08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Anda pernah ditunjuk sebagai pemimpin? Atau apakah saat ini Anda baru saja memiliki pemimpin baru? Ternyata dalam memimpin, seseorang mengalami beberapa level yang perlu dilewati. Namun sebelum melewati level tersebut tentu ada beberapa hal yang perlu dimiliki dalam dirinya.

 

Pemimpin Ideal Harus Bagaimana?

Berikut adalah hal-hal yang perlu dimiliki oleh sosok pemimpin yang ideal:

-. Inspirative atau memberikan inspirasi. Artinya seorang pemimpin harus memiliki kemampuan menginspirasi sehingga mampu menggerakkan aksi atau perilaku orang lain.

-. Visionary atau memiliki pandangan kedepan. Artinya seorang pemimpin harus memiliki kemampuan membangun visi dan melihat jauh kedepan terkait organisasi atau perusahaan yang dipimpinnya.

-. Strategic Leader atau pemimpin yang strategis. Artinya seorang pemimpin harus paham bahwa pemecahan masalah dan pengambilan keputusan membutuhkan pengamatan terhadap situasi dan kondisi.

-. Charismatic Leader atau pemimpin yang karismatik. Artinya seorang pemimpin harus mampu berbicara karismatik dalam membangun koneksi erat dengan orang lain.

-. Social Skills atau keterampilan sosial. Artinya seorang pemimpin harus peka terhadap situasi sosial. Bukan berhenti sampai peka saja, namun pemimpin harus mampu bertindak dengan benar dan tepat.

-. Wisdom atau kebijaksanaan. Artinya seorang pemimpin harus memiliki kemampuan berpikir dan bertindak dengan memanfaatkan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan yang dimilikinya.

 

Level Pemimpin Organisasi Menurut John C. Maxwell

John C. Maxwell membagi tahapan kepemimpinan menjadi lima level. Jika Anda menyimak artikel ini sampai selesai, maka Anda akan tahu sampai di level manakah kepemimpinan seseorang saat itu.

 

#1. Position Level

Level posisi adalah level terendah dari seorang pemimpin, artinya dia baru saja memulai kariernya sebagai seorang pemimpin. Karakteristiknya adalah:

-. Orang-orang dalam tim mengikuti atau patuh karena keharusan atau tidak ada pilihan.

-. Pada level ini komitmen dan energi anggota tim masih rendah.

-. Anggota tim akan bekerja hanya sesuai dengan keharusan saja.

Jika berada pada level ini, maka sadarilah bahwa sebagai pemimpin Anda tidak bisa membangun perusahaan atau organisasi dengan motivasi tim yang seadanya seperti itu.

 

#2. Permission Level

Level hubungan ini muncul ketika Anda memiliki hubungan dengan orang-orang yang dipimpin. Karakteristiknya adalah:

-. Anggota tim sudah mulai menerima Anda sebagai pemimpin.

-. Orang-orang mengikuti seorang pemimpin karena mereka menginginkannya atau memberikan izin (permission).

-. Mereka senang bekerja dan motivasi tim meningkat secara signifikan dibandingkan dengan level sebelumnya.

Dari sini kita tahu bahwa motivasi memang sangat berkaitan dengan hubungan baik atau menjalin relasi. Ketika pemimpin dan anggota saling peduli, maka sinergi antara seorang pemimpin dan tim berjalan dengan baik.

 

#3. Production Level

Level Pencapaian ini muncul ketika seorang pemimpin harus memberikan hasil dan mampu memastikan tim memberikan kontribusi yang sesuai dengan tujuan yang ingin diraih. Karakteristiknya adalah:

-. Pemimpin tahu cara memotivasi timnya untuk menyelesaikan pekerjaan atau mencapai target.

-. Inti level ini adalah menyelesaikan pekerjaan atau meraih target.

-. Pemimpin berhasil menunjukkan produktivitas dan keberhasilan sehingga memperkuat pengaruh dan kredibilitasnya dalam tim.

Pemimpin memperoleh pengaruh dan kepercayaan disebabkan karena produktifitas sebagai seorang pemimpin. Pada level ini pemimpin menjadi contoh dan mampu menarik orang terbaik (the law of magnetism).

 

#4. People Development-Reproduction Level

Level ini artinya pemimpin sudah dapat mengembangkan orang-orang yang dipimpinnya menjadi individu yang lebih baik sekaligus mampu menghasilkan pemimpin-pemimpin sukses. Karakteristiknya adalah:

-. Orang-orang mengikuti pemimpin karena suatu hal yang telah dilakukan untuk mereka.

-. Pemimpin mampu mengembangkan tim dan membuat mereka menjadi lebih baik dan lebih sukses.

-. Pemimpin memiliki kemampuan untuk memberdayakan pegawai mereka

-. Pemimpin mampu menciptakan pemimpin-pemimpin baru

 

#5. Pinnacle-Respect Level

Level kelima ini adalah level tertinggi dan paling menantang. Seorang pemimpin yang sudah mencapai level ini mampu menginvestasikan hidupnya untuk orang-orang lain. Karakteristiknya adalah pemimpin sudah memiliki pengikut yang menghormati pencapaiannya sebagai seorang individu dan sebagai pemimpin.

Namun perlu diingat di sini bahwa setiap individu dalam tim tentu memiliki perspektif yang berbeda tentang level kepemimpinan Anda. Contohnya ketika Anda memimpin beberapa orang, mungkin ada sebagian yang memandang Anda pada level 1, dan sebagian lagi memandang Anda pada level 3. Kuncinya adalah ajak mereka bicara dan mengembangkan hubungan yang baik untuk membangun diri Anda menuju level berikutnya.

Meskipun banyak hal yang harus dilakukan untuk menjadi pemimpin yang baik. Tapi tetap saja hal-hal sederhana dan kompleks dalam diripun harus diasah dengan terus meningkatkan kompetensi pribadi yang Anda miliki. Lakukan semua secara konsisten dan ikhlas hingga orang lain pantas menyebut Anda berada pada level 5.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Laptop Gaming Terbaik - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis