08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Usaha kuliner di Indonesia masih menjadi usaha pilihan banyak orang khususnya yang ingin mencoba peruntungan di dunia bisnis. Hal ini terjadi sebab usaha kuliner merupakan usaha yang dianggap tidak ada matinya, karena semua orang membutuhkan makanan untuk dapat bertahan hidup. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka muncul variasi kuliner yang ditawarkan, yang berdampak pada banyak peluang usaha bidang kuliner yang menguntungkan.

Mulai dari warung pinggir jalan hingga restoran mewah, usaha kuliner selalu diminati. Ada beberapa jenis usaha kuliner yang paling laku dan paling banyak ditemui di Indonesia. Kuliner tersebut biasanya menyediakan masakan pedas, gorengan, makanan yang dibakar, aneka martabak, fastfood, makanan tradisional, aneka varian keripik, seafood, aneka jus buah, dan kopi kekinian.

 

Pola Hidup Masyarakat yang Dinamis

Meningkatnya bisnis kuliner juga dipicu oleh pola kebutuhan masyarakat di kota-kota besar. Pola hidup masyarakat yang bekerja hingga malam membuat pekerja lebih sering makan di luar rumah dari pada harus pulang untuk makan.

Pola hidup masyarakat tersebut membuat bisnis kuliner kian menjanjikan. Dari sudut pandang konsumen, sebagian dari mereka berpendapat bahwa beberapa bisnis kuliner yang pernah ada terasa membosankan karena menunya yang sama. Itulah sebabnya mereka tidak lagi membeli produk dari usaha kuliner tersebut dan memilih untuk membeli produk yang jauh lebih menarik, walaupun berjenis sama dari pemilik usaha sebelumnya.

Apabila sebagai pemilik usaha kuliner Anda mendapati konsumen yang seperti itu, berarti bisnis Anda memerlukan inovasi. Inovasi dalam bisnis adalah dengan memberi warna dalam bisnis itu sendiri. Tanpa melakukan inovasi bisnis Anda akan terasa kurang menarik dan lambat laun akan kurang diminati.

 

Bisnis Kuliner Perlu Berinovasi

Pengelola bisnis kuliner ditantang untuk terus mengembangkan produk baru sesuai situasi dan kondisi yang diinginkan oleh masyarakat sehingga akan meningkatkan loyalitas konsumen yang berdampak pada meningkatnya pendapatan. Oleh karena itu, pengelola bisnis kuliner perlu untuk mengetahui strategi bagaimana menemukan keunikan atau daya beda dari suatu produk atau menu yang ditawarkan.

Melakukan inovasi dibidang kuliner juga merupakan salah satu strategi untuk menaikan omzet penjualan. Sebelum melakukan inovasi, pemilik usaha harus melakukan survei terlebih dulu untuk mencari tahu mengapa produk lama yang dijual saat ini menjadi kurang diminati konsumen. Hasil dari survey tersebut dapat digunakan sebagai ide untuk menciptakan produk baru dalam bisnis kuliner.

Inovasi adalah suatu hal kreatif yang bisa diterapkan dalam bisnis kuliner agar dapat memberi hasil yang maksimal. Untuk memunculkan ide inovasi, pemilik bisnis harus selalu bisa berpikiran positif karena ide kreatif muncul dari pikiran yang positif. Berpikir positif dalam berbisnis berarti selalu berusaha mencari pemecahan masalah dalam bisnis, dengan begitu bisnis akan lebih berkembang dan dinamis.

 

Apa yang Dapat Akeyodia Lakukan?

Akeyodia memiliki program In House Training : Operation & Strategy yang sangat penting dalam mengembangkan bisnis kuliner. Pelatihan ini akan membantu perusahaan  membangun solusi komprehensif dengan pendekatan strategis dalam membuat program inovasi yang efisien dan efektif sehingga mendapatkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

Dalam pelatihan ini peserta akan mengerti bagaimana mengidentifikasi keunikan dalam produk dan layanan sehingga bisa lebih baik dari kompetitor. Untuk menciptakan keuntungan jangka panjang, peserta akan dibimbing bagaimana mengelola peluang, sumber daya, dan aktivitas sehingga mampu memunculkan ide, mengembangkan, dan mengimplementasikannya.

 

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika perusahaan Anda tertarik mengadakan program In House Training : Operation & Strategy.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp