08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Dalam sebuah perusahaan, kerja sama tim sangat diperlukan. Dalam bidang pekerjaan apapun, Anda akan mengalami kendala jika bekerja sendiri. Ketika Anda seorang bisnis owner, Anda akan memerlukan berbagai cara untuk membangun kerja sama tim yang efektif. Dengan harapan tujuan tim berhasil dan perusahaan mampu mencapai kesuksesan. Anda mungkin dapat memulainya dengan mengamati setiap divisi secara mendalam.

Pengamatan itu bertujuan untuk mengangkat masalah yang menyebabkan kegagalan Anda dalam membangun team yang solid. Ternyata tidak sedikit akar masalah yang perlu diatasi agar Anda dapat membangun team yang solid. Lalu bagaimana caranya seorang bisnis owner dapat membangun team yang solid? Tentunya dengan mengenali setiap hal yang menyebabkan tim menjadi tidak kompak. Hal-hal tersebut antara lain:

 

#1. Sifat Keras Kepala

Cara membangun team yang solid tentu dengan mencabut akar masalah terkait sifat keras kepala yang tinggi. Memang setiap kita memiliki ego masing-masing, namun apa jadinya jika di sebuah perusahaan justru timnya egois dan mementingkan diri sendiri?

Dalam sebuah tim ada baiknya jika sebuah keputusan harus menjadi prioritas bersama dan bukan ditentukan oleh satu orang saja. Sebagai bisnis owner atau ketua divisi, Anda harus mampu menjadi penengah sehingga keputusan dapat mewakili aspirasi setiap anggota.

Baik Anda sebagai bisnis owner, ketua divisi, ataupun staf, jika ingin membangun team yang solid tentu perlu memiliki sifat yang bijak dan mampu berpikir dewasa.

 

#2. Sifat Tidak Adil

Ketika Anda ingin tahu cara membangun team yang solid, Anda tentu tahu bahwa memperlakukan orang lain secara adil menjadi salah satu kuncinya. Ketika Anda menanggapi satu orang namun tidak menghiraukan yang lain, maka akan timbul ketidakadilan antar tim dan dapat menghambat kinerja tim.

 

#3. Persaingan yang Tidak Sehat

Cara membangun team yang solid tentu dapat dilakukan dengan memberi reward untuk tim yang mampu mencapai target dan memberikan Punishment untuk tim yang tidak mencapai target. Hal tersebut tentu akan menimbulkan sebuah persaingan antar individu maupun antar tim. Persaingan yang sehat akan meningkatkan pendapatan perusahaan. Namun terkadang muncul juga persaingan yang tidak sehat untuk mencapai prestasi. Dengan adanya persaingan yang tidak sehat, sudah pasti tim Anda tidak dapat mencapai setiap tujuan sesuai harapan perusahaan.

 

#4. Adu Domba

Cara membangun team yang solid adalah dengan membangun rasa saling memiliki dan bertanggungjawab. Siapapun pasti pernah berbuat salah, tim yang solid memiliki ciri mampu mengakui kesalahan anggota menjadi kesalahan tim. Namun sebaliknya jika tim malah saling menyalahkan, tentu saja akan timbul keretakan dalam tim. Tidak ada orang yang suka disalah-salahkan, apalagi jika kesalahan tersebut bukan murni kesalahannya.

 

#5. Saling Curiga

Rasa percaya menjadi salah satu cara membangun team yang solid. Akan tidak mudah untuk menjadi tim yang solid ketika antar anggota saling curiga. Tim yang didasari rasa saling curiga akan rentan akan konflik dan pencapaian kinerjanya rendah.

Rasa saling percaya, harus dipupuk dan dipelihara. Hal tersebut akan membuat setiap orang dalam tim Anda dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan tanpa membebankan anggota tim lainnya.

Dengan adanya beragam karakter, sebagai owner atau ketua devisi sikap saling menghormati dan menghargai perbedaan disetiap anggota tim perlu ditanamkan. Dengan begitu cita-cita Anda membangun team yang solid dapat terwujud. Bahkan jika Anda ingin merubah cita-cita perusahaan menjadi lebih besar, maka akan lebih mudah membentuk visi dan misi baru.

 

Kerja Sama Adalah Proses

Membangun team yang solid bukan proses yang mudah. Prosesnya cukup kompleks dan panjang. Anda dapat membangun team yang solid dengan minimalisir akar masalah yang mungkin timbul yang membuat kerja sama tim menurun.

Ketika Anda ingin membangun team yang solid bagi perusahaan dan usaha Anda, Anda dapat menghubungi tim Akeyodia di di 08112652244 / 08112652210 dan bertanya tentang leadership training.

 

Dokumentasi Webinar Akeyodia

Berikut adalah dokumentasi webinar Kolaborasi RB Pertamina (RB Aceh Tamiang, RB Aceh Timur, RB DUmai, RB Dompu, RB Sumbawa Barat, RB Kep. Meranti). Tema yang diangkat adalah Improve Your Money Mindset – Yuk Mengubah Pola Pikir Untuk Mencapai Financial Freedom yang dilaksanakan pada Senin, 8 November 2021 pukul 09.00 WIB.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis