08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Bulan ramadan adalah bulan spesial bagi semua orang, tidak terkecuali bagi pemilik usaha. Bagi pemilik usaha, bulan ramadan adalah bulan di mana perilaku konsumen memiliki karakter yang berbeda. Sehingga cara menangani perilaku konsumen di bulan ramadan juga perlu strategi yang berbeda.

Adanya perubahan perilaku konsumen di bulan ramadan ini disebabkan karena pola hidup, aktivitas, dan tradisi di sekitar. Penyebab ini dapat Anda perhatikan sebagai pemilik usaha agar bisnis Anda turut berkembang.

Sebagai pemilik usaha, Anda harus memiliki strategi marketing yang tepat untuk memanfaatkan euforia ramadan ini. Berikut cara menangani perilaku konsumen di bulan ramadan yang perlu Anda pelajari.

 

#1. Manajemen Waktu dan Pola Tidur

Anda perlu mencari cara menangani perilaku konsumen di bulan ramadan yang manajemen waktunya berubah dan pola tidurnya berubah. Umumnya mereka mengalami perubahan pola makan sehingga mengakibatkan waktu luang yang dimiliki untuk beristirahat juga berbeda dibandingkan bulan-bulan biasa.

Sebagai pemilik usaha Anda dapat membuat konten untuk marketing yang ringan guna menemani waktu istirahat mereka. Anda dapat membuat konten yang berkaitan dengan ramadan, bersambung, atau diterbitkan setiap hari. Tujuannya agar konsumen tetap menantikan konten-konten Anda dikala waktu luang, santai, dan rileks mereka. Hal tersebut akan menaikkan brand awareness produk yang Anda jual.

 

#2. Aktif Bersosial Media

Anda perlu mencari cara menangani perilaku konsumen di bulan ramadan yang cenderung lebih aktif bersosial media. Hal ini disebabkan karena bertambahnya waktu istirahat, sehingga lebih sering mencari hiburan melalui internet. Sebagai pemilik usaha, Anda dapat memanfaatkan moment ini untuk meningkatkan online presence, agar konsumen dapat selalu menemukan produk atau jasa Anda di internet.

 

#3. Lebih Banyak Berbagi dan Peduli

Anda perlu mencari cara menangani perilaku konsumen di bulan ramadan, terkait bagaimana mereka lebih berlomba-lomba untuk berbuat baik. Anda dapat melakukan kampanye promo Ramadan, sekian persen dari penjualan akan disumbangkan ke sebuah organisasi zakat yang terpercaya. Sehingga konsumen membeli produk, sekaligus melakukan kebaikan.

 

#4. Berburu Promo dan Diskon

Anda perlu mencari cara menangani perilaku konsumen di bulan ramadan, terutama karena mereka semakin berburu promo dan diskon. Sebagai pemilik usaha, Anda wajib membuat promo khusus selama bulan Ramadan baik untuk mereka yang berbelanja online maupun belanja offline. Cari strategi yang paling tepat, misalnya bonus, diskon, atau penawaran yang lain. Cari strategi yang dapat membangkitkan semangat konsumen untuk berbelanja.

Baik Anda fokus ke jualan online maupun jualan offline, Anda mempunyai kesempatan luas untuk mengembangkan bisnis dan mendapatkan lebih banyak keuntungan di bulan ramadan. Jangan lupa membuat kampanye yang mengandung tema keluarga atau nilai keluarga. Karena pada bulan ramdan orang-orang cenderung berusaha menghabiskan waktu lebih banyak bersama keluarga.

 

Bulan Pembawa Berkah bagi Semuanya

Bulan ramadan menjadi bulan penuh berkah bagi semua orang. Sebagai pemilik bisnis, Anda dapat menjadikannya kesempatan untuk mendapatkan konsumen baru, meningkatkan brand awareness, dan melipat gandakan keuntungan.

Perilaku konsumen yang telah disebutkan tersebut dapat Anda jadikan salah satu dasar untuk menentukan strategi marketing yang efektif untuk usaha Anda. Dan yang paling penting dari semua strategi yang akan Anda terapkan adalah, bangunlah ikatan emosional antara konsumen dan usaha Anda.

 




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis