08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Tidak sedikit yang mencari cara menyusun manajemen keuangan karena merasa kesulitan dalam mengatur keuangan. Dengan Anda mengetahui cara menyusun manajemen keuangan yang baik, Anda dapat memantau arus keuangan. Dalam menyusun manajemen keuangan, dibutuhkan kemampuan agar laporannya dapat tersusun dengan rapi.

Ketika Anda adalah pemilik usaha, bukan hal murah jika harus selalu menyewa ahli manajemen keuangan. Tidak ada salahnya jika Anda juga belajar dan menyusunnya sendiri manajemen keuangan. Terdapat beberapa aturan yang harus diketahui dalam menyusun manajemen keuangan, jadi Anda tidak bisa sembarangan menyusunnya. Beberapa panduan cara menyusun manajemen keuangan yang dapat Anda ikuti antara lain:

 

#1. Budgeting

Cara menyusun manajemen keuangan yang baik adalah Anda melakukan budgeting atau penganggaran dengan tepat. Susunlah penganggaran agar pengeluaran sesuai dengan kebutuhan usaha Anda. Dalam usaha, Anda akan membutuhkan rencana keuangan dalam bentuk penganggaran untuk satu periode. Anda yang menentukan sendiri, satu periode tersebut satu tahun, per-enam bulan, per-tiga bulan, atau justru perbulan.

 

#2. Manajemen Pengembangan Usaha

Cara menyusun manajemen keuangan yang baik adalah Anda tahu dana apa yang digunakan untuk pengembangan usaha. Ketika Anda mendapatkan imbalan hasil penjualan, Anda dapat memanfaatkannya untuk pengembangan usaha. Sebagian imbalan hasil penjualan dapat digunakan untuk memperluas jangkauan promosi, inovasi produk, atau hal lain yang dapat meningkatkan pemasukan usaha.

 

#3. Pisahkan Modal Usaha dan Uang Pribadi

Tidak mencampurkan uang modal usaha dengan uang pribadi juga menjadi salah satu cara menyusun manajemen keuangan yang dapat Anda lakukan. Pisahkan berdasarkan fungsinya agar tidak menimbulkan kerancuan dalam mengelolaan keuangan. Anda dapat memisahkan rekening modal usaha dan uang pribadi, dan jangan mengambil uang modal usaha untuk kepentingan pribadi. Begitu juga sebaliknya, jangan sampai Anda menggunakan semua uang pribadi untuk modal usaha.

 

#4. Buku Kas

Cara menyusun manajemen keuangan yang baik dengan memiliki buku kas yang tersusun rapi. Buku kas tersebut dapat memantau arus kas usaha Anda secara rutin. Anda dapat melakukan pencatatan menggunakan aplikasi pencatatan sesuai kebutuhan Anda. Meski buku kas tersebut Anda kerjakan secara online, namun usahakan untuk memiliki cetakannya.

Setelah melakukan pencatatan pada buku kas, lakukan selalu pengawasan terkait pengeluaran. Pastikan bahwa pengeluaran Anda tidak melebihi anggaran yang ditetapkan. Ketika harus melakukan pengeluaran tambahan, pastikan hal tersebut termasuk kebutuhan mendesak.

 

#5. Tentukan Besarnya Profit

Cara menyusun manajemen keuangan yang baik akan berimbang jika ada besaran profit yang ditentukan. Anda perlu menentukan besar target keuntungan yang ingin dicapai agar tidak mengalami kerugian karena selalu mencapai defisit. Maka pastikan besarnya keuntungan yang diharapkan. Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat rencana bertahap dari satu periode ke periode berikutnya. Anda dapat melakukan evaluasi dari setiap periode apakah sudah tercapai atau belum, terutama terkait target profit yang direncanakan.

 

#6. Mengawasi Harta yang Dimiliki

Cara menyusun manajemen keuangan yang baik adalah dengan mengetahui aset, harta, dan kredit yang Anda miliki. Cek secara berkala persediaan dan kondisi barang yang dimiliki di gudang, periksa piutang pembeli, periksa tagihan dari para supplier maupun vendor, dan lainnya. Jangan menganggap remeh hal-hal tersebut agar tidak ada tagihan macet yang menghambat perputaran dana usaha.

Cara menyusun manajemen keuangan yang baik tentu dengan menentukan target dan menyusunnya secara rinci. Usaha Anda tentu akan melibatkan banyak biaya pengeluaran, jadi selalu buat rencana matang mulai dari penambahan modal, pemasan, dan lain sebagainya. Rencana anggaran yang dibuat secara detail dan matang dapat meminimalisir risiko pengeluaran yang berlebihan. Selalulah selektif dalam melakukan perencanaan, sehingga Anda tahu mana yang menjadi cost dan mana yang memberikan benefit.

 

Dokumentasi Webinar Bersama Komunitas

Berikut adalah dokumentasi webinar bersama RB Pertamina yang terdiri dari RB Aceh Tamiang, RB Aceh Timur, RB Dumai, RB Dompu, RB Sumbawa Barat, dan RB Kep Meranti. Tema webinar yang diangkat adalah “Improve your Money Mindset: Yuk Mengubah Pola Pikir untuk Mencapai Financial Freedom!”. Webinar kolaborasi bersama RB Pertamina ini diselenggarakan pada Senin, 8 November 2021 pukul 09.00 WIB sampai selesai. Anda juga bisa menghubungi 08112652244 atau 08112652210, untuk berkolaborasi dengan kami dalam penyelenggaraan webinar selanjutnya.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis