08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Entrepreneur merupakan orang yang mandiri, memiliki perusahaan sebagai sumber penghasilannya dan tidak menggantungkan diri kepada orang lain. Di Indonesia sendiri kewiraswastaan/Entrepreneurship pada abad ke-20 baru diakui dan diterima oleh masyarakat sebagai salah satu alternatif dalam meniti karier. Seperti yang kita ketahui, umumnya rakyat Indonesia mempunyai latar belakang pertanian yang baik.

Kemudian hidup dalam penjajahan selama 3,5 abad, hampir tidak memiliki figur dalam dunia Entrepreneurship. Hal ini membuat rakyat Indonesia sebagian besar hanya memiliki pola pemikiran feodalisme, priyayiisme serta elitisme, yang salah satu ciri-cirinya adalah mengagungkan status sosial sebagai pekerja dan pegawai (terutama pegawai negeri).

 

Memahami Sosok Entrepreneur yang Ideal

Ilmu Entrepreneurship/kewiraswastaan merupakan ilmu tentang membina manusia, cara menghidupi diri sendiri dan bermanfaat bagi orang lain. Untuk membina manusia menjadi makluk yang berguna, tidak cukup hanya dengan kecerdasan dan kepiawaian teknis saja. Hal utama yang perlu dibangun adalah sikap mental yang baik. Seperti sebuah kalimat yang mengatakan “Ilmu tanpa mental yang baik menghasilkan kejahatan, mental yang baik tanpa ilmu adalah kelemahan”. Kedua hal tersebut memang harus saling mengisi dan tidak timpang agar jiwa entrepreneur yang ideal ada di dalam diri individu. Secara umum menjadi entrepreneur yang ideal harus memiliki beberapa aspek, yaitu : Attitude (sikap), Leadership (kepemimpinan), Management (pengelolaan), dan Skill (keterampilan).

 

Attitude (sikap)

Sikap merupakan unsur yang menentukan apakah seseorang memiliki budi pekerti luhur ataukah menjadi orang yang jahat. Orang yang bersikap mental baik akan rajin dan konsisten tanpa harus diawasi. Mereka selalu berinisiatif melakukan hal positif, serta selalu mempunyai motivasi kuat dalam mencapai cita-cita. Harvard (institusi di Amerika), menyatakan bahwa keberhasilan orang-orang sukses di dunia ini, ternyata lebih banyak ditentukan oleh sikap mentalnya dibandingkan dengan peranan kemampuan teknis yang dimiliki. Dengan angka perbandingan adalah 85% sikap mental, 15 % kemampuan teknis. Sehingga dapat dikatakan bahwa sikap mental sangat menentukan keberhasilan seseorang.

 

Leadership (kepemimpinan)

Jiwa kepemimpinan tentu saja diperlukan, sebab seseorang yang berwiraswasta telah menempatkan dirinya pada posisi pemimpin. Dia harus selalu mampu untuk mengambil keputusan yang menurut perhitungannya baik dan bijaksana. Pengusaha yang tidak memiliki jiwa kepemimpinan hanya akan mengikuti pendapat dari figur yang dominan terhadap dirinya, sehingga akan sulit membawa perusahaannya untuk maju.

 

Management (pengelolaan)

Pengelolaan merupakan metode atau serangkaian prosedur yang berguna untuk menghasilkan efektivitas serta efisiensi setiap pekerjaan agar mendapat hasil yang baik. Bila manajemen terabaikan, maka sebuah organisasi akan menjadi kacau, perusahaan yang tidak memiliki manajemen yang baik, bisa dipastikan akan mengalami hambatan besar dalam perkembangannya.

 

Skill (keterampilan)

Keterampilan terkait keilmuan atau teoritik hanya merupakan salah satu sarana, keterampilan keilmuan atau teoritik saja tidak cukup untuk menjadikan seseorang entrepreneur sukses. Keterampilan harus meliputi ilmu pengetahuan serta teknologi untuk memproduksi sesuatu, baik secara fisik serta non fisik. Keterampilan disini termasuk keterampilan manajerial serta keterampilan pemasaran, sebab nantinya kualitas produk dan penjualan produk menjadi salah satu tujuan entrepreneur.

Program Seminar Kewirausahaan

Dokumentasi Acara Seminar Kewirausahaan : Entrepreneur Management, Entrepreneurship and Business Plan – Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) – Rabu-Kamis, 29-30 Maret 2017.

“Banyak pembelajaran yang daya dapatkan, mulai dari sekarang akan selalu bersyukur kepada Allah atas apapun yang terjadi. Sekarang jadi tahu bahwa banyak peluang untuk kita berbisnis.” (Deti Sukmawati).

“Belajar memahami kemampuan dan potensi diri sehingga memperoleh pembelajaran mengenai cara-cara untuk mendirikan sebuah bisnis.” (Nofi Rini Dyah S.).

“Kedepannya jadi tahu cara membuka usaha sendiri agar dapat memberikan lapangan kerja untuk orang lain, dan dapat memajukan usaha orang tua.” (Siti Patonah).

Program Seminar Kewirausahaan untuk Entrepreneur yang Berkarakter Program Seminar Kewirausahaan untuk Entrepreneur yang Berkarakter Program Seminar Kewirausahaan untuk Entrepreneur yang Berkarakter Program Seminar Kewirausahaan untuk Entrepreneur yang Berkarakter Program Seminar Kewirausahaan untuk Entrepreneur yang BerkarakterProgram Seminar Kewirausahaan untuk Entrepreneur yang Berkarakter Program Seminar Kewirausahaan untuk Entrepreneur yang Berkarakter Program Seminar Kewirausahaan untuk Entrepreneur yang Berkarakter Program Seminar Kewirausahaan untuk Entrepreneur yang Berkarakter

Apabila perusahaan atau universitas Anda ingin melakukan training, diskusikan dengan kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp