangan yang berbeda ketika memulai dan mengelola bisnis, masalah keuangan menempati urutan teratas bagi sebagian besar pemilik usaha. Ada banyak cara yang dapat dilakukan. Jika perlu perombakan keuangan bisnis Anda dengan memodifikasi proses operasi Anda, lakukan saja. Tetapi ada juga beberapa hal mudah yang dapat Anda lakukan dalam manajemen bisnis Anda sehari-hari untuk meningkatkan performa keuangan Anda.

Lebih penting lagi, pola pikir pengusaha sangat penting di sini. Jika Anda membuat keputusan impulsif dan bukan pilihan yang bijaksana dan terinformasi, maka ada kemungkinan pengeluaran akan keluar jalur. Sangat penting untuk berpikir strategis dan menempatkan anggaran di tempat yang bertindak sebagai pedoman untuk pengambilan keputusan.

Mengelola keuangan sangat penting dalam bisnis, dan semuanya dimulai dengan mengembangkan kebiasaan baik. Bersikap hati-hati secara finansial dan melacak keuangan Anda untuk tetap di depan permainan.

Semakin Anda memahami keuangan bisnis dan arus kas Anda, semakin siap Anda untuk membuat keputusan pengelolaan uang yang cerdas. Tidak peduli seberapa besar atau kecil tantangan keuangannya, semoga kiat-kiat ini akan membantu mengelola cashflow bisnis Anda.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp