08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Virus corona saat ini sedang mewabah di berbagai negara berimbas pada sektor perekonomian. Sampai saat ini, mulai dari bisnis Food and Beverage (F&B), Ritel, dan Servis, yang paling terkena imbasnya adalah bisnis F&B. Apalagi, sejak ada himbauan dari Presiden Joko Widodo untuk tetap berada di rumah guna memutus rantai virus corona. Hhal ini menjadi tantangan bagi para pemilik bisnis agar tetap bisa berjalan dengan baik di tengah krisis.

 

Bertahan dan Berjuang

Penyebaran covid-19 yang cepat memang merubah interaksi antara bisnis dan pelanggan. Para pebisnis mulai mengalami penurunan penjualan yang drastis dan bahkan ada yang tidak memiliki pelanggan karena pelanggan mereka mulai beraktivitas di rumah masing-masing. Namun, keberlanjutan bisnis harus tetap dilakukan agar bisnis dapat dipertahankan. Mempertahankan bisnis berarti memperjuangkan penjualan selama pandemi memang bukan perkara mudah. Banyak yang berfikir bagaimana bisnis dapat menjual produk di waktu mendatang?

Bisnis Di Tengah Krisis

#1. Fokus pada Online Marketing, Food Delivery dan Memanfaatkan e-Commerce untuk Menjual Produk

Seperti yang diketahui, himbauan untuk tidak keluar rumah adalah sesuatu yang harus diperhatikan, sebab hal ini terbukti ampuh untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona.

Bagi para bisnis F&B yang memiliki outlet offline, akan sangat mungkin outlet Anda sepi karena memang pelanggan lebih memilih di rumah saja. Agar bisnis tetap bertahan, Anda bisa fokus pada online marketing dan food delivery guna memudahkan pelanggan untuk tetap bisa menikmati produk Anda. Anda juga bisa mendaftarkan restoran atau kedai Anda di GoFood dan GrabFood. Dengan begitu Anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, memberi diskon khusus, hingga memudahkan pelanggan untuk menikmati produk Anda tanpa harus keluar rumah.

#2. Tawarkan Kemudahan Lainnya

Agar bisnis tetap bertahan saat krisis, Anda perlu memikirkan startegi komunikasi yang tepat ketika berhadapan dengan pelanggan. Ada sebagian perusahaan yang mengubah jadwal Customer Service mereka, dengan mengurangi jam operasi. Bila ada perubahan jadwal, infokan dengan detail kepada pelanggan, melalui media sosial atau komunikasi jarak jauh lainnya. Hal ini memberikan kemudahan pada pelanggan Anda.

Selanjutnya Anda bisa memberikan gratis ongkir untuk pembelian selanjutnya, atau menawarkan bantuan atau insentif atas pembatalan atau pengiriman yang terlambat. Contoh yang bisa Anda terapkan adalah menyertakan compliment voucher berupa potongan diskon produk tertentu, dll.

#3. Tetap tenang dan Teruslah Menjual

Sebagai contoh, misalnya Anda berencana untuk membuka resto halal untuk buka dan sahur saat Ramadan. Akan tetapi, virus corona membuat bisnis agak terkendala, sehingga Anda merasa harus menunda membuka resto. Meski launching resto ditunda, Anda sebenarnya bisa tetap memperkenalkan produk tersebut kepada para pelanggan secara online, melalui website atau media sosial bisnis Anda.

Tawarkan pengalaman berbeda kepada pelanggan, misalnya siap antar dan juga tersedia di aplikasi ojek online, berikan promosi bahwa ada varian menu yang berbeda setiap hari, ada bonus takjil, diskon khusus untuk 25 pelanggan pertama, dsb.

Hindari kepanikan atas pandemi Virus Corona ini, tetap tenang dan berhentilah berasumsi bahwa bisnis Anda akan bangkrut karena adanya penurunan penjualan. Kehidupan mungkin saja belum bisa sepenuhnya normal kembali. Jadi, cari cara agar Anda dapat beradaptasi dan tetap berbisnis. Setelah Anda mengetahui strategi penjualan yang efektif selama masa pandemi Virus Corona. Anda juga perlu memperhatikan pembukuan bisnis dan harus terus melihat bagaimana kondisi keuangan bisnis Anda.

Apa yang Dapat Akeyodia Lakukan?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika perusahaan Anda tertarik mengadakan Program In House Training atau Pendampingan Bisnis.

Berikut adalah salah satu dokumentasi Seminar Series : Evaluation and Success Plan For Next – Tahun 2019! Target 2019! Tumbuh atau Stagnan?  yang diselenggarakan Rabu, 27 Desember 2018 di Novotel Hotel Solo. Saat itu Akeyodia masih bernama i.BIZCOACH.

 

bertahan bisnis masa krisis bertahan bisnis masa krisis bertahan bisnis masa krisis bertahan bisnis masa krisis bertahan bisnis masa krisis bertahan bisnis masa krisis bertahan bisnis masa krisis bertahan bisnis masa krisis



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp