08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Menanamkan budaya literasi bagi setiap individu bermanfaat untuk menambah ilmu serta keterampilan guna bersaing secara lokal maupun global. Literasi tidak hanya sekadar kemampuan membaca dan menulis, tetapi literasi bisa berarti melek teknologi, politik, berpikir kritis, dan peka terhadapi lingkungan sekitar.

Literasi sangat penting bagi seluruh masyarakat. Jika seseorang memiliki ketrampilan literasi maka ia dapat memanfaatkan media digital untuk hal positif. Bisa untuk aktivitas produktif, kesenangan, pengembangan diri dan bukan untuk tindakan konsumtif maupun kegiatan destruktif.

 

 

Penggunaan Literasi Digital dalam Masyarakat

Teknologi digital seperti komputer, smartphone, dan internet, semakin menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Literasi digital adalah literasi informasi yang membekali seseorang dengan kemampuan untuk mencerna, memahami, menyeleksi, dan mendapatkan kembali informasi di tengah banjir informasi.

Literasi digital membantu orang berkomunikasi dan mengikuti trend di masyarakat. Literasi dalam layanan jaringan sosial dan Web 2.0 adalah situs yang membantu orang tetap berhubungan dengan orang lain, menyampaikan informasi yang tepat waktu dan bahkan menjual barang dan  jasa yang dimiliki dengan mudah. Literasi digital juga dapat mencegah orang percaya hoax yang menyebar online atau berita yang merupakan hasil dari manipulasi foto.

 

 

Penggunaan Literasi Digital dalam Pendidikan

Sekolah terus memperbarui kurikulum mereka dengan literasi digital, untuk mengikuti  percepatan perkembangan teknologi. Seperti halnya memfasilitasi komputer di dalam kelas, penggunaan  perangkat lunak pendidikan untuk mengajarkan kurikulum, dan materi kursus yang dibuat tersedia untuk siswa secara online.

 

Penggunaan Literasi Digital dalam Dunia Kerja

Banyak dari pekerjaan saat ini membutuhkan bukti literasi digital untuk dipekerjakan atau untuk kenaikan jabatan. Kadang-kadang perusahaan akan melakukan tes mandiri untuk karyawan maupun calon karyawan. Perekrutan karyawan juga banyak yang menggunakan situs Web untuk mencari karyawan potensial, sehingga memahami tentang literasi digital penting perannya dalam dunia pekerjaan.

 

Bagaimana Mengenalkan Literasi Digital untuk Anak?

Maraknya media sosial dan video yang diunggah secara daring harus membuat pengguna semakin cerdas dalam memamahami dan mengolah informasi sehingga tidak terjadi penyampaian berita bohong (hoax) kepada penerima informasi. Bahkan pada anak-anak tingkat sekolah dasar -pun, perlu memahami tentang pentingnya literasi digital dalam kehidupan sehari-hari agar mereka dapat menyerap informasi dengan lebih cerdas.

Maraknya penggunaan media sosial juga harus diiriingi dengan kemampuan literasi, penggunaan media sosial seperti Facebook, Instagram dan Youtube masuk dalam jajaran 3 besar aplikasi yang paling banyak diakses.

Literasi digital khususnya yang hendak diimplementasikan kepada anak-anak, harus mendapatkan pendampingan dari orang tua. Di Youtube, anak-anak dapat mengakses informasi apa saja di dunia, mulai dari konten anak-anak bahkan dewasa. Sehingga media sosial mempunyai dampak positif dan negatif.

Dampak poisitfnya yaitu mampu menambah wawasan, pengetahuan dan membuat anak berfikir kreatif. Namun disamping itu, media sosial juga memiliki dampak negatif antara lain banyak tayangan tidak sesuai usia anak, dan anak akan lebih banyak menghabiskan waktu online dari pada belajar dan mengerjakan tugas sekolah.

Keluarga merupakan benteng pertama dalam literasi digital untuk anak Anda, karena mereka memerlukan pendampingan orang tua dalam mengolah dan menyampaikan informasi. Sehingga mereka tidak salah dalam menerima dan menyampaikan informasi yang diterima lewat media sosial.

 

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mendapatkan pendampingan oleh seorang coach.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp