08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Sebagian owner apa Anda masih merasa was-was untuk berlibur, masih memantau HP saat bersama keluarga, atau bahkan sibuk menelpon staff untuk memastikan perusahaan baik-baik saja. Anda sering merasa bahwa bisnis Anda akan terkendala jika Anda tidak ikut turun tangan. Sebenarnya, apakah boleh jika mendelegasikan pekerjaan kepada karyawan? Siapa yang tepat menjadi delegasi tugas-tugas tersebut? Lalu seperti apa pendelegasian yang benar?

 

Bedakan Antara Delegasi dan Aplikasi

Sebelum membahas lebih jauh, Anda harus mengetahui bahwa dengan hanya menyuruh karyawan melakukan pekerjaan Anda tanpa pernah melakukan kontrol itu disebut aplikasi.

Lalu bagaimana dengan delegasi? Delegasi lebih dari sekedar menyuruh, tetapi Anda masih menjalankan fungsi kontrol dan mengukur goal yang karyawan Anda capai. Fungsi kontrol tersebut bertujuan untuk membentuk pola bekerja pada karyawan Anda agar sejalan dengan yang biasanya Anda lakukan. Dengan begitu diharapkan karyawan Anda tidak melakukan banyak kesalahan dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Jad bolehkah kita mendelegasikan pekerjaan? Jawabannya, boleh, selama Anda tetap menjalankan fungsi kontrol, pengukuran goal serta evaluasi.

 

Siapa Orang yang Tepat?

Anda lebih tahu siapa yang tepat dan mampu Anda berikan tanggungjawab. Jelaskan secara rinci apa yang harus dia kerjakan, ajarkan bagaimana menyelesaikannya dan jangan segan untuk melatihnya. Sebagai owner, buang jauh pikiran bahwa karyawan Anda pasti tahu apa yang harus mereka lakukan hanya dengan instruksi terbatas. Anda harus membekali mereka dengan penugasan yang rinci, baik foto, grafik, data dan sebagainya.

 

Pendelegasian yang Benar

Saat Anda sudah memberikan penugasan yang rinci, biarkan karyawan dan tim Anda bekerja. Pantau mereka tentang penyelesaian pekerjaan secara efektif dan efisien, biarkan mereka memiliki rasa optimisme dalam bekerja sedangkan Anda cukup memantau dan menerima laporan saja.

Berdasarkan hal-hal di atas, cara sebagai bisnis owner agar tetap aman walaupun bisnis didelegasikan adalah sebagai berikut.

  1. Berikan karyawan Anda instruksi yang spesifik dan detail. Sehingga Anda dan Karyawan Anda memiliki persepsi yang sama.
  2. Pastikan kembali bahwa karyawan Anda memahami intruksi Anda dan mampu mengulanginya secara lancar.
  3. Buat jadwal antara Anda dan karyawan Anda untuk bertemu guna melakukan evaluasi. Dalam evaluasi, mintalah karyawan Anda untuk membawa laporan dari setiap bagian yang sudah Anda instruksikan.

Apakah sekarang Anda berani liburan dengan tenang? Atau malah sekarang Anda sudah berani membuka bisnis baru karena bisnis pertama Anda suda terdelegasikan dengan benar?

Memang butuh waktu untuk mencari karyawan terbaik yang dapat menjadi tangan kanan Anda, tetapi itu bukan hal mustahil untuk dilakukan. Akeyodia memberikan solusi untuk assesment terhadap karyawan Anda, kami menggunakan beberapa assesment agar Anda lebih mantap menunjuk karyawan yang berkualitas.

 

Tunggu apa lagi, tanyakan langsung di telepon/WA ke nomor 08112652244 / 08112652210.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp