08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Industri Kecil dan Menengah di Era Revolusi Industri 4.0

Dalam menghadapi era revolusi industri 4.0, muncul gagasan tentang platform e-commerce bertajuk e-Smart IKM. Platform ini diusulkan sebagai salah satu upaya strategis pemerintah guna membangun sistem database industri kecil dan menengah (IKM) yang diintegrasikan melalui beberapa marketplace yang sudah ada di Indonesia.

Pelaku industri kecil dan menengah (IKM) diharapkan mau membuka diri dan berkolaborasi untuk memulai proses transformasi digital dengan bantuan startup sebagai technology provider atau problem solver. Transformasi digital menjadi sorotan utama karena jumlah industri kecil dan menengah (IKM) di Indonesia berjumlah lebih dari 4,4 juta unit usaha berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS). Jumlah tersebut setara dengan 99% dari seluruh unit usaha industri di Indonesia.

 

Mewujudkan Cita-Cita Negara Maju

Tahukah Anda bahwa syarat untuk menjadi negara maju adalah jumlah entrepreneur harus lebih dari 14% dari rasio penduduknya. Sementara di Indonesia untuk saat ini pelaku entrepreneur baru 3,1%  dari jumlah penduduknya, sehingga perlu diadakan percepatan dan kemudahan agar pelaku ekonomi Indonesia bisa meningkat jauh. Meskipun rasio entrepreneur di Indonesia sudah melampaui standar internasional, yakni sebesar 2%, tetapi Indonesia perlu untuk mengejar capaian negara tetangga. Singapura saat ini sudah mencapai angka 7%, sedangkan Malaysia berada di level 5%.

Demi terwujudnya Indonesia menjadi negara maju, pemerintah terus memacu pertumbuhan entrepreneur termasuk industri kecil dan menengah (IKM), sekaligus membantu meningkatkan produktivitas dan daya saingnya di era digital melalui program-program yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah. Program yang diadakan oleh pemerintah biasanya dalam bentuk pelatihan, seminar maupun Boot Camp untuk para pelaku industri kecil dan menengah (IKM).

Usaha Bank Indonesia dalam mendukung Industri Kecil dan Menengah

Bank Indonesia sering mengadakan program tahunan Wirausaha Baru Bank Indonesia (WuBI), yang merupakan salah satu program guna mengembangkan kapasitas wirausaha. Keunggulan dari program ini sendiri terletak pada pendampingan yang diberikan secara berkelanjutan mulai dari kegiatan seminar umum, boothcamp, regularly coaching, monitoring, visit ke lokasi usaha peserta dan  evaluasi masing-masing peserta.

Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan yang diadakan, program Wirausaha Baru Bank Indonesia (WuBI) memberikan dampak positif pada kemampuan peserta dalam mengelola emosi dan potensi diri. Dari sisi perkembangan usaha, peserta juga menunjukkan kemajuan pada aspek manajemen usaha yang lebih tertata, peningkatan profit dari usahanya dan mampu berinovasi dengan perkembangan trend yang berlaku.

Kegiatan boothcamp Wirausaha Baru Bank Indonesia (WuBI) merupakan langkah awal peserta, nantinya mereka diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan yang telah didapatkan dan dapat berbagi ilmu, pengetahuan dan pengalaman kepada wirausaha lainnya disekitar para peserta tinggal.

 

Ingin mengadakan pelatihan untuk Komunitas Industri Kecil dan Menengah Anda? Langsung saja diskusikan dengan kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 / 08112652210

 

Dokumentasi Pembukaan Boot Camp – Wirausaha Baru Indonesia (WuBI) Provinsi Sulawesi Barat. Mamuju : Rabu, 3 Mei 2017 -s.d- Senin, 8 Mei 2017

 

wubi bank indonesia wubi bank indonesia wubi bank indonesia wubi bank indonesia



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp