08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Apakah Anda sering mengalami bergelimang uang di awal bulan dan kehabisan uang di akhir bulan? Terkadang hal tersbut terjadi akibat dari gaya hidup Anda. Terkadang kita membelanjakan uang untuk barang-barang yang tidak penting dan enghabiskannya untuk memenuhi keinginan, bukan kebutuhan. Dengan gaya hidup seperti itu, Anda tidak akan memiliki persiapan pada saat darurat. Mengelola keuangan bukan hal mudah dan tiap orang memiliki cara masing-masing. Jika Anda ingin keuangan aman di masa, begini cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros:

 

1. Sisihkan untuk Menabung

Cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros adalah dengan langsung menyisihkan gaji untuk ditabung. Tujuannya agar Anda memiliki cukup tabungan di masa depan. Anda dapat menetapkan tujuan agar memiliki semangat dan alasan yang kuat untuk menyisihkan gaji setiap bulannya.

 

2. Membuat Anggaran Belanja

Cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros yang kedua adalah membuat anggaran belanja. Catatlah anggaran belanja sebulan ke depan secara rinci tentang apa saja yang harus dibeli. Ketika ada pengeluaran lain yang harus dibayar, maka tulis juga pada daftar anggaran. Anda akan tahu kemana aliran gaji Anda selama sebulan sekaligus mampu mengontrolnya.

 

3. Membuat Bekal

Cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros adalah dengan meminimalisir jajan di luar. Anda dapat membuat bekal untuk dibawa bekerja atau ketika bepergian. Anda dapat membuat bekal nasi dan lauk-pauk yang simple dalam box makanan.

 

4. Selektif dalam Berbelanja

Cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros adalah dengan selektif dalam membeli. Jangan sampai Anda membeli barang karena emosi, tanpa mempertimbangkan mana kebutuhan dan mana keinginan.

 

5. Pertemanan yang Positif

Cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros adalah menjauhkan diri dari rasa gengsi. Pilihlah pertemanan yang memberikan dampak positif, hindari lingkaran pertemanan yang hedonis yang suka berbelanja. Pakailah sesuatu karena memang fungsi dan manfaatnya, bukan karena gengsi harus menggunakan barang mewah.

 

6. Memilah Barang

Cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros bisa dengan menjual barang lama sebelum membeli barang baru. Mungkin Anda merasa rumah sudah terlalu penuh, sehingga tidak ada salahnya untuk memilah barang-barang lama yang masih layak untuk dijual. Hasil penjualan tersebut nantinya dapat Anda gunakan untuk membeli barang baru. Contohnya, Anda ingin membeli mesin cuci baru dengan kapasitas lebih besar, Anda bisa menggunakan tambahan dari hasil penjualan mesin cuci lama.

 

7. Memilih Gaya Hidup yang Tepat

Cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros dapat Anda lakukan dengan memilih gaya hidup yang tepat. Jika Anda masih sering kehabisan anggaran diakhir bulan, maka tidak perlu sering-sering berlama-lama nongkrong di café. Sesekali boleh pergi ke café, namun jangan sampai itu menjadi kebiasaan dan menghabiskan tabungan. Anda juga dapat mengurangi kebiasaan membeli makanan atau barang-barang via online, agar budget tidak semakin membengkak.

Bagi Anda yang merokok, mungkin saatnya memilih gaya hidup sehat tanpa rokok. Sebab, seperti yang Anda tahu, harga rokok cukup mahal. Ketika Anda bisa berhenti merokok atau mengurangi frekuensi merokok, maka Anda dapat menghemat pengeluaran.

 

8. Menyisihkan untuk Dana Darurat

Anda perlu menyisihkan sebagian uang untuk dana darurat. Dalam hidup ini, terkadang banyak hal terjadi di luar rencana Anda dan tidak mudah untuk diprediksi. Hal ini termasuk juga terkait keuangan. Untuk itu jangan lupa untuk mengalokasikan dana darurat, alokasi dana darurat dapat ditingkatkan setiap bulannya.

 

9. Rancang Daftar Prioritas

Cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros dapat Anda lakukan dengan membuat daftar prioritas. Prioritas tersebut tentu saja terkait mana kebutuhan yang dapat ditunda dan mana yang memang harus dikeluarkan saat itu juga.

Jika Anda sudah terlanjur tidak memiliki tabungan, maka sekarang saatnya harus meyakinkan diri untuk disiplin. Pengelolaan keuangan dikatakan sehat ketika pengeluaran Anda tidak melebihi pendapatan. Ketika Anda mendapatkan penghasilan setiap bulan, maka jangan lupa untuk menyisihkan keuangan Anda untuk menabung, dana darurat, investasi, dan berbagi/bersedekah.

Tim Akeyodia di nomor 08112652244 atau 08112652210 siap berdiskusi dengan Anda jika menghendaki pelatihan untuk tim Anda.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis