08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Sebagai pemula dalam berbisnis, tentu Anda disibukkan dengan memahami cara belajar manajemen bisnis. Tujuannya agar nantinya bisnis yang Anda lakukan dapat berjalan lancar sesuai dengan perencanaan yang disusun. Memulai sebuah bisnis memang diperlukan pemahaman manajemen bisnis dan perencanaan matang, lalu apa yang dapat dilakukan sebagai pemula?

 

#1. Analisis SWOT Bisnis Anda

Cara belajar manajemen bisnis tidak terlepas dari bagaimana cara Anda dalam mengambil keputusan sebelum menjalankan bisnis. Tentu Anda sudah sering mendengar analisis SWOT, namun apakah Anda sudah menerapkannya? Ternyata analisis SWOT perlu Anda lakukan untuk analisis kekuatan, kelebihan, kelemahan dan kekurangan bisnis yang akan Anda jalankan. Analisis SWOT atau singkatan dari Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (kesempatan), dan Threat (ancaman). Pelajarilah dan temukanlah point-point penting dalam bisnis Anda. Sehingga Anda tahu strategi yang tepat untuk bisnis Anda baik dalam pemasaran, pengembangan produk, atau hal lainnya.

 

#2. Palajari Kebutuhan Masyarakat

Cara belajar manajemen bisnis juga berkaitan dengan bagaimana Anda memiliki sikap empati dalam memahami kebutuhan masyarakat. Carilah bisnis yang menjawab kebutuhan dan sesuai apa yang dibutuhkan masyarakat saat ini. Ketika Anda memutuskan berbisnis makanan atau minuman sehat, maka pastikan Anda berangkat dari masalah umum tentang penyakit yang menyerang tanpa mengenal usia. Anda mempelajari bahwa masyarakat ternyata membutuhkan makanan atau minuman sehat yang dapat digunakan untuk mencegah potensi penyakit di masa yang akan datang.

 

#3. Rancangan Bisnis

Cara belajar manajemen bisnis juga dapat dimulai dengan analisis bisnis mulai dari berapa investasi yang dibutuhkan, berapa harga yang ditetapkan, apasaja perkiraan pengeluaran rutin, berapa pemasukan yang diperoleh, dan lain sebagainya. Artinya Anda juga harus sudah menganalisis dan merancang keuntungan akhir yang didapatkan.

 

#4. Pengelolaan Manajemen Keuangan

Cara belajar manajemen bisnis tentu juga membutuhkan pemahaman tentang pengelolaan manajemen keuangan. Anda perlu hati-hati dalam melakukan manajemen keuangan, jangan sampai keuangan bisnis dan keuangan pribadi Anda campuradukkan.

 

#5. Mencari Coach

Cara belajar manajemen bisnis juga dapat Anda lakukan dengan belajar pada coach dibidang bisnis. Anda perlu Setiap orang lain yang men-support dari belakang, bisa orang tua, relasi, teman dekat, atau coach yang dapat menjadi teman curhat, mendampingi, dan mengarahkan. Carilah coach yang memiliki pengalaman agar Anda dapat belajar banyak darinya..

 

#6. Belajar Bisnis Sendiri

Cara belajar manajemen bisnis juga dapat Anda lakukan sendiri, misalnya dengan mengikuti pelatihan, webinar, training, workshop, sharing dengan relasi, atau membaca buku mengenai dunia bisnis. Anda dapat belajar mulai dari dasar bisnis hingga cara menjalankan bisnis dengan benar.

Carilah juga kesempatan bertemu para pebisnis yang ada di kota Anda. Pelajari berbagai pengalaman mereka dan jalin relasi dengan mereka. Sehingga Anda suatu ketika dapat meminta tips dari mereka, dan bahkan bisa bekerjasama.

Semua hal tentu ada ilmunya, demikian juga dengan dunia usaha dan bisnis. Pelajarilah ilmu dasar dalam berbisnis, mulai dari manajemen SDM, manajemen operasional, manajemen keuangan, hingga manajemen pemasaran yang bagus.

Sebab ketika Anda benar-benar terjun dalam dunia bisnis, Anda bukan berada pada posisi yang aman. Anda perlu terus belajar serta menambah ilmu untuk meningkatkan kualitas bisnis. Belajar tidak perlu dibangku pendidikan formal, Anda dapat belajar di mana saja dan kapan saja. Apalagi saat ini media sosial dan informasi dapat diakses dengan mudah dan cepat.

Memiliki impian menjadi pengusaha sukses adalah sebuah hal yang sangat penting. Mengapa demikian? Sebab dengan memiliki impian, sama saja Anda sudah memiliki tujuan dalam hidup. Anda juga dapat mengukur setiap langkah yang diambil, sehingga hidup menjadi lebih pasti dan terarah. Seseorang yang tanpa impian sama saja memilih untuk mengikuti kemana ‘arus’ membawa, mereka akan kehilangan arah. Sedangkan ketika memiliki impian, Anda seperti memiliki ‘dayung’ yang dapat digunakan untuk menentukan kemana arah kapal akan melaju.

 

Dokumentasi Webinar Kolaborasi

Berikut adalah dokumentasi webinar bersama Laboratorium Ilmu Makanan Ternak (Lab IMT). Lab IMT adalah salah satu devisi yang berada dibawah Departemen Nutrisi Makanan Ternak, dan merupakan salah satu bagian di Fakultas Peternakan – Universitas Gadjah Mada. Tema webinar yang dibahas adalah “Improve your Money Mindset: Cara mempersiapkan diri untuk Mencapai Financial Freedom!”. Kegiatan webinar Improve your Money Mindset diselenggarakan pada hari Senin, 1 November 2021 dan dimulai pukul 09.00 WIB.

Hubungi 08112652244 atau 08112652210 jika Anda tertarik mengikuti webinar rutin kami atau berkenan berkolaborasi dalam penyelenggaraan webinar selanjutnya.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis