08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Apakah Anda pernah melihat kasus sebuah restoran yang sangat laris di kota A, tetapi saat buka di kota B tidak laku? Atau outlet minuman kekinian yang buka di lokasi A sangat laris, tetapi di lokasi B pengunjungnya bisa dihitung jari?

Hal tersebut wajar terjadi apalagi jika dalam membuka usaha tidak didahului dengan analisis lokasi dan analisis kebutuhan target pasar. Bisa jadi kota/lokasi A dan B memiliki karakteristik yang berbeda. Apakah Anda pernah mendengar tentang Target Pasar?

Penentuan target pasar pada sebuah usaha penting dilakukan karena perusahaan tidak dapat melayani seluruh konsumen atau pembeli yang ada di pasar. Pembeli yang ada terlalu beragam atau bervariasi, sehingga perusahaan harus mengidentifikasi bagian pasar mana yang akan dilayaninya sebagai target pasar.

Apa itu Target Pasar?

Target Pasar merupakan sebuah kelompok konsumen yang menjadi sasaran pendekatan perusahaan agar mau membeli produk yang dipasarkannya. Singkatnya, target pasar adalah kelompok yang akan dilayani sebagai konsumen, target pasar biasanya mempunyai sifat, rentan umur, dan karakter yang hampir sama. Guna menetapkan target pasar, perusahaan harus melakukan segmentasi pasar, dengan cara mengelompokkan konsumen (pembeli) ke dalam kelompok dengan ciri-ciri (sifat) yang hampir sama.

Anda harus bisa membedakan istilah segmentasi pasar dan target pasar. Sepintas keduanya terlihat sama tetapi perbedaan yang mendasar adalah bahwa segmentasi pasar lebih kepada membagi konsumen yang bermacam-macam (heterogen) ke dalam kelompok-kelompok yang memiliki karakteristik yang sama. Sementara target pasar adalah menentukan kelompok konsumen mana yang akan dilayani.

Manfaat Menentukan Target Pasar

Perusahaan bisa mengembangkan posisi produk dan strategi marketing yang tepat untuk setiap target pasar yang dibidik. Target pasar memiliki banyak manfaat terutama dalam hal-hal berikut :

-. Mengantisipasi adanya persaingan, karena Anda tahu target pasar mana yang potensial dan belum banyak dibidik oleh kompetitor

-. Dapat memanfaatkan sumber daya perusahaan secara efisien dan efektif karena sudah tahu apa yang dibutuhkan pembeli dan marketing apa yang sesuai.

-. Dengan menentukan target pasar yang jelas, Anda berkesempatan untuk membidik peluang pasar yang lebih luas karena Anda memiliki data-data yang dapat menjadi masukan untuk usaha Anda.

Sebagai pengusaha Anda dituntut untuk peka terhadap target pasar mana yang akan dibidik. Pada arikel ini sudah dibahas tentang pengertian target pasar dan manfaat jika sudah mentukan target pasar. Di artikel selanjutnya : “Dengan Target Pasar yang Tepat, Keuntungan akan Berlipat-Lipat (Part 2)”, akan dibahas lebih dalam tentang bagaimana pelaksanaan target pasar dan contoh membuat target pasar yang berguna bagi usaha Anda

Anda dapat mengubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 / 08112652210 untuk mendapatkan informasi tentang In House Training Branding your Market Segmentation atau In House Training Profit Booster. In House Training tersebut akan menambah pengetahuan Anda tentang target pasar dan segmentasi pasar.


Dengan Target Pasar yang Tepat, Keuntungan akan Berlipat-Lipat (Part 2)

 

Pada artikel sebelumnya, “Dengan Target Pasar yang Tepat, Keuntungan akan Berlipat-Lipat (Part 1)”, sudah dijelaskan tentang pengertian target pasar dan manfaat jika sudah mentukan target pasar. Disini akan lebih dalam lagi membahas tentang bagaimana pelaksanaan target pasar dan contoh membuat target pasar yang berguna bagi usaha Anda.


Pelaksanaan Starategi Target Pasar

Perusahaan harus menjalankan strategi yang tepat guna menghindari banyak pesaing dalam menyusun rencana pencapaian target pasar. Ada 3 alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh perusahaan pada pelaksanaan strategi target pasar. Strategi target pasar perusahaan tersebut, antara lain :

#1. Undifferentiated Marketing

Undifferentiated marketing merupakan suatu usaha perusahaan yang dilakukan dengan jalan meninjau pasar secara keseluruhan. Selain meninjau, perusahaan juga memusatkan pada kemasan – kemasan barang dalam rangka memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen. Penggunaan strategi target pasar ini didasarkan pada adanya penghematan ongkos, baik dalam bidang pemasaran maupun ongkos-ongkos perusahaan pada lainnya.

#2. Differentiated Marketing

Differentiated marketing adalah suatu usaha yang dilakukan perusahaan dalam rangka mengidentifikasi kelompok pembeli tertentu, dengan membagi pasar dalam dua kelompok atau lebih. Perusahaan membuat produk yang berbeda – beda untuk masing – masing segmen pasar yang ada. Tujuannya adalah meningkatkan jumlah penjualan barang dan jasa, serta untuk mendapat kedudukan yang kuat di setiap segmen pasarnya.

#3. Concentrated Marketing

Concentrated marketing adalah usaha perusahaan yang dilakukan untuk memusatkan pemasaran produk – produknya pada satu atau beberapa kelompok pembeli yang dianggap potensial saja. Tujuan strategi target pasar ini adalah agar mampu memusatkan pemasaran pada segmen pasar yang dilayaninya saja. Hal ini membuat perusahaan bisa memperoleh penghematan dalam operasi pemasaran, karena adanya spesialisasi dalam hal produk, promosi, harga, dan distribusi.

Contoh Target Pasar itu Seperti Apa?

Misalkan Anda mempunyai bisnis di bidang mainan edukasi untuk anak-anak, maka contoh target pasarnya adalah  sebagai berikut :

Produk yang Dijual : mainan edukasi untuk Anak-anak (dijual secara online)

Target Lokasi : Kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, dan kota lain di pulau jawa yang bisa dijangkau oleh kurir pengiriman barang maksimal dalam 4 hari.

Target Demografi Pelanggan : Perempuan (sudah menikah dan memiliki anak kecil), dengan usia antara 25 – 35 Tahun, Memiliki penghasilan keluarga di atas 4 Juta per bulan.

Karakteristik Psikologis Pelanggan : Terbiasa menggunakan komputer, internet, dan sosial media. Mengikuti trend dan peduli Pendidikan anak. Hobi membaca majalah kesehatan anak dan psikologi anak.

Dari dua artikel yang sudah Akeyodia jabarkan, kini Anda memahami tentang pengertian target pasar, manfaat jika sudah mentukan target pasar, pelaksanaan target pasar dan contoh membuat target pasar yang berguna bagi usaha Anda.

Jika Anda masih kesulitan memahami dan menentukan target pasar, Anda bisa mengundang kami untuk mengadakan In House Training Branding your Market Segmentation atau In House Training Profit Booster.

 

Anda dapat mengubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 / 08112652210.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp