08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Ketika Anda ingin membeli produk, tentu saja Anda membutuhkan sesuatu yang dapat meyakinkan hati Anda bahwa barang atau produk tersebut memang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Hal tersebut dapat berupa bentuk, rasa, ukuran, warna, ataupun harga. Contohnya, saat Anda menjual produk Ayam Goreng, Anda tentu tahu bahwa dipasaran sangat banyak yang menjual produk yang sama dengan apa yang Anda jual. Lalu bagaimana agar tetap sukses dalam penjualan meski di tengah persaingan? Simak penjelasan berikut!

Tahukah Anda tentang Nilai?

Semua orang berkata bahwa nilai sangatlah penting dibentuk guna dapat menarik dan membandingkan produk Anda dengan produk kompetitor.

Nilai atau “value” sendiri merupakan suatu alat yang dapat mengukur dan memberikan ukuran untuk apa yang sudah Anda lakukan.

Nilai menjadi sangat penting karena dapat membandingkan satu hal dengan hal lainnya yang sama. Tentu saja ini juga berlaku untuk sebuah produk yang Anda jual. Nilai yang dilihat disini bukan hanya sebatas berat, harga, ukuran, dan perhitungan logika lainnya. Namun nilai produk juga dapat berupa sebuah pembanding dengan produk yang ditawarkan orang lain yang sama jenisnya.

Saat Anda ingin memberikan nilai tambah pada produk yang diciptakan dan dijual, Anda harus tahu terlebih dahulu apa yang membuat produk tersebut pantas mendapatkan nilai tambah lebih dari yang lain. Dari sini dapat terlihat bahwa nantinya, nilai yang terkandung dalam suatu produk akan sangat berpengaruh terhadap nilai jual produk Anda dipasaran.

Nilai Produk Mempengaruhi Kesuksesan Penjualan

Anda membutuhkan sesuatu yang dapat meyakinkan hati Anda ketika ingin membeli sebuah produk. Hal tersebut juga menjadi pertimbangan orang lain saat melihat produk yang Anda tawarkan kepada mereka.

Nilai produk penting untuk dibentuk agar dapat menarik dan membandingkan produk yang Anda jual dengan yang dijual oleh kompetitor.

Sebagai contoh, saat Anda menjual produk kue kering, Anda tentu tahu dipasaran sangat banyak yang menjual kue kering juga. Jika Anda tidak memberikan nilai tambah seperti, kemasan yang unik, rasa yang lebih enak, pelayanan yang nyaman dan ramah, siap kirim atau antar, dll. Tentu saja Anda tidak akan mampu menyaingi para kompetitor di pasaran.

 

Apa yang Harus Dilakukan?

Selanjutnya bagaimana Anda bisa tahu apa yang membedakan produk kita dengan produk dari kompetitor agar dapat bersaing? Dengan cara riset atau pengamatan.

Ada kalanya Anda harus mengamati dan berfikir dari sudut pandang pembeli yang ingin mendapatkan sesuatu yang lebih dari produk yang dibeli. Dengan begitu Anda dapat belajar mengenai apa yang pasar inginkan, sehingga Anda dapat memenuhinya dengan produk yang Anda jual.

Milikilah hal atau ciri khas yang membedakan produk Anda dengan produk milik kompetitor, yang pastinya akan memberikan nilai tambah pada produk. Nilai inilah yang nantinya akan menjadikan pembanding bagi pelanggan yang ingin membeli produk Anda.

Cara Memberikan Nilai Tambah pada Produk

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan dalam memberikan nilai tambah untuk bisnis yang Anda miliki, misalnya :

  1. Tingkatkan kualitas produk Anda mulai dari rasa, bentuk, ukuran, tampilan, dan kemasan.
  2. Tingkatkan kualitas gambar untuk foto produk di website atau sosial media Anda
  3. Memberikanlah pelayanan yang cepat, terbaik dan berbeda dari yang lain.
  4. Buatlah program khusus untuk pelanggan setia, potongan harga, atau promo lainnya.
  5. Gunakan testimonial pelanggan untuk bisa menciptakan nilai tambah yang sesuai dengan kebutuhan pasar.
  6. Tetap jalin hubungan baik dengan pelanggan.
  7. Pilih karyawan atau personil yang memiliki kualitas terbaik di setiap bidangnya agar kualitas produk dan pelayanan Anda terjaga.

Apa yang Akeyodia lakukan?

Seiring dengan trend dan kebutuhan masyarakat yang terus berubah, kehadiran pelaku wirausaha sangat berperan penting. Untuk memenuhi kebutuhan yang terus berubah dan beragam itu, wirausahawan yang kreatif dan inovatif lah yang bertahan.

Sebagai upaya untuk membentuk wirausaha baru, Bank Indonesia pernah menginisiasi program pembinaan kewirausahaan yang sudah berlangsung sejak tahun 2014. Melalui program rekrutmen WUBI (Wirausaha Unggulan Bank Indonesia), harapannya program tersebut berhasil memajukan potensi wirausaha yang akan meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia dan saling membangun jejaring kerjasama antara pihak-pihak yang terkait.

Pada Selasa, 11 Juli 2017 Akeyodia (saat itu masih bernama i.BIZCOACH) diundang dalam acara Seminar  Kewirausahaan dan Assesment test Calon Wirausaha Unggulan Deli Serdang, Sumatera Utara. Mudah-mudahan tujuan untuk memajukan potensi wirausaha, meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia dan saling membangun jejaring kerjasama antara pihak-pihak yang terkait dalam bidang kewirausahaan itu sudah terwujud sambil berproses sampai hari ini. Berikut dokumen acara tersebut :

Anda Ingin Sukses Dalam Penjualan Anda Ingin Sukses Dalam Penjualan Anda Ingin Sukses Dalam Penjualan Anda Ingin Sukses Dalam Penjualan Anda Ingin Sukses Dalam Penjualan



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp