08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Budaya kerja adalah suatu konsep yang didasarkan perilaku umum setiap individu atau kelompok yang berkembang dalam suatu organisasi atau perusahaan. Dalam hal ini budaya kerja diciptakan dengan tujuan meningkatkan produktivitas karyawan, mewujudkan visi dan misi perusahaan, serta menjawab tantangan masa depan. Sebenarnya ada empat jenis budaya kerja di perusahaan.

 

#1. Keluarga Besar

Dalam keadaan ini, semua karyawan dianggap sebagai satu keluarga besar, yang bekerja sama dan berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan. Di sini lingkungan kerja akan diciptakan ramah dan bersahabat, serta menekankan pada pembentukan kerjasama tim yang erat dan komunikasi yang baik. Budaya kerja dengan menganggap semua tim di perusahaan merupakan keluarga dapat meningkatkan kualitas melalui pemberdayaan, pembangunan tim, produktivitas karyawan, dan komunikasi terbuka.

 

#2. Kompetitif

Dalam keadaan ini, lingkungan perusahaan dibuat kompetitif, agar karyawan termotivasi untuk bersaing dan fokus pada pencapaian tingkat kinerja tertentu. Pemimpin harus mampu menumbuhkan lingkungan persaingan yang sehat dan menguntungkan semua devisi. Anda dapat menggunakan strategi meningkatkan kualitas perusahaan dengan mempertimbangkan preferensi pelanggan, mempromosikan kolaborasi dengan pihak luar, dan mendorong kompetisi.

 

#3. Formal dan Terstruktur

Dalam keadaan ini, lingkungan kerja perusahaan dibuat formal dan terstruktur. Eksekutif senior perusahaan dianggap memiliki pengalaman yang patut dicontoh dan dianggap memiliki kendali penuh atas perusahaan. Perusahaan akan memiliki kinerja baik jika semua mengikuti aturan yang tegas. Strategi perusahaan untuk meningkatkan kualitas adalah dengan mendeteksi kesalahan, mengukur kesalahan, mengontrol proses, dan memecahkan masalah secara sistematis.

 

#4. Dinamis dan Kreatif

Dalam keadaan ini, lingkungan kerja perusahaan dibuat dinamis dan kreatif. Manajemen dipandang sebagai inovator yang berani dalam mengambil risiko serta mampu memotivasi karyawan. Budaya kerja ini menekankan konsep kebebasan bagi karyawan untuk berinovasi, guna membantu perusahaan bertahan di lingkungan yang kompetitif. Dalam budaya ini, peningkatan kualitas bisnis memerlukan penciptaan kejutan dan standar baru, mengantisipasi kebutuhan dan mengembangkan pembangunan berkelanjutan.

Keempat jenis budaya kerja tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi Anda dapat menerapkannya sesuai kondisi perusahaan. Anda perlu menemukan budaya kerja yang sesuai, agar perusahaan dapat berjalan dengan lancar. Lalu apa manfaat memperkenalkan budaya kerja positif di perusahaan?

 

Tampilkan Suasana Ceria

Lingkungan kerja membutuhkan suasana yang ceria dan menyenangkan. Suasana tersebut cenderung membangkitkan kreativitas dan semangat. Penataan ruang dapat menggunakan konsep terbuka untuk memfasilitasi komunikasi dan menghindari konflik. Budaya perusahaan yang positif dapat menumbuhkan komunikasi yang terbuka dan transparan. Semakin banyak Anda berkomunikasi, semakin besar empati Anda terhadap karyawan lain dan perusahaan.

 

Membangun Tim yang Kompak

Penerapan budaya kerja positif dapat membangun tim yang kompak. Tim adalah kombinasi dari beragam orang yang bersatu untuk mencapai visi dan misi yang sama. Untuk mencapai tujuan tersebut membutuhkan rasa saling percaya, pengertian, dan dukungan timbal balik.

 

Saling Menghargai Kinerja Tim

Untuk meningkatkan produktivitas perusahaan, Anda dapat menumbuhkan rasa saling menghargai dan memberi pujian. Bentuk pujian, “Semangat ya, Anda telah bekerja dengan baik hari ini” terdengar sepele, tetapi dapat motivator karyawan Anda. Seorang atasan yang baik tidak hanya menegur, tetapi mau memuji ketika timnya melakukan hal positif dan menguntungkan perusahaan. Hal ini membuat karyawan merasa dihargai, dan mempererat hubungan antara manajemen sampai staff.

Budaya kerja menjadi suatu hal yang harus diperjuangkan dan dibentuk dengan baik. Tujuannya agar mampu memberikan kontribusi positif terhadap kinerja karyawan di perusahaan.

 

Dokumentasi CVA PT. Nutricel Pacific

Terimakasih kepada @nutricellid yang sudah mempercayakan Coach Edwin Indarto dan Tim Akeyodia untuk mengisi Program Corporate Value Alignment dengan tema Better Leader for Better Future. Program Corporate Value Alignment tersebut dilaksanakan pada Senin-Selasa, 6-7 Desember 2021 di The Botanica Sanctuary, Bogor. Semoga ilmu yang disampaikan selama program berlangsung bermanfaat dan dapat langsung diaplikasikan.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis