08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Di artikel Akeyodia yang terdahulu sudah banyak sekali dibahas tentang target pasar. Target pasar merupakan sekelompok orang yang menjadi target penjualan produk Anda. Dengan kata lain, target‌ ‌pasar‌ ‌adalah‌ ‌calon‌ ‌pembeli‌ ‌potensial‌‌ ‌yang‌ ‌sebaiknya ‌mendapatkan‌ ‌informasi‌ ‌dan‌‌ promosi‌‌ ‌terkait‌ ‌produk‌ ‌Anda.‌ ‌Artinya,‌ ‌Anda‌ ‌perlu‌ ‌mengupayakan‌ ‌langkah‌ ‌yang‌ ‌tepat‌ ‌untuk‌ ‌menjangkau‌ ‌konsumen‌ ‌dengan‌ ‌baik.‌ ‌Tujuan‌ ‌akhirnya, tentu saja ‌membuat‌ ‌konsumen‌ ‌membeli‌ ‌produk‌ ‌Anda.‌

Mengapa Perlu Menentukan Target Pasar?

Secara umum, target pasar bertujuan untuk memastikan bahwa pemasaran Anda tepat sasaran. Hal ini penting untuk meningkatkan penjualan sekaligus mengukur tingkat keberhasilannya. Beberapa manfaat mengetahui target pasar dengan baik adalah untuk:

 

#1. Untuk Meningkatkan Penjualan

Fokus pada target pasar memungkinkan Anda untuk  membuat produk lebih cepat dan memasarkannya lebih dahulu dari kompetitor Anda. Sehingga penjualan produk Anda akan meningkat

 

#2. Mengetahui Budget yang Dibutuhkan

Kegiatan pemasaran tentu membutuhkan biaya. Jika Anda tidak menetapkan strategi target pasar terlebih dahulu, Anda akan menyasar semua orang. Artinya, anggaran yang Anda butuhkan akan sangat besar. Disinilah target pasar perlu diterapkan untuk menekan anggaran pemasaran yang dibutuhkan. Dari sini pula Anda akan dipermudah untuk menyiapkan konten promosi yang digunakan karena sesuai dengan target pasar.

 

#3. Mengantisipasi Persaingan

Apabila bisnis Anda memiliki kompetitor, jangan terlalu khawatir. Kemampuan Anda dalam mengantisipasi persaingan akan memberikan Anda keuntungan. Kuncinya, mengetahui target pasar Anda dan melihat apa yang kompetitor tawarkan di pasar tersebut. Lalu, ciptakan keunggulan produk Anda yang belum mampu ditawarkan oleh kompetitor.

 

#4. Membangun Komunikasi dengan Pelanggan

Karena sudah mengetahui target pasar, Anda tahu siapa saja yang layak Anda libatkan dalam kegiatan tersebut. Informasi yang diperoleh pun akan sangat presisi. Hal ini penting untuk menentukan produk baru yang akan Anda ciptakan.

Bagaimana Cara Menentukannya?

Menentukan target pasar memang bukan hal mudah dalam membangun bisnis. Berikut adalah langkah penting dalam menentukan target pasar :

 

#1. Memilih Lokasi yang Menjadi Target Pasar Anda

Yang perlu dilakukan pertama adalah tentang memperhatikan faktor geografis. Artinya Anda perlu tentukan lokasi mana saja yang mungkin dijangkau oleh bisnis Anda. Jangan mendefinisikan target lokasi terlalu umum atau luas. Membuat prioritas lokasi akan memudahkan Anda dalam membuat strategi pemasaran.

 

#2. Menentukan Karakteristik Demografi Pelanggan

Buat kelompok pelanggan potensial Anda, misalnya berdasarkan jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan, penghasilan, atau faktor demografi lainnya. Yang penting sudah mendefiniskan siapa pelanggan potensial Anda, sebab beda karakter demografi tentu beda cara promosi produknya.

 

#3. Mencari Tahu Bagaimana Psikologis Pelanggan Anda

Segmentasi pasar berdasarkan faktor psikologis ini adalah segmentasi yang paling banyak ragamnya. Yaitu bisa terkait kepribadian, kebiasaan, sikap, dan cara pengambilan keputusan adalah beberapa faktor psikologis yang bisa menjadi segmentasi pasar tersendiri. Bermodalkan pengetahuan yang lebih baik tentang kebutuhan target pasar Anda, tentunya Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik tanpa pemborosan tenaga untuk melakukan strategi yang kurang cocok.

Menentukan target pasar tentunya memiliki manfaat-manfaat untuk bisnis. Manfaat yang jelas bisa dimaksimalkan adalah hasil yang lebih baik dan terukur. Ketika Anda memiliki rencana ke mana produk Anda dipasarkan, Anda tidak perlu menebak-nebak atau membuat planning berdasarkan opini dari banyak orang. Pasalnya, semua informasi yang dibutuhkan sudah ada di depan Anda karena segmentasi pasar Anda telah teratur dengan baik.

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching atau konsultasi pribadi.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp