08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Apakah Anda termasuk orang yang biasa menabung? Bayangkan apa yang akan terjadi jika Anda menemukan uang tambahan dalam anggaran bulanan Anda. Apakah Anda akan memakainya untuk pergi liburan? Apakah Anda akan tetap menabung untuk keadaan darurat? Mungkin Anda akhirnya terbebas dari utang? Apapun financial goals Anda, menabung bisa jadi langkah konkret untuk mempersiapkan kebutuhan di masa-masa mendatang.

 

Bagaimana Tips Menabung yang Efektif

Waktu kecil kita pernah diajarkan tentang dua hal ini: “rajin pangkal pandai” dan “hemat pangkal kaya”. Sepertinya ada benarnya juga. Menabung juga bisa mencegah kita dari sikap konsumtif sehari-hari. Lalu bagaimana cara untuk mulai menabung? Menyimpan uang itu pada dasarnya dimulai dengan pola pikir Anda. Hindari anggapan bahwa hemat uang adalah hal yang membatasi. Menghemat uang tidak berarti Anda harus stop pengeluaran sama sekali, tapi memprioritaskan beberapa tujuan keuangan yang lebih penting daripada yang lain.

Masalahnya adalah banyak orang yang menabung tanpa tujuan. Karena itu, penting untuk menetapkan tujuan yang jelas dan dapat diukur pencapaiannya. Contohnya adalah menargetkan dalam dua tahun harus bisa memiliki tabungan untuk membayar DP rumah.

 

Ucapkan “Selamat Tinggal” pada Utang

Pembayaran utang bulanan adalah hambatan terbesar untuk menabung. Utang bisa merampas penghasilan. Jadi sudah saatnya Anda menyingkirkannya. Cara tercepat untuk melunasi utang adalah melunasi hutang Anda dari yang terkecil hingga yang terbesar. Kedengarannya agak klise, ya? Jangan khawatir. Ini hanya tentang perubahan perilaku daripada sekadar angka-angka.

 

Atur Persentase Anggaran

Siap memulai? Kami merekomendasikan anggaran 50/30/20 untuk manajemen keuangan yang mudah dipraktikkan. Luangkan 50% penghasilan Anda untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan dan 20% untuk tabungan. Jika Anda menemukan salah satu alokasi Anda melebihi persentase ini, buat beberapa penyesuaian agar sesuai dengan ‘rumus’ 50/30/20.

 

Menabung Secara Otomatis

Buat Anda yang merasa susah menabung uang tunai, strategi ini bisa dicoba. Daripada berlangganan dan keanggotaan otomatis layanan streaming film atau musik, Anda dapat mengalokasikannya untuk menabung otomatis. Atur rekening bank Anda untuk secara otomatis mentransfer dana dari rekening utama Anda ke rekening tabungan setiap bulan.

Jika itu terdengar menakutkan, Anda dapat mengatur setoran langsung untuk secara otomatis mentransfer 10% dari setiap gaji ke dalam rekening tabungan Anda. Tidak perlu memaksakan untuk menabung dalam jumlah besar, yang penting konsisten.

Jadi, tunggu apa lagi untuk menabung? Pastikan itu bukan hanya rencana, ya. Memang tidak semua rencana yang kita buat itu berhasil. Tapi itu bukan alasan untuk memilih tidak punya rencana dan membiarkan kehidupan berjalan tanpa tujuan. Yang sudah punya rencana saja bisa gagal, apalagi yang tidak punya?

 

Ingat, tidak masalah berapa banyak uang yang Anda hasilkan, tapi itu tentang bagaimana Anda membelanjakan dan menghemat uang yang Anda hasilkan.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp