08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Mempertahankan pelanggan atau membuat mereka membeli kembali produk Anda ternyata lebih sulit ketimbang mencari pelanggan baru. Padahal pelanggan setia akan memberikan Anda penghasilan tetap dan mampu mengurangi biaya promosi.

Demi mempertahankan pelanggan setia, hal yang perlu setiap pengusaha lakukan adalah menghasilkan produk atau layanan yang berkualitas, menghasilkan produk yang inovatif, dan meningkatkan pengalaman dan pelayanan agar pelanggan yang puas.

Sebagai pengusaha simak tips mempertahankan pelanggan agar kembali kepada Anda.

 

#1. Cari Tahu Pengalaman Pelanggan

Cara efektif mengelola pelanggan yang pertama adalah mencari tahu pengalaman pelanggan. Misalnya saat pelanggan selesai menyantap hidangan, Anda bisa menyempatkan diri untuk bertanya, bagaimana hidangannya, bagaimana suasananya, atau terkait apa yang diinginkan dan disukai pelanggan terhadap usaha Anda.

Dari hasil survei sederhana yang dapat Anda lakukan, Anda akan mendapatkan wawasan yang bermanfaat untuk usaha Anda. Dan jika mereka puas dengan pelayanan Anda, mereka akan datang dan kembali.

 

#2. Share Testimoni Mereka

Cara efektif mengelola pelanggan yang kedua adalah kumpulkan testimoni atau ulasan pelanggan terbaik. Anda dapat membuat video atau menyediakan buku tamu. Testimoni mereka dapat Anda unggah di sosial media sehingga mampu menarik pelanggan baru. Sedangkan buku tamu yang Anda miliki dapat Anda gunakan untuk melihat siapa saja pelanggan yang loyal terhadap usaha Anda.

 

#3. Akses Mudah

Cara efektif mengelola pelanggan yang ketiga adalah kemudahan dalam pelayanan yang Anda berikan. Misalnya pelanggan dapat melakukan pemesanan online melalui situs web, ojek online, atau lainnya sehingga pelanggan tidak perlu mengantri.

 

#4. Memberikan Hadiah

Cara efektif mengelola pelanggan yang keempat adalah memberikan hadiah atau penawaran menarik. Anda dapat memberikan hadiah kepada pelanggan setia misalnya untuk Idul Fitri, Natal, atau Tahun Baru. Dengan pelayanan tersebut, pelanggan setia akan senang dan menceritakan pengalaman positif mereka kepada orang lain.

 

#5. Kegiatan Sosial

Cara efektif mengelola pelanggan yang kelima adalah mengadakan kegiatan sosial atau bisa juga mengajak pelanggan untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial yang Anda lakukan. Ini akan membuat mereka merasa menjadi bagian dari usaha Anda dan terus mendukung Anda.

 

#6. Perlakukan Sebagai Individu, Bukan Mesin Uang

Cara efektif mengelola pelanggan yang terakhir adalah perlakukan pelanggan Anda dengan baik, bukan sebagai mesin uang. Hormati mereka dan hargai mereka dengan menawarkan solusi atas permasalahan mereka dengan produk Anda.

 

Siklus Membangun Loyalitas yang Perlu Diketahui

  1. Memahami strategi untuk membuat program nyata guna menaikkan loyalitas pelanggan. Di sini Anda akan tahu bahwa setiap pelanggan memiliki kelompok kebutuhan dan keinginannya sendiri.
  2. Pelanggan dan calon pelanggan tahu produk atau jasa Anda dari iklan dan promosi. Namun mereka akan lebih mengingatnya ketika Anda menonjolkan manfaat dari produk atau jasa yang Anda tawarkan.
  3. Kesan pertama pelanggan baik kesan positif atau kesan negatif akan mempengaruhi apakah pelanggan menjadi tetap loyal atau tidak.
  4. Pelanggan akan menimbang kepuasan atau ketidakpuasan untuk menjadi pertimbangan beralih ke produk lain atau tidak.
  5. Jika pelanggan puas atas produk atau layanan yang Anda berikan maka mereka akan melakukan pembelian ulang. Keputusan pembelian ulang merupakan sikap penting yang menunjukkan loyalitas.

 

Dokumentasi Webinar untuk UMKM

Webinar yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal dan Akeyodia tema “How to Effectively Handle Customer; Memahami Pelanggan untuk Meningkatkan Omzet Usaha”. Acara ini termasuk rangkaian acara dari webinar CAPACITY BUILDING UMKM: “Literasi Ekonomi, Keuangan Inklusif, dan Strategi Meningkatkan Omzet” yang diselenggarakan pada Senin, 18 April 2022.

 




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis