08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Memberikan upah merupakan salah satu tanggung jawab perusahaan pada karyawannya. Dalam menentukan upah tentu berdasarkan regulasi ketat dan berdasarkan upah minimum. Tujuannya tentu agar perusahaan serta karyawan mendapatkan hak dan kewajibannya secara seimbang. Jika di Indonesia, ada istilah UMR (Upah Minimum Regional) yang nilainya diperhitungankan dengan cermat oleh Dewan Pengupahan di daerah tersebut.

Terdapat poin utama yang perlu dicermati, khususnya bagi Anda pelaku usaha. Poin utama dan penting tersebut adalah:

 

#1. Penetapan Nilai Upah Minimum

Awalnya ditetapkan atau dibentuk tim survey oleh Dewan Pengupahan daerah setempat. Tim ini nantinya terdiri dari pengusaha, serikat pekerja, perusahaan dan pihak netral. Tim tersebut nantinya akan meninjau harga kebutuhan pokok serta biaya hidup minimal di daerah itu. Sedangkan variabel yang dipertimbangkan adalah hasil survey yang dilakukan. Tentu saja upah minimum tersebut nantinya berdasarkan pertimbangan produktivitas, usaha yang paling tidak mampu, pertumbuhan ekonomi, kondisi pasar tenaga kerja, serta pertimbangan lainnya dari Dewan Pengupahan.

 

#2. Hak Bagi Karyawan

Setiap karyawan memiliki hak atas kehidupan yang layak. Guna menjamin hak golongan karyawan, maka ditetapkanlah nilai batas bawah upah regional. Nilai upah tersebut dapat menjadi aturan perusahaan dalam menawarkan upah bagi karyawannya dan mencegah perusahaan memberikan upah di bawah nilai yang sudah disusun.

 

#3. Aturan yang Ditaati

Nilai upah yang telah disepakati oleh pemerintah dan Dewan Pengupahan tentu telah dikaji detil sampai akhirnya menghasilkan nilai yang wajar. Maka Anda sebagai pebisnis perlu menaati kesepakatan yang telah dibuat tersebut. Akan ada sanksi bagi perusahaan yang tidak menaati kesepakatan. Sebagai catatan, dalam pengupahan ada istilah upah minimum neto dan juga upah minimum bruto. Baik menggunakan upah minimum neto atau upah minimum bruto, Anda perlu menulis dengan jelas pada kontrak kerja. Tujuannya agar tidak menimbulkan potensi masalah kedepannya.

 

#4. Upah Selalu Naik

Nilai upah ditetapkan berdasarkan kondisi ekonomi, jadi wajar ketika setiap tahunnya upah mengalami kenaikan nilai. Kenaikan upah yang stabil, perlu menjadi perhatian khusus sehingga tidak mengganggu keadaan finansial perusahaan secara umum.

 

#5. Jelas Perhitungannya

Hak pekerja adalah mendapat upah sesuai aturan yang telah disepakati dalam surat kesepakatan kerja. Untuk menyampaikan upah, perusahaan perlu memberikan rincian yang jelas perhitungannya. Penyampaiannya juga dengan cara yang baik, sehingga informasi besaran gaji dapat dipahami oleh karyawan.

Saat ini, mekanisme pemberian upah juga beragam. Ada yang menggunakan aplikasi slip gaji terpadu yang dapat menghitung dan menyampaikan gaji dengan rinci. Ada yang mempercayakan pada tim HR dan ada yang mempercayakan pada bank-bank tertentu.

Jadi apakah Anda sudah paham tentang upah minimum? Bagaimana selama ini Anda memberikan upah pada karyawan Anda? Apapun cara Anda dan berapapun besarannya. Pastikan bahwa hak dan kewajiban karyawan Anda terpenuhi.

 

Program Akeyodia

Kami memiliki program Training, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi, atau webinar untuk CSR komunitas. Langsung saja  hubungi 08112652244 / 08112652210.

Belajar bersama yuk dari video: BISNIS SEDERHANA DAN MENJANJIKAN! MAU? – VLOG43




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis