08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Beberapa tahun terakhir ini, pembahasan tentang pentingnya kesehatan mental menjadi perbincangan yang hangat. Perbincangan tersebut membahas seputar apa yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental sekaligus bagaimana menjaga kesejahteraan diri. Bahkan banyak yang mengajarkan cara sederhana untuk menghilangkan stress, meredakan perasaan depresi, dan mengurangi kecemasan misalnya dengan cara menulis.

 

Mengapa Kita Harus Menulis?

 

#1. Mengurangi Pikiran Negatif

Menyembuhkan diri dengan kekuatan pikiran bisa dilakukan dengan menulis, karena menulis membantu Anda mengurangi pikiran negatif. Ketika Anda menulis tentang pengalaman negatif yang dialami, Anda akan menempatkan pengalaman tersebut ke dalam sebuah perspektif. Dari hal tersebut Anda dapat berkonsentrasi pada hal-hal positif berdasarkan perspektif yang Anda dapatkan.

 

#2. Meningkatkan Daya Ingat

Tidak hanya untuk menyembuhkan diri dengan kekuatan pikiran, kenyataannya menulis dapat membantu Anda meningkatkan memori kerja dan daya ingat. Hal ini akan membuat Anda dapat berkontribusi besar dalam hidup sehingga dapat mencegah kelelahan.

 

#3. Mampu Membawa Kesadaran dan Pemahaman

Menyembuhkan diri dengan kekuatan pikiran yang dilakukan dengan menulis mampu membawa Anda pada kesadaran dan pemahaman. Apa maksudnya? Maksudnya, ketika Anda menuliskan perasaan Anda di kertas, otomatis perasaan tersebut lebih mudah dianalisis. Ketika Anda sudah menemukan perasaan-perasaan yang mengganggu, otomastis akan membantu Anda memahami pola yang mengarah pada kondisi mental yang memburuk.

 

#4. Meredakan Ketegangan Pikiran

Menulis seperti mampu menyembuhkan diri dengan kekuatan pikiran dengan meredakan ketegangan. Ketika Anda merasa kewalahan karena memikirkan banyak pekerjaan dan tugas sehingga sulit untuk memahami, maka menulis dapat meredakan ketegangan pikiran Anda. Saat Anda sudah menulisnya, Anda dapat mulai mengatur pikiran Anda dan mulai menyelesaikannya sedikit demi sedikit.

 

#5. Meningkatkan Kecerdasan Emosi

Selain mampu menyembuhkan diri, menulis dapat meningkatkan kecerdasan emosional Anda. Terdakang Anda kesulitan menemukan kata-kata untuk menjelaskan perasaan atau apa yang dipikirkan. Namun, menulis dapat membantu Anda menemukan kata dan lebih mudah menata perkataan. Hal ini membuktikan Anda mulai mampu memahami dan menata emosi diri dengan lebih baik.

 

#6. Mengetahui Kapan Emosi Negatif Muncul

Ketika Anda menulis, Anda dapat menelusuri apa pemicu dan keadaan yang membuat Anda cemas dan depresi. Dengan menulis secara rutin, Anda akan tahu perubahan suasana hati sehingga lebih mudah bagi Anda untuk mengambil tindakan pencegahan demi kesehatan mental Anda.

 

#7. Membangkitkan Semangat

Selain dapat melacak kapan emosi negatif akan muncul untuk melakukan pencegahan, Anda dapat membangkitkan konsentrasi sekaligus semangat dalam diri Anda. Anda dapat fokus menulis hal-hal positif yang mampu memengaruhi suasana hati Anda menjadi lebih semangat.

 

#8. Meningkatkan Rasa Syukur

Menulis dapat meningkatkan rasa syukur dalam diri Anda sehingga kualitas tidur Anda menjadi meningkat. Sebelum tidur, tulislah apa yang Anda lakukan hari ini, mulai dari pencapaian dan kebaikan yang lakukan. Hal itu akan menimbulkan rasa syukur dalam diri Anda karena telah menggunakan setiap detik waktu Anda dengan baik.

 

#9. Membantu Mencapai Tujuan

Anda dapat menetapkan sebuah tujuan dan menetapkan langkah-langkah nyata untuk mencapainya. Tulisan Anda akan dianggap nyata dan penting oleh otak, sehingga Anda akan didorong untuk berusaha mencapainya.

 

#10. Membuat Hidup Lebih Teratur

Apakah Anda merasa tidak punya waktu untuk berhenti dan memikirkan hari libur? Jika hal itu terjadi pada Anda, dapat dipastikan bahwa Anda memiliki keadaan emosi yang tinggi, cemas, dan stres. Dengan menulis setiap hari, Anda dapat membuiat hidup Anda lebih teratur sehingga dapat meluangkan waktu untuk diri sendiri dan merenung.

Sepuluh keuntungan menulis tersebut memiliki manfaat jangka panjang untuk mendorong Anda untuk menjadi lebih sadar diri dan terhindar dari perilaku negatif. Lalu apa yang perlu ditulis sih? Anda dapat menulis apa yang Anda rasakan saat ini, apa pencapaian Anda, kenali dan hindari pemicu stress, memiliki waktu luang untuk diri, melakukan hobi, dan lain sebagainya.

 

Dokumentasi Webinar Menyembuhkan Diri Dengan Kekuatan Pikiran

Beberapa waktu lalu Akeyodia bekerja sama dengan Lab IMT-UGM mengadakan webinar dengan tema How Does Writing Reduce Stress? – Menyembuhkan Diri dengan Kekuatan Pikiran. Webinar ini dilaksanakan pada Senin, 4 April 2022 dengan Wahyu Suratman Mahasiswa Fapet UGM sebagai moderatornya.

 




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis